Sunday, November 9, 2008

Siapa Pahlawan anda ?

Setiap kali tgl 10 November, yang teringat di pikirian saya adalah, Seno upacara di sekolah, lagu gugur bunga, ada acara di TMP Kalibata,fiml janur kuning, ultah Kak Odja sepupu saya

Terbayang masa2 perang dahulu yang sempat saya  lihat di film janur kuning dulu. Bayangan saya  gak pernah hilang bahwa mereka yang gugur di medan juang demi mempertahankan tanah airnya layak di sebut pahlawan,

Tapi itu pahlawan jaman dulu, atau pahlawan kemerdekaan. Ciri2nya jelas mereka begitu gagah berani, pantang menyerah dan semangat membela Negara. Pasti kita juga hapal siapa aja pahwalan kemerdekaan dulu dan apa saja yang sudah mereka lakukan demi bela Negara.


Sekarang, kira2 siapa yang layak disebut pahlawan ?

Jawabnya banyak..termasuk kita sendiri. Karena arti kata pahlawan itu sendiri bukan pejuang yang hanya angkat senjata saja, tapi 'pejuang'  atau orang yang rela berkorban di segala bidang dan dalam hal apa ,untuk siapa mereka berjuang. Ada pahlawan olah raga, pahlawan kesenian, pahlawan devisa, pahlawan trisakti dan sebagainya, itu mereka sudah bisa disebut pahlawan meskipun pemerintah tidak menobatkan mereka pahlawan, karena prosesnya ribet dan susaj untuk menjadi pahlawan yang diakui pemerintah.


Kita ?? kita bisa di sebut sebagai pahlawan keluarga karena kita juga berjuang untuk keluarga,  Saya bisa menobatkan diri sebagai pahlawan rumah tangga, karena saya mati-matian angkat senjata demi membela martabat dan keutuhan rumah tangga saya.

Ada banyak pahlawan di sekitar kita, mungkin tidak disadari kita juga pernah bertem dengan pahlawan kita.

Ibu saya adalah pahlawan bagi saya, karena beliau telah begitu banyak jasanya berkorban demi kehidupan anak2nya.

Pak Toha, itu juga salah satu pahlawan bagi saya, karena beliau sudah mengorbankan dirinya nyemplung dari atas jembatan demi menolong saya yang tercebur ke kali waktu saya kecil.

Jadi, siapakah yang dianggap pahlawan bagi teman-teman ?


27 comments:

  1. Dan tentunya putri cantik kesayangan rembulan, pun biang

    ReplyDelete
  2. saya pahlawannya siapa ya??? hehe...soalnya kalo disuruh nyebutin pahlawan saya, satu halaman blog entry ngga muat euy...!!

    ReplyDelete
  3. Emaaaakkk... apa kabar emak ya..
    Salam buat Emak ya teh

    ReplyDelete
  4. dongengkeun atuh kepahlawanan tuang Bapa teh ..

    ReplyDelete
  5. Indung teh tunggul rahayu nya kang...

    ReplyDelete
  6. aku ingin begini... aku ingin begitu..

    ReplyDelete
  7. iya sen..
    pahlawan tanpa tanda jasa

    ReplyDelete
  8. hmm...sapa yaaa....

    * mikir heula teh...:D

    ReplyDelete
  9. Punteeen.. belum pernah mampir ya aku.. ya Kang..
    aku hadiahnya ember aja deh.. buat nadagin bocor hehehe

    ReplyDelete
  10. Wah.. pas banget dong..
    Happy birthday buat papah ya Lis..
    Smoga sehat sehat selalu
    supados saban sonten supak sepak :-)
    (jangan di sampein baris yg paling bawah yaaa )

    ReplyDelete
  11. sakedap deui aya nu ngacung.. antosan we neng

    ReplyDelete
  12. hihi si teteh mah......engke ka pede an geura jalmina :P

    ReplyDelete
  13. buatku orang2 disekitar aku yg udah ngajarin byk hal baru atopun pengalamannya bisa disebut pahlawan jg ceu.

    ReplyDelete
  14. Begitu ya Teh .. kalo gitu aku pengen juga deh jadi pahlawan buat Teh Hanny..

    ReplyDelete
  15. Bobo-Coreng-Upik... hahahah... merekalah yang memacu aku untuk bisa membaca di usia 2 tahun lebih sedikit.

    ReplyDelete
  16. hahahaha.Oki, Nirmala, paman gembul engga Dra ?

    ReplyDelete
  17. mamaku..beliaulah pahlawan sejatiku :)

    ReplyDelete
  18. gak nyangka, mba icho pernah nyemplung ke kali waktu kecil ya.

    ReplyDelete
  19. lho kan bekasnya masih keliatan cy.. emang gak mudheng ya

    ReplyDelete