Monday, August 11, 2008

Talam ubi dari Depok


Sabtu siang kemarin, gue kondangan ke ngunduh mantunya Mbak Erna temen satu dept waktu kerja di KC itung2 reunian juga karena sudah lama sekali gue meninggalkan KC.

Dari rumah terpaksa pergi sendiri ke rumah Ugi di LA, tadinya mau bawa Della, tapi sudah kebayang Depok nun jauh di sana, Della pasti bete.

Duh, gue bener2 gelap deh daerah Depok. jadi ketika di bawa kang Ata lewat jalan2 tikus menghindari margo city ( katanya ), gue ikut aja deh, yang penting sampe cimanuk.

Gila beneran ini mah kondangan bener2 Reuni, yang niatnya jam paling telat pulang jam 3 jadi pulang jam 5. Gimana gak reuni, wong dia  sekeluarga aja itu temen kerja gue, kakaknya Mbak Erna, Mas Arifin itu orang Accounting, Tantenya Mbak Erna, itu orang purchasing, adiknya anak toko , segitu aja udah reuni.


Trus berhubung sudah terbiasa kalau ke rumah Mbak Erna itu pulangnya suka di bawain oleh2, kue made in Mbak Erna atau buah2an yg sudah dibelinya, eh.. koq pas acara mantu-an kebiasaan gue dan kawan2 gak hilang tuh, nanya mana oleh2nya.. dan ternyata sudah di siapkan oleh Mbak Erna.. duh baik banget ibu satu ini emang luar biasa deh.


Paling gak nyangka, oleh2nya itu ternyata makanan2 kesukaan kita2, masa sih oleh2 dari tempat pesta bukan kue2 pesta, tapi ya kue2 khusus gitu.Ugi yang doyan Makaroni Schotle oleh2nya ya itu, trus Diah oleh2nya Rujak serut, Mbak Teti oleh2nya keripik singkong pedes, zusni di buatin dibawain nasi kuning, dan gue ?? gue di bekelin talam ubi.. hihi.. Mbak Erna masih inget aja kue kesukaan gue, iya lho.. enaknya kerja di Supermarket, sore2 jam 3 an kalau laper ,dari office tinggal naik deh ke toko, lihat2 jajanan pasar, comot 2-3  biji.. trus bilang ke ' ini di retur ya 3  .. gratis tis deh.. semoga gak sakit perut hehehe, belom lagi sering void mem void ampuun.. pantesan aja si Om B bangkrut.. eh engga deh !..'


 

Berhubung gue doyan dan ternyata Della pun doyan. gw coba cari deh resepnya talam ubi, siapa tahu sabtu besok ada niat bikin.

ini resepnya, diambil dari : http://resep.dekap.com/talamubi.php

 

Bahan :
300 gr ubi jalar orange
125 air mendidih
100 gr tepung beras
50 gr kanji
150 gr gula pasir
¼ sdt vanilli bubuk
250 ml santan


Lapisan Atas (campur dan aduk rata):
300 ml santan
5 sdm tepung beras
¼ sdt garam


Cara membuat :
1. Kukus ubi jalar hingga masak, angkat, kupas lalu tumbuk selagi panas hingga halus.
2. Campur air mendidih dengan tepung beras sambil diaduk hingga licin.
3. Tambahkan ubi, tepung kanji, gula, vanilli dan santan. Aduk hingga tercampur rata dan licin, saring, sisihkan.

4. Panaskan dandang, olesi cetakan dengan minyak.
5. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga 2/3 penuh, hingga semua cetakan terisi. Taruh cetakan di dalam dandang, kukus dengan api sedang hingga setengah matang.
6. Tuang 2 sdm santan ke atas adonan setengah matang. Kukus kembali adonan dengan api kecil.

7. Keluarkan kue dari cetakan, hidangkan.


 


 

38 comments:

  1. glek... jadi kepengin
    aku tunggu kue buatanmu aja Teh .... kirim ke pamulang ya :D

    ReplyDelete
  2. Bener mbak emang enak, aku aja yang di depok ga bosen2 makan nya...
    apa lagi dodol depok nya....legittt.....

    ReplyDelete
  3. hiks*.. jadi malu sama tukang kue..
    bikinin gw aja deh lit.anter ke kodam hehehe

    ReplyDelete
  4. mbak Erna-nya hebat euy .. tahu aja kesukaan teman-temannya plus masih bela-belain kasih oleh-oleh sesuai kesukaan ditengah kesibukannya dia ;)

    ReplyDelete
  5. Dodol depok yg mana yaaa ? mau dong

    ReplyDelete
  6. hiks..tukang kue apaan, kalo kue basah aku gak terlalu suka bikin hehehehe mending beli ketauan enaknya

    *itu tulisan di comment jadi besar2 banget*

    ReplyDelete
  7. itu dia yang bikin gue terharu Mbak Ima..
    dulu di ktr lama tuh dia emang yang paling care sama temen2
    dipanggilnya aja nenek.. bukan emak lagi hehe

    ReplyDelete
  8. Oh..ya udah kuker yg di kirim juga gak apa2 hehe..
    iya nih, gede2 banget tulisannya...
    ganti themes lagi ah..

    ReplyDelete
  9. bundaaaaaaaaaaaaaaaa...ada kue lupizzz ga????

    ReplyDelete
  10. eeeeiiitttt.. jangan sambil makan kue gw dong nulisnya.
    ganti sama lumpia yaaa

    ReplyDelete
  11. Gak ada sen.. kan dulu nenek buyut mu jualan lupizz zhihi..
    selain talam ubi.. daku juga suka sorabi..atau kutu mayang

    ReplyDelete
  12. surabi?????????????
    wao di bandung enak2 lo bun....

    ReplyDelete
  13. blm pernah nyobain teh.....rasanya gmn?

    ReplyDelete
  14. aku juga suka banget sama kue di atas ... cuma baru tau kalau itu namanya kue talam ubi ... hihihi .....

    ReplyDelete
  15. Surabu Bandung emang enak, tapi yg aku suka malah serabi yg di pinggir jalan itu, yg pake tungku hehe

    ReplyDelete
  16. rasanya kenyal kenyal lengket manis asin gitu rin
    sok cobian deh

    ReplyDelete
  17. walah teh.. gak tahu namanya asal pernah bikin gak apa2 teh

    ReplyDelete
  18. foto yg diatas buatan teh icho? mau dong..

    ReplyDelete
  19. hehehe.. bukan teh, yang di atas itu foto talam ubi dari depok, made in mbak erna

    ReplyDelete
  20. jangan fotonye aje yang dipajang bu, aselinye pasti saya makan

    ReplyDelete
  21. Waah suka talam yah bu... mmm enyaakk nii... :-)

    ReplyDelete
  22. Sebelum sample dikirim..
    gaak bisa berkomentar :)

    ReplyDelete
  23. nikmatin dulu aja gambarnya kang...
    aslinya iraha teuing hihi

    ReplyDelete
  24. Ya...amplop kok bisa sama sih cho, gue juga suka banget kue talam ubi yang warna kuning/putih kan? Tapi liat resepnya ribet,males bikin, jadi elo aja yang buat deh, nanti kirim2 ke gue ya.....he he he

    ReplyDelete
  25. ah lu koq amnesia gitu.. dulu kan kalo ada kue talam ubi lu selalu rebutan ama gue hehe
    ntar gw bikinin deh

    ReplyDelete
  26. Belum teh...
    belum diterima sampelnya ;)

    ReplyDelete
  27. mmmmm....yummy...bagi2 dunk mba..kirim ke cipondoh yah...

    ReplyDelete
  28. aku balikin ah,..
    bikinin dong yun.. nanti aku ambil ke cipondoh rela deh
    sekalian mampir ke bu kokom

    ReplyDelete