Monday, November 14, 2011

Sepanjang Jalan Kenangan

Tepat di tanggal 11-11-11, setelah saya membesuk Evi, sepupu saya di RS Siolam Karawaci, kami beritga ( Saya, Ceu Ami & Ceu Oma) melanjutkan perjalanan ke tempat penuh kenangan, ex jalan Mangga 6, jalan bekas rumah kami dulu, karena kebetulan salah satu tetangga kami dulu menikahkan anaknya di tanggal itu ( ih banyak bener deh yg nikah di tanggal ini.)

Tujuan lain selain menghadiri pernikahan ( ternyata pestanya di Jl Lain yg tak jauh juga dari Jl Mangga 6 ). Kami langsung menuju tempat resepsi, dengan pertimbangan nanti setelah resepsi baru main sepuasnya di Mangga 6.
Ternyata di tempat resepsi, mempelai pria yang anak tetangga kami belum siap,  masih di dandani setelah jumatan, orang tua mempelai pria juga belum datang (kembali) setelah upacara pernikahan usai. Untunglah kemudian mempelai pria sudah selesai di dandani dan kamipun bisa berpelukan melepas kangen sekaligus mengucapkan selamat buat Imant, bocah kecil yang sering dibawa menginap di rumah kami dulu karena lucu dan menggemaskan, sementara dia sudah punya banyak adik, jadi agak kurang diperhatikan ortunya :(

Sepanjang jalan Semangka, Dukuh, mangga Raya, begitu banyak perubahan, ternyata sudah lama sekali saya tak lewat jalan ini, rasanya terakhir lewat jalan ini.
Masuk jalan Mangga 6, kami bertiga adu ingatan, ini rumah pak anu, ini rumah pak ini.. koq sepi.
Makin mendekati No. 89, saya makin melow.. eh di depan rumah no 91, ada dua ibu terlihat, spontan saya teriak, Bi Ayooooh... Bu Yadi.. mereka bengong dan kemudian baru sadar, berpelukanlah kita, selanjutnya Bu Yadi memanggil Bu Endang dan Tante Samsudin, untuk berkumpul, kebetulan juga ada tukang  rujak, ngobrol sambil makan rujak.

Ketika pamit pulang dan melewati rumah kenangan , rumah kami No 89, ada sesak di dada saya, betapa rumah itu meski telah berubah bentuknya dan berganti-ganti pemilik, masih menyisakan begitu banyak kenangan. Ceu Ami dan Ceu Omah menikah di rumah itu, Cinta pertama dan cinta terakhir sayapun pernah hadir di situ. Kami besar dan bertumbuh di situ.


Ibu saya membeli rumah itu dengan penuh perjuangan, setelah menjual rumah warisan bapak saya, kemudian berpindah-pindah jadi kontraktor, menempati rumah dinas kepala sekolah, sampai kemudian berjuang antri sejak dini hari untuk mendapatkan formulir pembelian rumah perumnas Tangerang sekitar tahun 80-an.
Saya juga pernah merasakan tiap bulan antri bayar cicilan rumah Rp.10.000 di konter BTN yang sekarang di Perum dinamakan perempatan kantor ( dulu kantor perumnas berada di situ).
Sampai akhirnya rumah itu lunas ketika kami anak-anak ibu saya remaja.

Sayang sekali, rumah itu kemudian di jual sekitar tahun 90-an, masa-masa kegelapan dalam hidup saya waktu itu. Saya sendiri tak tahu dan tak ikut sama sekali boyongan memindahkan barang-barang yang ada di rumah ini.

Sepanjang jalan mangga 6, satu persatu rumah yang terbuka dan dan terlihat ada tetangga lama, kami singgah, sekedar menyapa melepas rindu dan bertukar nomor telepon, sambil diantar Endang, tetangga sebelah yang sejak kecil juga selalu saya tuntun jika berangkat sekolah, dia kelas 1 SD dan saya kelas 6 SD. Sepetinya Endang tak mau cepat-cepat berpisah. Endang mengantarkan kami sampai ujung jalan Mangga 6.



Di ujung jalan ini..pernah ku tunggu kamu..kamu..dan kamu... 





35 comments:

  1. kayak judul lagu ya Teh hehe. Seru tapi ya, masih pada kenal tetangga2nya.

    ReplyDelete
  2. Wah kenangan yang menyenangkan dan memilukan yah Cho...

    ReplyDelete
  3. Saya jg ingin mengulang romantisme lewat jalan2 tikus di Bekasi...

    ReplyDelete
  4. Nostalgia dengan momentum 111111 itu Wi :-)

    ReplyDelete
  5. ga diikutkan di lomba rumah kenangan yang kemarin Teh?

    ReplyDelete
  6. Lagunya siapa yaa.. Teti Kadi ya hahaha
    Iya..aku masih inget koq kalo yg tua2, kalo anak2 yg dulu kecil skrng sdh dewasa banyak yg lupa deh

    ReplyDelete
  7. Iya Ed... tp yg mesti di kenang yg menyenangkannya aja dhe ya.. yg memilukan lupakan saja

    ReplyDelete
  8. Ayo Mas Dedy.. napak tilas juga :-)

    ReplyDelete
  9. pasti teringat masa2 dulu ya teh....jd mellow pastinya ...

    ReplyDelete
  10. Iya hihi.. kebanyakan melownya ...

    ReplyDelete
  11. hmmm...rumahku spt apa ya sekarang ?

    ReplyDelete
  12. rumah kenangan ya mbak...begitulah
    seperti setaip lewat rumah yang dulu saya kontrak aku juga selalu bilang ke restu nduk dulu waktu kamu masih diperut ibuk kamu tinggalnya disini...

    ReplyDelete
  13. tante Icho rambutnya suka dikuncir ya...sama seperti ibukku..katanya suka kegerahan trus rambutnya dikuncir kuda tante,,,

    ReplyDelete
  14. kek lagunya ST12 teeeeh.. kamu kamu kamu dihatiku xixxixi

    ReplyDelete
  15. Waah rumah kontrakanku waktu Seno masih di perut masih sering kami lewati juga Res.. sering juga ngomong gitu ke Seno :-)

    ReplyDelete
  16. Iya Res.. rambut Tante udah panjang, sama Mbak Della gak boleh di potong rambutnya, krn gerah ya jadi di kuncir deh

    ReplyDelete
  17. Oh.. mester kp melayu.. kirain di kampuang nan jauh di mato itu :-)

    ReplyDelete
  18. Jalan Kenangan, Jalan Kenanga, atau Jalan Kuningan nih jadinya? ;D)

    ReplyDelete
  19. sepanjang jalan kenangan beneran nih.. jalannya buah2 pula..

    ReplyDelete
  20. di Perumnas Tangerang Unit I itu memang kebanyakan jalan buah dan sayur Mbak :-)

    ReplyDelete
  21. sama dengan di pasar minggu.. ku tinggal di pejaten aja di jalan melinjo.. sodara lain di jalan rambutan, sawo manila, kecapi.. sayur dan buah deh..

    ReplyDelete
  22. perasaan aku sdh komment disini, tp koq ga muncul?

    Jadi seru kr tetangga masih ada yg kenal ya da

    ReplyDelete
  23. Jadi inget lagu kanak-kanak jadul..
    pepaya mangga pisang jambu, dibawa dari pasar minggu hihihi
    di depok juga gitu ya Mbak.. banyak jalan sayur2-an

    ReplyDelete
  24. Masa sih Da.. hihi aku juga bingung, udah bales komennya Eda Ros belum yaaa..

    Kalo sama tetangga lama aku gak lupa deh.. :-)

    ReplyDelete
  25. salam kenal mbak.
    saya juga asli Karawaci.. duh. .jadi serasa nostalgia.

    ReplyDelete
  26. Salam kenal juga Mbak Vonny... wah sekampung kita hahaha
    karawacinya di mana ?

    ReplyDelete
  27. Terimakasih sudah diapprove mbak..

    Saya dulu tinggal dekat daerah prapatan di Jalan Raya Beringin.

    Duh.. dulu toe suka banget kalau pulang sekolah atau kuliah - makan soto dan sate ayam dekat prapatan - depan kantornya PLN. Jadi kangen :D

    ReplyDelete
  28. Prapatan Jl. Beringin..hmm prapatan kantor ya, hahaha lupa2 inget sdh sejak thn 90-an sy ninggalin perum.
    skrng Mbak tinggal di mana ? dulu SMA nya di mana ?

    ReplyDelete