Wednesday, November 12, 2008

Timer Angkot


Pernah denger gak istilah timer buat angkutan ?

Itu lho orang yang suka nyatet2 entah apa yang di catat di kertas dia, kertasnya aja gak resmi gitu kadang kertas bekas bungkus pelapis rokok, potongan kardus atau rada serius dikit berupa buku 1/2  potong yang panjang ukuran folio., kemudian orang itu akan dapat uang dari pengemudi angkutan, atau kadang ngasih sesuatu entah itu air mineral, atau lembaran kertas gak resmi ( bukan dari dispenda) yang gak ada artinya ke sopir.


Nah gue itu kalo naik angkot dan ketemu orang-orang model gini suka bingung lho. pertanyaan gue belum terjawab sampai sekarang, padahal beberapa sopir angkot pernah gue tanyain dan gue tidak mendapatkan jawaban yang pasti, malah gue di suruh jangan mikirin timer deh bu.. kurang kerjaan juga ni si ibu. 


Tetep penasaran dan iseng, temen2 ada gak yang bisa bantu jawab ,  ini list pertanyaannya :

- Para timer itu bekerja untuk siapa sih ? membantu sopir angkot atau membantu polisi atau pemda ?

- Apa yang di catat oleh para  timer di kertas/potongan kardus/buku nya dia

- Apa keuntungan dan kerugian yang didapat dari sopir dengan adanya timer ?

- Catetan si timer itu nanti di kemanain ? apakah akan dibuatkan laporan ? jika iya, laporannya akan di berikan ke siapa ?

- Dari penglihatan teman2, kira2 lebih setuju orang bekerja jadi tukang parkir atau timer ?

 

 

 

Note : foto dari sini


58 comments:

  1. ngke antosan tehh...
    mo ngintip dulu yg ditulis si timer... :D

    ReplyDelete
  2. mungkin juga laporan ke yang punya angkot
    dia kan nyatetin rit tuh, bu...
    berapa kali balik, brepa kali bolek
    sambil kadang minta duit setoran...
    mungkin setoran bisa diangsur, jadi gak langsung bayar di hari akhir narik...

    ReplyDelete
  3. bsk ya teh jawabnya ..
    ntar sore mau nyoba nanya ke supir angkot transhalim dulu .. :d

    ReplyDelete
  4. itu preman mba.. tukang palak.
    Kalo supir angkot gak nurut bisa habis dia, gak dikasih penumpang..
    Soalna sering nggrundel tuh kalo sopir habis dipalakin dia..
    Kali lohh hehehe

    ReplyDelete
  5. Hehe terwakilkan.. Mudah2an ada yg jawab, jadi pnasaran juga ma profesi ini.. Logikanya sih paling deket mereka mungkin bkerja atas nama organisasi prkumpulan angkot bu..klo ga salah namanya organda..

    ReplyDelete
  6. jam angkot lewat depan timer & no polisinya ...udah bayar/blm

    Ga da untungnya juga, rugi iyaa dipalakin mulu sama timer

    Lapor ? lapor ama sapah :P

    Mending jadi tukang parkir, pan resmi ad yg ngatur & gaji, tapi...kalo kata timer enakan jadi timer, seenak2nya dia..

    *sok tau yaa gw..serasa pernah jadi sopir angkot ajah :D*

    ReplyDelete
  7. mintain jatah dari supir - hitungannya per penumpang

    ReplyDelete
  8. Hahaha...
    si Teteh ni ada-ada saja...
    Pertanyaannya sulit pula...
    Coba tanya langsung ke timernya...
    Pasti rasa penasarannya (tidak) terpuaskan... hehehe

    ReplyDelete
  9. aku udah gugling juga..
    lom dpt .. sok bantuin guling2 ya

    ReplyDelete
  10. hahahah seno pernah jd timer loh bund...:-)

    ReplyDelete
  11. hehehe// teu sakola.. teu damel.. teu nyalo, sami we nyontek keneh wae

    ReplyDelete
  12. sebagai mantan calo_hati saya terketuk menjawab rintihan,eh...pertanyaan ibu seno.
    1.para timer bekerja unt. jagoan terminal + bekingnya enggak bantu pemda juga enggak bantu fakir miskin . . .malah bantu fakir -fakir kaya
    2.yang dicatet nopol kendaraan yang masuk terminal+terminal bayangan yg udah bayar atau yg belon.
    3.keuntungannya si sopir jadi aman_kerugiannya si sopir jadi ngeluarin duit extra yang berimbas dg kenaikan ongkos tambahan pd penumpang.
    4.catetan si timer setelah itu di buang,terus bikin catetan baru lagi..begitu seterusnya dunia pungli berjalan.
    5.Menurut catatn saya..LEBIH SETUJU ENGGAK ADA PREMAN +BEKINGNYA.

    ReplyDelete
  13. kalau gue naik bis patas arah tangerang, pas mau masuk pintu Tol Kbn Jeruk itu pasti brenti trus ada yg naik, sambil tunjuk2 itung2 gitu plus pake buku kecil, kadang kertas. Kayaknya kalau gue perhatikan kalau supirnya gak mau brenti ya kasih salam tempel.... tapi buat apa coba?? dan org itu siapa ya??? heran juga awal2nya.... meski masih timbul pertanyaan jg.... ternyata di angkot gitu juga ya... Apa sih tujuannya?

    ReplyDelete
  14. Oh gitu ya teh.. bisa jadi ya, ada yg ngangsur bayar setoran.
    btw brp ya setoran angkot sekarang ?

    ReplyDelete
  15. PR ya..
    eh btw naik trans halim ya ? wah.. kangen nih aku naik trnas halim, enaak sejuk kalo naik trans halim..dr pada naik angkot yg lewat asrama haji muaccceett

    ReplyDelete
  16. itu orang lagi nyari dan ngitung temen2nya..ada yang kenal enggak?
    salam tempelnya itu berarti ucapan terima kasih,karena orang itu udah mau capek2 ngitung..dasar kurang kerjaan !!!!
    *larriiiiiiiiii....pasti marah ni orangnya .

    ReplyDelete
  17. Aku berpendapat juga begitu da..
    apa bedanya timer sama tukang palak ?
    cuma koq ya supir angkot lebih lunak sama timer di banding sama preman

    ReplyDelete
  18. Terwakilkan apanya Kar ? aku bukan timer lho hehehe
    Hmm.. kerja sama dengan Organda ya.. bisa jadi sih ya, cuma tujuan organda apa ya menempatkan timer2 itu.
    Kalo misalnya timer bis sprt primajasa yg ngitung jumlah penumpang, nah itu jelas mungkin hub nya dengan setoran..

    ReplyDelete
  19. -kayaknya sih bekerja buat dirinya sendiri deh ceu. membantu supir angkot dengan biaya tinggi hehehe

    -nomor polisi, ngambil barang apa aja, utang berapa, dan udah muter berapa rit biar kalo dia bilang "baru keluar bang" bisa dikontra... hehehe

    -untungnya gak usah tereak sendiri, antrian ngetem ada yg ngatur gak diselak, ruginya biaya tinggi

    -nanti dikewes, buang, ganti lagi sama yang baru, ngapain repot2 bikin laporan hehehe

    -lebih setuju jadi orang yg berguna kekekekekekek

    (lagi iseng super duper dot kom)

    ReplyDelete
  20. Ni diye... pengalaman banget dah keliatannya..
    jajahannya di mana neng hehehe..

    Thanks infonya ya nan

    ReplyDelete
  21. waduh.. hitungan per penumpangnya brp mi ?
    kasian ya kalo ternyata penumpangnya turun jarak deket

    ReplyDelete
  22. iseng krn penasaran juga kang..
    sulit krn kang nur blm pernah jadi timer hehehe
    iya lah kapan2 aku nanya langsung sama timernya deh
    cuma agak sieun aja.. da timer kebanyakan mukanya keliatan garalak

    ReplyDelete
  23. Masa sih Sen ?
    Crita dong... gimana timer itu
    atau jawab tuh pertanyaan ku dengan detail ya

    ReplyDelete
  24. hahaha..enyaan kang mantan calo di mana ah sok api2
    tapi nuhun lah jawabanya sudah cukup menambah informasi saya
    bener aja ternyata timer itu bekerja untuk jago2 juga ya
    dan itu teh susah diberantas.. mungkin juga bekingnya kuat ya kang
    karunya we para sopir yg skrng penumpang angkotnya sdh berkurang krn lebih banyak yg lari ke motor.. eh masih juga kena timer.
    mending satu rit itu ada 1 timer, ini mah kadang lebih dr 1 timer

    ReplyDelete
  25. iya bis arah dari dan ke tangerang sering nih ada yg ngitung2
    itu remis dari perusahaan keliatannya, krn yg ngitungnya kadang pake seragam

    ReplyDelete
  26. ini nih the real answer from mantan calo kp rambutan hahaha..
    coba kalo pas dia lagi ngitung2.. teriak aja.. gw ada.. gw ada..

    ReplyDelete
  27. intinya semua biaya itu masuk ke koperasi angkot yg bersangkutan....(klo di bdg)
    sebenarnya itu mah ga jauh beda ma pungli kok...ada juga jatah buat oknum polisi loh.
    yang dicata mah ...berapa kali lewat tuh angkot dlam sehari....jadi tiap kali lewat hrs ngasi "receh" tp ga PP hanya berangkatnya ajah
    misal trayek ciwastra cicadas...ditariknya pas berangkat dr ciawastra aja...baliknya mah engga. ntar bgitu berangkat dr ciwastra ditarik lagi.
    klo ada minuman ato kadang susu yg dibagi kan...itu sebetulnya maksa utk beli...alasan tuk kas anggota, ..tapi uang yg terkumpul suka ga karuan...habis ga adiaudit.
    kasihan sopir sebenarnya

    ReplyDelete
  28. - iya sering denger juga sopir angkot blng 'baru keluar' ternyata si timer nyatet supaya gak di tipu

    ami from kota sejuta angkot emang top deh..

    ReplyDelete
  29. Nuhun Seno.. sebuah pengalaman yang berharga sekali, ada lowongan jadi auditor timer angkot gak ya..

    ReplyDelete
  30. mungkin timer itu juga fungsinya sama kayak guru kita waktu kita2 SD, jadi kerjanya.. (mungkin ni yaa):
    1. Nyatetin supir2 mana yang belum potong kuku
    2. Supir mana yang gak masuk hari ini, jadi diabsen gitu.. nah dia Sakit, Ijin atau Alpa
    3. Periksain gigi2 supir, mana yang belum gosok gigi
    4. Periksain supir2 mana yang gak pake Bet dan Tanda Lokasi
    5. Supir mana yang belum ngerjain PR atau bawa prakarya
    hihihihihi... gitu ya bu seno?..

    ReplyDelete
  31. gemes kalo ngeliat timer dan para pungliers.. gayanya nyatet2.. ndk kerja malah malakin orang. udah gitu kalo yg pungliers yg berlagak cariin penumpang, di jalan depan komplek saya tuh keliatan ngga penting banget. lha wong angkot yg lewat cuman 1 trayek kok pake jasa pungli segala. *esmosi* kasihan sopir angkotnya. Sehari narik brapa kali aja tuh kena pungli.

    ReplyDelete
  32. hahaha aga adaaaaaa ntar preman2nya ga bisa malak lageee...

    ReplyDelete
  33. wahh...ibu seno bikin sayah tersinggung berat !!!!
    sayah'kan bukan mantan calo kampung rambutan..tapi masih aktif.....selain itu wilayah kerja sayah mencakup daerah priok..
    *lan kali kalo pas lagi di tunjuk2 gitu jgn bilang gw ada ..gw ada..cukup bilang aja HADIR PAKKKK !!!!. itu lebih manusiawi
    huahahahahahahahahahahahahaha

    ReplyDelete
  34. trus.. sopir2nya kalo pas ketemu timernya bilang gini dong
    "slamat pagi pak... slamat pagi bu... slamat pagi merdeka...merdeka !!! '

    ReplyDelete
  35. Tulisan ini juga karena akumulasi efek gemes liat para pungliers dan timers itu An.

    ReplyDelete
  36. hahaha.. gak jadi ngelamar kalo kalo gitu Sen !

    ReplyDelete
  37. Oh.. belum regenerasi tho hahahaha
    itu daerah kekuasaan luas juga ya.. sampe ke priok
    pasti mangkal di pasar uler juga

    hadirrrrrrrrrrr

    ReplyDelete
  38. yg aku sering nemu di persimpangan puri ituh, si tukang makanan nyatetin supir2 yg ambil aqua & cemilan tp bayarnya ntar2an

    ReplyDelete
  39. itu nyatet utang para sopir bukan Lus ?

    ReplyDelete
  40. yo wis......kalo pada protes ada timer angkot, ya aku berenti aja jadi timer......pensiun...sekarang ganti propesi deh jadi preman..... :D

    ReplyDelete
  41. bapa alm kan dulu usaha angkot ceu hihihihi

    ReplyDelete
  42. Ojo... timer yang gini nih yg disenengi supir angkot, pasti belom sampe tujuan dah balik lagi biar di catet2 sama timer cantik kekekekeek

    ReplyDelete
  43. O alaaaa.. anaknya juragan angkot ternyata hihihi..
    ramayana - warung jambu gratis dong..

    ReplyDelete
  44. wah .... ada profesi baru ya sekarang ....

    ReplyDelete
  45. salah, ramayana ciheuleut (payah ni lidah orang non sunda, kalo gak jadi cileheut, cihileud*yaiks*, ciheuheud, naon we lah, untung gak nyasab hihihi)

    ReplyDelete
  46. salah ya... stop kiri atuh , saya mau turun

    ReplyDelete
  47. perlu invasi ke daerah lain juga sih rencananya.perluasan wilayah lah bu..
    ngomong2 pasar uler...aku disana biasa dipanggil udin kalo di psr uler.Alhamdulllah kira2 enam puluh % aku kenal mereka.tapi itu..dipanggilnya udin_enggak nyeni banget ya..

    ReplyDelete
  48. Oh.. ya Udin perlebar aja daerah jajahannya Din
    mumpung sUdin perhubungan belom nangkepin calo2 hehehe

    ReplyDelete
  49. Kalo bis2 gede kayak Mayasari / PPD, katanya sih para timer kerja untuk perusahaan Mayasari. Jadi mereka bisa tau tuh kerja bener apa gak (setorannya ditilep apa gak?). Soalnya supir kan digaji bulanan. Jadi diitung jumlah sewanya (penumpang maksudnya he he he bahasa kenek nih) ada berapa jumlahnya trus dicocokin dengan setorannya. Terus udah berapa kali muter/rit. Makanya banyak supir yang suka nipu, waktu di-timer dia sengaja ambil penumpang dikit, abis itu sengaja ngetem lama2 buat cari tambahan sewa. Kalo bis gede sih kadang2 kertasnya masih lebih manusiawi, kertas A4 yang dilipet2 atau buku tulis.
    Ini hasil pengamatan sendiri lho, secara sering naik bis gede, dan sering nunggu di deket petugas timer, eh tapi ada juga informasi dari temen, soalnya pernah penasaran juga.
    Gak tau deh kalo angkot sistemnya gimana. Tanya aja lagi cho…ga usah malu2, bilang aja elo baru mau jadi pengusaha angkot 

    ReplyDelete
  50. Thanks infonya ya Lan..
    hihi.. tau juga lu ya bahasa kenek hehe..
    kalo elo sempet, kan elo sering naik bis luar kota tuh, pas elo di itung coba deh iseng2.. pak nanti kirim laporannya ke saya ya..
    nah lu analisa deh tu data... halahhhhh !!!

    ReplyDelete