Friday, November 7, 2008

Napak Tilas di Tangerangscheweg

Tangerang sekarang sudah beda jauh dengan Tangerang ketika 20 tahun lalu atau bahkan 10 tahun lalu gue tinggalkan. Bukan artinya gue gak pernah lagi ke Tangerang sejak 10 atau 20 tahun lalu, tapi ada beberapa tempat yang memang sudah lama gak pernah gue lewati.
Kalau ke rumah Ibunda atau ke rumah kakak yang di Tangerang, gue lebih suka lewat tol.
Jadi itu sebabnya gue agak sedikit norak ketika hari jumat lalu 'terpaksa' ke kantor pajak Tangerang.

Mula2 yang gue lihat berbeda adalah tempat nge-tem angkutan di pinggir kali cisadane di cikokol-Karawaci, dulu mah gak asik pisan itu tempat, sekarang mah enak nunggu di halte pinggir kali dengan angin sepoi sepoi, mata juga seger karena di sampingnya banyak penjual tanaman hias.

Dari KPP Karawaci, berhubung KPP Tangerang sekarang sudah dipecah menjaid Tangerang Barat dan Tangerang Timur, maka gue harus ke KPP Tangerang Timur yang terletak di Jl. TMP Taruna. ( ini jalan penuh kenangan ).
Yang berubah sepanjang jalan ini adalah route angkot 02, harus melewati grendeng - koang - grendeng pinggir kali, jembatan cisadane-pinggir kali belakang robinson..( aduuuh routenya makin jauh cuma muterin kali doang) - Masuk ke Jl. TMP Taruna

Jl. TMP Taruna ini jauuuh beda, dulu mah gak ada angkot lewat jalan TMP ini, angkot cuma lewat depan RS Umum Tangerang dan gue turun di situ kemudian jalan kaki atau naik becak menuju sekolah, tapi lebih banyak jalan kakinya sih.. selain ngirit ongkos, jalan kaki juga bikin sehat dan yang pasti jalan sama2 temen sambil becanda itu gak ada capenya deh.
Kali Sipon di Jl. TMp Taruna juga sudah bagus, bersih dengan dan ada tanggul pinggir kalinya jadi bukan berupa rumput liar atau tanah yang sering longsor.
Jadi kebayang ketika Pak Rudjito Kep Sek Smanduta di ceburin ke kali sipon oleh siswa2nya ketika pengumuman kelulusan dulu, kasihan pak Ito, dulu kalinya kotor.. geuleuh pisan, sekarang mah mau berenang di situ juga silahkan aja.

Oh ya Jalan Raya dan gedung Kodya Tangerang dulu itu adalah jalan pintas gue dan kawan2 menuju rumah salah seorang teman di Komp. Kehakiman, dulu masih sepi.. agak2 serem juga lwwat situ. Sekarang di situ sudah ada bangunan Kodya, Gedung DPRD Kodya, Kantor Pajak, bahkan mesjid megah sudah berdiri di sana.
Sayangnya di sekitar kodya gak ada tukang laksa Tangerang, ini makanan yang selalu gue rindukan kalau ke Tangerang. Penjual laksa bisa ditemukan di sepanjang jalan STM menuju cikokol, tapi gue agak males menuju ke sana karena waktunya mepet sementara gue masih harus ke Kantor Pajak Kab. Tangerang yang di Lippo Karawaci. Untungnya Ratu temen SMA gue bersedia ngantar dengan Vega nya.

Berhubung Ratu kalah nyali dan kalah body kaloboncengin gue, dengan sedikit memaksa Ratu minta gue yang bawa Veganya. Gila, udah lama kan gue gak naek motor, apalagi naik motor di Tangerang itu terkahir ya masa SMA aja. SIM juga gak punya, tapi Ratu bilang tenang ajalah kalo ketangkep polisi kan ada Oong temen sekelas kita dulu yang jadi kepala lakalantas di polsek Tangerang, yang penting elu masih punya nyali .
waduh.. di tantangin gitu, boleh lah..
Akhirnya.. dari meulncurlah veganya ratu dibawah kendali gue, gak berani naik gigi 4, maksimal 3 doang, duh mana angkot2 koq pada ngikutin gue terus, tapi lama2 enak juga menyusuri jalan A Yani, nyimpang dulu lihat rumah alm. Anggi, trus coba masuk Jl. Kelapa kuning eh nyasar haha.. udah lah ikutin jalan normal aja. Lama2 kecepatan si vega naik dengan sendirinya di atas 60km.
Sayangnya hujan tiba2 lebat, untung baru sampe jembatan cisadane, berhubung gak bawa mantel, langsung deh belok kanan ke arah Bumec ( orang Tangerang asli mesti tau nih Bumec itu apa ). Langsung mampir ke rumah Neneng.
Rencana cuma mampir sekedar berteduh jadinya malah ngetem karena hujan gak brenti an malah asik ngobrol.

Agak sorean, hujan berhenti, kantor pajak pasti sudah tutup, akhirnya pulang aja deh. Kembali Ratu minta gue yang bawa veganya. Berhubung lagi demen naik motor dan nyali juga sudah makin terkumpul, gue bawa lagi deh dari Grendeng sampai Cipondoh.
Route yang diambil kali ini bener2 route sangat asing buat gue, gak tauh iin di bawa kemana, yang jelas gue cuma ikut perintah ratu.. kiri.. kana.. depan belok kanan.. dan seterusnya.
Tapi jalanannya asik.. luruuuuus terus.. dan sepi, beneran sepi dan si vega pasti lebih dri 60km/jam.
Ternyata akhir dari jalan yang lurus dan di ridhoi ini adalah jalan mnuju kompleks garuda Cipondoh. gue tanya ratu ini jalan apa ? Poris katanya.. Oh..ini toh paris hehe..

Akhirnya.. Finish di Kecamatan Cipondoh, gue serahkan kembali kendali vega kepada Ratu, sambil gue tanya ini kredit sebulannya berapa ?









18 comments:

  1. Boleh Mbak.. tangerangnay di mana ?
    siap2 ya...

    ReplyDelete
  2. Ujungnya urusan dengan kantor Pajak gak jadi, malah momotoran... :-D

    ReplyDelete
  3. iya teh bener, urusan pajak baru 1/2 jalan, momotoran mah udah puas hehe..

    ReplyDelete
  4. laksa =P~ Di Bgr jg ada yg jual,tp gakda yg lwt dpt rmh :-

    ReplyDelete
  5. Laksa Bogor sama Laksa Tangerang beda mi....
    kalo aku sih tetep lbh suka laksa Tangerang :-)

    ReplyDelete
  6. iya, tangerang skrg lg sibuk bebenah teh, biar cantik, gak mau kalah sama Serpong :)

    ReplyDelete
  7. Serpong emang bukan Tangerang ?? hehehe..
    Itu kodya lagi bebenah sejak sebelom pilkada ya..

    ReplyDelete
  8. Serpong tangerang juga sih, tangerang barat, tapi orang biasanya misahin antara Serpong dengan Tangerang.

    ReplyDelete
  9. iya sih..orng pasti bedain antara serpong dan tangerang, krn letaknya agak jauh, Serpong masuk kabupaten Tangerang, sedangkan Kota Tangerang sendiri masuk kodya ya na.
    dulu aku tinggal di Tangerang kota, tapi pulang kampungnya ke serpong .

    ReplyDelete
  10. Aduh mbak..udah sampe cipondoh knapa gak mampir ke rumah daku sih...???...

    ReplyDelete
  11. duh.. duh orang cipondoh ternyata
    di mana cipondohnya Yun ?
    next time mampir deh

    ReplyDelete
  12. wahh...sayah mah seberangnyah polsek Cipondoh, Ceu Icho...
    gimana, ceuceu singgah sambil nyemplak motor lagi?
    *romannya lagi demen naik motor*

    ReplyDelete
  13. wah.. hanyakal pisan kang adi.
    sok alamat lengkap na atuh kang hehehe

    ReplyDelete
  14. mba icho ke cipondoh kok gak mampir ke rumah eykehh..tu pasti nglewatin lohhh daerah taman royal :))

    ReplyDelete
  15. Gak lewat taman royal tapi irit say..
    aku lewat jalan baru belakang itu lho....
    itu aja baru tahu hehehe
    next time deh .. banyak juga nih yg OCIP.. ( Orang CIPondoh )

    ReplyDelete
  16. lewat jalan depan terminal poris yak deket rel kereta api bukan...wahhh palagi itu kliatan tuh atep rumakyu...kekeke

    ReplyDelete
  17. iya lewat situuu.. sempet bingung ini kompleks apa
    ternyata atep rumahnya dikau yg aku lihat ya mbak..
    hihi.. baru kali itu lewat situ, jalannya asik masih bagus.. lurus terus bisa ngebut.. next time deh yaa..atepnya tulisin dong biar jelas hehe

    ReplyDelete