Thursday, August 21, 2008

Rahasia Meede

Sebenernya agak telat gw baca Novel Rahassia Meede ini, mengingat novel ini sebenernya terbit di september 2007. Di milis Batmus juga sempat di bicarakan beberapa waktu lalu, tapi sedikit telat gak apa2, yang penting gw belum baca ni buku yang  sempat biking gue  penasaran.


Kalau di ambil dari wiki , Novel ini adalah sebuah novel thriller berlatar belakang sejarah nusantara. Di Novel ini bercerita tentang perburuan harta karun peninggalan dari era VOC yang dilakukan oleh pihak Belanda maupun Indonesia. Alur Novel ini terjadi di Indonesia ( terutama Jakarta ) pada era Reformasi.

Baru 1/3 halaman buku gue baca, gue sudah bingung dan tersalut salut ( eh bukan EYD nih ), terkagum kagum dengan sang pengarang ES ITO . dan tambah terkagum kagum  ternyata sang pengarang masih muda , kelahiran tahun 80-an . Gila se umur gitu sudah bisa menghasilkan karya bagus gini, tipis dan susah membedakan apakah ini jenis novel fiksi atau sejarah. ( ternyata di kolom ucapan terima kasih, Novel ini memang bercerita tentang real rejarah di Indonesia dengan data yang akurat dibarengi bumbu kisah petualangan ala detektif.


Pada saat membaca novel ini juga gue serasa kembali ke era reformasi sambil membayangkan kira kira siapa gerangan sang tokoh dalam novel itu dengan keadaan sebenarnya di masa itu.


Gue coba membayangkan Attar Malaka adalah si A, Batu Gultom si B, Parada Gultom si C, Rosihan Arsyad adalah si D dst deh , coba2 di reka2 se enak gue aja..(suudzon pisan .)


Membaca buku ini juga memperkaya pengalaman  gue, gue jadi tahu bahwa setiap orang batak bertemu dengan sesama marganya, misalnya marganya 'Gultom' maka pertanyaan pertama adalah " Kau Gultom nomor berapa ? " tujuannya supaya bisa tahu harus memanggil apa diantara mereka, sungguh sebuah budaya yang unik dan menunjukkan serasa saling menghormati.


Baru selesai baca buku ini, malah bikin gue nyesel, kenapaaa tanggal awal bulan kemarin gak ikut ke Onrust bersama batmus.. krn ternyata di Pulau Onrust itulah harta karun VOC berada.

 

Poko'e ni novel emang bikin penasaran deh.. dahaga serasa terpuaskan setelah lama gak pernah melihat buku2 Pram lainnya... biar telat yang penting sempet  baca..

 

Mau tau detil, search di mang gugel dengan kata kunci "Rahasia Meede" hasilnya banyak pisaaan., salah satunya ini aja deh :


http://kertasputih.wordpress.com/2007/09/20/resensi-novel-rahasia-meede-karya-es-ito/


8 comments:

  1. era reformasi teh era yang mana Teh Icho - asa rada bingung
    pabaliut zaman belanda dulu sama era reformasi pasca Pak Harto
    halah.. tulungan teh, pencerahannya dong... :D

    ReplyDelete
  2. Era Reformasi pasca Pak Harto tea Teh, da upami era reformasi jaman Walanda mah can kabayang ku abdi

    ReplyDelete
  3. ooh :) tp aya hubunganna dg pulau onrust...? laaah janten panasaran yeuh :D

    ReplyDelete
  4. seandainya waktu saya membaca banyak "orang males ngeless" hehe

    ReplyDelete
  5. Jadi kieu dongeng na teh
    Dina carita rahasia meede teh di onsrust lah di temukan harta karun VOC
    Trus minggu kamari na teh komunitas sajabat mueseum ngayakan acara ka onrust dan abdi teu ngiring..
    jadi asa hanyakal kitu teh..

    tah kitu hubungan na teh

    ReplyDelete
  6. hahaha... embeerr. untung udah ngaku duluan kalo dirimu PEMALAS

    ReplyDelete
  7. kereennn deh kalo baca postingan ibu, jadi penasaran ama isinya.. dilelang juga ga ato boleh pinjem? hahaha...
    *ngarep...

    ReplyDelete
  8. Pinjem aja yaaa hahaha.. gak di lelang

    ReplyDelete