Saturday, August 23, 2008

Dari IT ke HRD

Jam 7 Sabtu pagi gue sudah di jemput Eva untuk membantu menghadap ke HRD kantor alm suaminya. Tujuannya untuk proses penyelesaian jamsostek alm.
Kenapa Eva mesti bawa gue, karena beberapa hari belakangan ini Eva selalu konsultasi masalah claim jamsostek alm suaminya yang tidak kunjung selesai setelah 1 bulan alm meninggal.
Setelah mengumpulkan beberapa informasi baik dari teman milis ( thanks to mbak lif dan teman2 yang bantu download file dari jamsostek.co.id) juga dari hasil call ke teman2 yang di HRD, akhirnya gue pun siap untuk membantu Eva menanyakan ini itu ke HRD.
Kenapa perlu di pertanyakan prosesnya claim jamsostek tersebut, karena setelah informasi gue dapat ternyata ada form yang kurang atu belum di berikan pihak perusahaan sebagai ahli waris yaitu Form JK dan JKK. Ahli waris hanya di berikan form JHT.
Mulanya, gue berpikir bahwa perusahaan alm hanya mendaftarkan JHT saja ke jamsostek tanpa mendaftarkan JK dan JKK, ternyata gue keliru, justru JK dan JKK itu wajib di ikuti oleh peserta jamsostek sedangkan JHT itu pilihan karena ada pegawai honorer atau pegawai kontrak yang di ikutkan sebagai peserta JK dan JKK tanpa ikut JHT.
Sebelum sampai ke kantor, gue sudha wanti wanti ke Eva dan mamanya, supaya kita disana nanti jangan ada kesan tidak percaya kepada perusahaan, kita berprasangka baik saja, dan kalu bisa justru kerja sama untuk masalah ini, karena hehehe.. gue lihat sih profile dan temperamen Mamanya Eva tuh batak banget, gue bisa maklum karena beliau single parent sejak Eva masih kecil, kemudian jadi pengusaha kopaja dan metromini, jadi wajar deh kalau beliau bertemperamen begitu wong sehari hari aja ngadepin para sopir dan kenek hehehe... ( maap ya tante.. )
Akhirnya, di kantor alm kita ketemu pihak HRD dan syukurnya mereka mengerti bahwa kedatangan kita hanya untuk bekerja sama melengkapi dokumen dan mencari kebenaran proses pencairan klaim sesuai yang harus di terima haknya oleh ahli waris termasuk mencari informasi mengenai hak JK dan JKK almarhum. Semoga semuanya berjalan sesuai prosedur dan keluarga alm mendapat haknya.

Cuma satu aja sih yang mengganjal buat gue saat itu, gak enak banget saat gue di perkenalkan oleh mamanya Eva sebagai orang HRD bukan orang IT hehehe.. lha wong ilmu HRD gue gak ada sama sekali koq..
Tapi.. hmm.. tante boleh juga sih idenya.. mo coba  loncat pagar jadi orang HRD deh !

 

34 comments:

  1. hehehe..loncat yukk bu..
    pindah jurusan, xixixixixi

    ReplyDelete
  2. yuuukkk..
    emang salah jurusan nih gw ar..

    ReplyDelete
  3. teu nanaon tehh, ibadah buat bantu temenkan...

    ReplyDelete
  4. Salut kepada Bu Seno, mengurus masalah seperti ini kalau tidak sabar bisa bikin barabe. Orang IT mengurus HRD jarang ada lho........bisa bisa setelah kerjadian ini terendus perusahaannya bu Seno malah diminta urus IT dan HRD. Salam

    ReplyDelete
  5. Maksudna mungkin supaya Bu Eva tida diwadulan oleh pihak perusahaan Alm, jd 'bawa' orang HRD juga ;)

    ReplyDelete
  6. muhun teh,da teu tiasa ngabantu nanaon mugi2 we aya manfaatnya

    ReplyDelete
  7. muhun teh, cuma ini yang bisa saya bantu
    moga2 we aya manfaatna

    ReplyDelete
  8. Iya Pak Tarsis, sebisa mungkin saya nahan sabaaar.. trus juga ikut menahan kesabaran keluarga, ini susah lho...
    Hehehe.. ini pengalaman baru juga kan buaut saya..
    siapa tahu ada lowongan ya pak

    ReplyDelete
  9. hihi.. maksudnya sih ngenalin ini lho.. HRD yang IT

    ReplyDelete
  10. Wakakak...kayaknya emang IT deh yg paling butuh HRD hehehe...dapur gak ngebul nanti hehe

    ReplyDelete
  11. tah eta maksadna..
    karena biasanya orang payroll ngikut ke dept HRD

    ReplyDelete
  12. gak popo teh jadi orang HRD...
    biar ngeper mereka... sukses ya...

    ReplyDelete
  13. hehehe.. ngeliat tetegan badannya aja mereka udah ngeper koq
    malah di sangka polisi nih ..

    ReplyDelete
  14. Tampilannya sih udah pantes masuk HRD kok mbak... *nyodorin koran LoKer*.... hihihih....

    ReplyDelete
  15. hahaha...mane lokernyeeee...
    dah bosen jadi IT neeh

    ReplyDelete
  16. mudah2an segera beres urusannya ya teh..

    ReplyDelete
  17. asikkkk..
    ngedadak ganti jabatan,
    plus gajinya enggak bu ?

    ReplyDelete
  18. hihi.. baru ilmu jamsosteknya doang ..
    elmu recruitmentnya belom

    ReplyDelete
  19. lancar apanya neh ? prosesnya mah belom dapet update lagi teh. semoga ya

    ReplyDelete
  20. iya teh.semoga, nuhun ah , neda pidua na wae

    ReplyDelete
  21. hahaha.. iya hanya untuk 1 jam saja
    gajinya ?? hihi dapet hadiah makan mie ayam dan 1 ekor ayam hidup peninggalan alm
    uh.. gitu aja dah seneng banget , gak nyangka

    ReplyDelete
  22. pantesan mirip keyboard ya mas hehehe

    ReplyDelete
  23. lebih cucok elo deh Dhe.. secara udah galak gitu hihi

    ReplyDelete