Wednesday, June 22, 2011

Pengendara Motor Cilik

Mudahnya ( bukan murahnya ) membeli motor dan beragam jenis motor saat ini membuat semakin banyak pengendara cilik yang bersliweran di jalan raya terutama di komplek perumahan atau di seputaran jalan perkampungan.

Pengendara cilik dalam hal ini kira-kira anak seusia SMP ke bawah, sering kali terlihat mengendarai motornya tidak dengan perhitungan yang matang,ngebut dan serobot seenaknya, belok tanpa perhitungan, masih mending kalau pakai helm, ini kebanyakan tidak  pakai helm, itu sebabnya saya dan suami biasanya malah mengalah jika ada pengendara cilik yang melintas mendahului kami atau juga berhati-hati jika di depan kami ada pengendara motor cilik.

Seperti yang terjadi pagi tadi di kawasan lampu merah setelah kuburan Joglo, diantara kerumunan motor yang macet menunggu lampu lalu lintas berwarna hijau, saya lihat seorang anak kecil kira-kira sebesar Seno, malah mungkin lebih kecil lagi karana kakinya belum sempurna menyentuh aspal jika duduk di atas jok motor ( Seno mah udah nyentuk aspal), meliuk-liuk mencari celah yang dapat di lalui motor scoopy putihnya.
Dan hebatnya lagi... diantara sekian banyak pengendara motor dewasa, hanya pengendara motor cilik itu yang berbeda, selain cilik juga satu-satunya pengendara motor yang tidak memakai helm.


Ketika anak itu tepat di samping saya, saya sempat berkata " woi !! helmnya mana, belom punya SIM udah ke jalan raya, ditangkep polisi lu !!"
Dasar bocah, anak itu cuma menjulurkan lidah ke arah saya ..
Saya berharap ada polisi yang biasa berdiri di lampu merah menangkapnya, ternyata nasib baik buat pengendara cilik itu, tak ada polisi dan diapun lolos dari lampu merah, langsung ngebuuuut. meliuk-liuk lagi bahkan nyaris membuat satu motor nge-rem mendadak, dan berbelok tanpa sen masuk ke sebuah apartemen di samping superindo.

---
Bagi saya pribadi, yang punya anak laki-laki seusia pengendara cilik tadi, tak akan pernah mengijinkan anak saya untuk belajar mengendarai motor jika belum SMA meskipun Seno setiap kali melihat ada motor honda repsol warna orange ala Stoner di pameran-pameran selalu di dekatinya, saya tetap pada pendirian, gak akan pernah kasih Seno naik motor sampai waktunya tiba.

Saya gak punya nyali seperti Mbak Shanti yang mengijinkan anaknya Iyog  yang seusia Seno balapan motor cross ( eh bener gak Mbak namanya motor cross ? ) meskipun saya  sebetulnya pengen deh liat Seno seperti Iyog .
Masih terbayang juga di mata saya kesedihan seorang bapak teman kantor saya kira-kira 9 tahun lalu yang kehilangan laki-laki satu-satunya yang masih SMP di jalur maut Jl. Saidi Raya.
Di keluarga sepupu suami saya di Semarang, dua anak remaja bersaudara mati muda di jalan raya ketika berbarengan berangkat ke sekolahnya.

Celaka memang bisa terjadi di mana saja, pengendara maupun pembonceng motor, namun saya memilih menghindarinya dengan cara tak memberikan ijin pada anak untuk menjadi pengendara motor cilik.

Semoga para orang tua mengerti tentang resiko kecelakaan lalu lintas terhadap anaknya yang masih kecil dan belum memilik SIM.









 


 





22 comments:

  1. aduh..duh duh ...meskipun anakku udah naik motor trail, tapi hanya boleh bawa motor di lintasan
    gak boleh bawa motor di jalan, apalagi gak pake' pengaman
    banyak kok anak2 yg belum punya SIM tapi sama ortunya "dilepas" bawa motor
    emosi anak yg belum matang mempengaruhi gaya bawa motornya

    ReplyDelete
  2. Iya, untuk anak-anak namanya motocross anak atau mini trail Teh Icho.

    Kelebihannya naik motor di lintasan seperti Iyog adalah, mereka diajarin cara naik motor yang benar di lintasan. Ada tekniknya, kapan harus ganti kopling, kapan ngerem, gimana posisi tubuh melewati tikungan, gundukan dll.

    Lagipula, perlengkapan keamanannya komplit. Ada helm fullface, google, sarung tangan, pelindung kaki (lutut sampai betis), pelindung siku, sepatu boot, body protector sampai pelindung leher. Kalaupun jatuh, resiko cidera bisa dikurangi.

    Dan mereka tidak diijinkan bawa motor di jalan, baru boleh naik motor di lintasan, dengan pengaman komplit. Buat yang kelebihan energi, boleh tuh anaknya disuruh ngebut di lintasan 20x aja. Dijamin capek, makan banyak, tidur nyenyak :) Daripada anaknya ngebut main game onlen :-D

    Aduh, maap ya, kok jadi panjang serasa jurnal sendiri :-D

    ReplyDelete
  3. saya aja baru belajar naik motor setelah beberapa tahun kerja, ga kayak anak jaman sekarang, masih SD aja udah gape naik motor. antara kagum tapi juga ngeri kalau liat mereka seenaknya di jalan raya n ga pake helm.

    ReplyDelete
  4. sebentar...
    yang bikin mudah tuh siapa..?
    kalo susah laku, trus gimana nasibnya..?

    ReplyDelete
  5. Nah itu Shan, emosi anak yg belom matang itu yg sering kelihatan di jalan.
    Bagus... seneng nih aku ortu yg kayak shanti gini, anaknya seneng naik motor, di arahkan ke tempat yg bener, bukan di beliin motor trus di bebasin di jalan raya

    ReplyDelete
  6. wiittss. lengkap, makasih banyak ulasannya, semoga ibu2 yg punya anak dibawah umur tapi doyan naik motor, bisa niru Iyog nih.
    Kapan2 nulis detil ttng motorcross anak dong Shan.. eh apa udah pernah nulis dan aku kelewat ?

    ReplyDelete
  7. eh tapi aku bisa naek motor juga pas smp deh,jalan raya jaman smp aku kan masih sepi..hehehe ngeles deh.

    ReplyDelete
  8. yg bikin mudah ya yang jual, pengen cepet laku juga hehe

    ReplyDelete
  9. aku jg miris liat anak2 kecil, sepertinya masih SD udah pd ugal2an naik motor di komplek. Mending disalurin kek Iyog nya Mbak Shanti deh tuh.

    ReplyDelete
  10. kalo sampe ga ada yang beli motor...
    piye coba bu..?
    ben waelah...

    ReplyDelete
  11. jangankan di jalan raya Cho.. melintas di jalan sepi di perumahan aja udah bikin aku miris.. karena naiknya ngawur dan keliatan masih kurang stabil

    ReplyDelete
  12. pernah nulis siy, tapi belum detil ...hihi
    iya, ntar kapan2 aku tulis deh, dimana belajarnya, dimana latihannya, apa perlengkapannya dll :)

    ReplyDelete
  13. itu orangtua nekat kali Da
    sayang anaknya dng cara yg ga benar
    aku setuju dng eda dan mba shanti

    ReplyDelete
  14. setuju, kegiatan sprt Iyog lbh positif buat nyalurin bakat ngebut dr pda nyalurin di jalan raya

    ReplyDelete
  15. di mulai dr jalanan komplek rumah tuh Ci Ine, gape dikit udah berani ke jalan raya, pdhal juga masih ngawur bawanya

    ReplyDelete
  16. nah yg gitu Shan... di tunggu tulisannya. siip

    ReplyDelete
  17. Kadang ada yg gak tahan rengekan anak pengen belajar motor
    Ada juga yang bangga anaknya kecil2 bisa ngendarai motor.
    macem2 lah alasannya Eda..

    ReplyDelete
  18. sementara ini rifqi naik bom bom car aja dulu lah :p

    ReplyDelete
  19. lebioh parah lagi nih kalo bapaknya polisi hihihi

    ReplyDelete
  20. hahaha.. Seno juga lancar naek bom2 car mah :-)

    ReplyDelete