Thursday, January 24, 2008

Tulang – tulang di sekeliling gue

Di Departemen gue di kantor baru ini, dari 12 orang , hampir separuhnya orang batak, meskipun ada juga yang gak asli batak  ( campuran cina + batak ). Ada Sinaga, Silalahi, Aritonang, Lubis dan Sinaga Jadi seru lah kalo pas mereka gabung dan ngobrol atau diskusi pekerjaan. Untungnya  gue belum sempet ngobrol bareng atau makan bareng mereka di lapo,

Gaul sama orang batak ini emang seru, sejak SMA, kuliah, sohib2 gue banyak yang batak ( termasuk mama medy ), kalo yang ini batak cantik, gak bakalan di sangka batak, yang ada malah gue yang di sangka batak. Karena itu berhubung muka gue sudah muka batak, dikit-dikitlah gue belajar bahasa batak.. Batak itu terbagi 5 yaitu : Batak Toba, Simalungun, Karo,  Pakpak, Angkola, tapi Orang Karo jarang mau disebut orang Batak, nah kalo yang ini gue belum tahu alasannya kenapa. Dan dari ke 5 batak itu  ternyata banyak perbedaannya, ulosnya beda, tarian tor tornya pun beda, kalo rang karo tari tor-tornya cenderung bergaya melayu. Untuk panggilan juga katanya beda, orang Toba menyebut paman itu tulang, orang simalungun katanya bukan ( tapi gue gak tahu apa panggilan paman untuk orang simalungun).  Ucapan “Horas” buat sebagian batak mungkin sama artinya, tapi untuk orang Karo, tidak menyebut kata horas tapi Majua jua.. ah mungkin masih banyak lagi deh kalo mau belajar detil tentang orang batak dan budaya batak, yang pasti gue sih cukup menghapal satu kalimat aja “holong do roham tu au “ ..( nulisnya juga bener atau engga gue gak tahu )

 Dan, berkat pengalaman bergaul sama orang batak, di kantor baru ini gak terlalu sulit gue masuk ke lingkungan tulang-tulang itu. Gue gak kaget lagi dengan gaya bicara keras mereka, keterusterangan mereka malah buat gue lebih enak. Gak kaget ketika salah satu dari mereka ngomong ke gue kalo mereka bilang meja elu berantakan banget, elu kan cewek hehe.. gue terima kritik itu dengan lapang dada.. asik kan.. mending terus terang deh. …semoga tambah betak meskupun internet susah .. Horas !!

16 comments:

  1. jd inget iklan sala satu susu..:-)
    "Ini susu bua tulang.."

    ReplyDelete
  2. haha... iya ya..
    ini tulangku.. mana tulang mu

    ReplyDelete
  3. waa...ternyata beragam juga garis2 keturunan suku Batak ya... Indonesia memang unik :)

    ReplyDelete
  4. Iya kang Adi.. begitu kayanya khasanah budaya kita

    ReplyDelete
  5. Ha ha ha.., jadi dari dulu selalu dikelilingin tulang-tulang ya bu..?

    ReplyDelete
  6. Iya nih Mbak.. untungnya gak tulang belulang yg ngelilingin..

    ReplyDelete
  7. ad sinaga, sibolga singkawang..ha..ha..ha..

    ReplyDelete
  8. hahaha.. inget singkawang kampung halaman ya om

    ReplyDelete
  9. Napitupulu masuk mana?
    Waktu nikah sempet syok diblg
    kakak : wah richard senengnya sama yg gemuk, ya
    hi3x skarang ud biasa deh, emang gt

    ReplyDelete
  10. artinya apa tuh mba?
    sama kaya tanteku , kawin ama org batak tp suaminya ga kaya org batak alias kalem bgt!
    malah tanteku yg kalo ngomong keras banget ! Batakan dia daripada suaminya tuh!hihihihi...

    ReplyDelete
  11. Waduh.. belum nanya detil nih Napitupulu masuk mana ya
    Batak Toba kali ya...
    hihi.. dah biasa di bilang gemuk maksudnya .. kabur ah


    ReplyDelete
  12. katanya sih artinya "aku cinta padamu" gak tahu deh bener atau engga..
    aku mah percaya aja sama orang batak itu
    biarpun aku sering ngejailin orang batak belajar bahasa sunda hehe
    Batak kalem juga ada mbak ... lebih batak aku dari dia malah.. ya si mama medy itu..tapi kadang2 keluar juga sih bataknya

    ReplyDelete
  13. simalungun paman itu juga tulang... holong do roham tu au udah benar... trus nanya aja ke mereka assit do pat ni gabus tulang apaa artinya.... hehehehehe

    ReplyDelete
  14. Halah..ketemu tulang wilson nih,
    Kalo yang bawah artinya apa tuh ?? koq mereka ketawa ketiwi aja
    malah balik tanya.. lu dapet dari mana tuh kata2

    ReplyDelete
  15. hhhmm jadi malu nih nama kita di sebut2.....Sekarang kalo dikantor banyakan keluar lagi ...bataknya ..maklum keadaan memaksa sih....(biar dibilang tegas he he he....)

    ReplyDelete
  16. emang ada yg percaya kalo elo batak ya hehe..
    O.. jadi supaya keliatan tegas, pake gaya batak aja yaaa
    tips menarik nih hihi

    ReplyDelete