Wednesday, June 8, 2011

Apresiasi Itu Penting

Sore tadi setengah jam lebih jam kerja kami ( seluruh karyawan Head Office ) kantor saya diminta untuk kumpul di lt 4, di sebelah ruang BOD untuk sebuah acara yang belum jelas benar acara apa, judulnya katanya ada makanan gratis.
Namanya juga jam segitu, di tengah rasa kantuk dan sedikit lapar melanda, berbondong-bondonglah kami ke lt. 4.

Tunggu punya tunggu, masih bingung acara apa, sampai kemudian MC dadakan mengumumkan bahwa akan ada apresiasi kepada pemenang lomba kontes Service Advisor, Mekanik dan Partsman tingkat dealer nasional yang kali ini di menangkan oleh kantor saya.
Saya clingak clinguk mencari mana pemenangnya, tapi belum terlihat.

Tak lama kemudian... muncullah 3 orang pemenang itu sambil membawa piala dan papan simbol hadiah kemenangan menuju ruangan kerja yang di sulap jadi tempat berkumpul. Kemunculan mereka langsung di sambut tepuk tangan meriah karyawan lain. Terlihat rona terkejut dari wajah ketiganya, tak menyangka mendapat sambutan yang begitu meriah. Karena sebelumnya mereka hanya di panggil ke ruang BOD dan tak tahu ada acara dadakan ini (seperti yang diungkapkan salah seorang pemenang kontes).


Kontes macam ini sebetulnya rutin di ikuti oleh kantor saya, namun sudah sekian lama , kurang lebih 15  tahun, baru kali ini ketiga elemen dari bengkel ( SA, Mekanik,Partsman ) serempak menjadi juara pertama, biasanya hanya salah satu atau bahkan tidak memenangi kontes macam ini. Kemenangan ini menjadi sebuah prestasi yang patut di apresiasi berkat kerja sama yg baik dan kerja keras.

Ibu Owner yang selalu ceria menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus atas kerja keras mereka, dan sangat menghargainya juga kerja keras para instruktur dan pembimbing yang selama 4 bulan belakangan ini menggembleng mereka menjelang kontes.

Pemenang kontes juga tak lupa mengucapkan terima kasih atas apresiasi pihak manajemen atas kerja keras mereka, kepada rekan-rekan yang sudah meluangkan waktunya memberi selamat,kepada staf psikolog yang membantu menguatkan mental selama 3 jam untuk setiap peserta menjelang kontes.
 
-- Apresiasi memang penting di berikan kepada siapapun atas prestasi yang sudah di hasilkan, atas kebaikan yang sudah di berikan, atas apapun hal baik yang diberikan patut diberikan apresiasi.
Bukan cuma orang dewasa yanh butuh apresiasi, anak-anakpun juga butuh apresiasi, butuh pujian untuk pengembangan diri, pertumbuhan jiwa dan kepribadiannya.

Sayapun begitu, seringkali butuh apresiasi berupa komentar atas tulisan yang sudah saya posting hehehe.



24 comments:

  1. seneng bu, kerja di perusahaan yang menghargai jerih payah karyawan...

    ReplyDelete
  2. bagus tuh management terutama owner bisa menghargai hasil kerja karyawannya

    ReplyDelete
  3. senangnya bisa kerja ditempat eda
    kebalikan di tempatku srkg da
    smua pada jenuh...stagnan
    dah pada banyak yg resign :(

    ReplyDelete
  4. semoga apresiasi berikutnya buat buseno.. semangaaaaattt..

    ReplyDelete
  5. sekecil apapun bentuk apresiasi itu bisa membuat hati senang :)

    ReplyDelete
  6. prestasi teman2 Mba, patut diacungkan jempol, selamat ya

    ReplyDelete
  7. Iya.. Seneng kalo di hargai begini. gak senengnya kalo di omelin :-)

    ReplyDelete
  8. Bener Ci Ine.. simbiosis mutualisma antara kry & manajemen ya

    ReplyDelete
  9. Kalo soal stagnan dng karir, di bbrp divisi sama aja sih begitu.
    yg resign2 juga sering, tp kan banyak alasan resign, gak cuma krn stagnan di sini, bisa jadi krn peluang di luar lbh menjanjikan

    ReplyDelete
  10. Aamiiin Mbak Tintin, hmm apresiasi apa ya.
    kalo dr hal-hal kecil, bbrp kali aku dpt apresiasi sih dr bu owner
    bbrp hr lalu waktu meeting dng bbrp orng, di depan orng banyak bu owner bilang
    "saya suka deh bicara sama kamu.. "
    hal kecil yg bikin aku seneng..

    ReplyDelete
  11. Yupp. bener Nan, sprt yg aku tulis di reply-an Mbak Tintin

    ReplyDelete
  12. Trima kasih Dewi....mudah2an tahap selanjutnya menang biar bisa sampe tingkat Asia di Taiwan :-) :

    ReplyDelete
  13. saya senang baca tulisan / sharing ibuseno.
    cuma mohon maaf, kalau jarang ninggalin jejak tertulis, terutama utk tulisan2 yg di share umum :)

    ReplyDelete
  14. di kantorku barusan aja mba acara serupa diadakan....nama nya Isuzu Technical Skill Competition. sama deh lomba nya untuk SA, Partman, Group Leader n Mekanik....

    Seru aja liat mereka berlomba... sampai sampai ada yg dijulukin Catalog berjalan, secara hapal bener sama Part number.
    wkwkwkwkwk.....

    ReplyDelete
  15. Makasih sudah meng-apresiasi tulisan saya Mbak Agnes..
    tak apa.. yg penting jejaknya terlihat Mbak meski cuma ngintip saya sudah seneng koq :-)

    ReplyDelete
  16. asal seimbang sih gapapa bu
    kan dalam perhitungan gaji ada sekian persen pembayaran diomelin..

    ReplyDelete
  17. Ya. lomba2 macam ini lah, kantorku berhubung Isuzunya cabangnya cuma 1, gak tau deh kirim perwakilan atau engga.
    Yg Daihatsu sih kirim juga untuk acara kontes macam ini.
    hihi waktu kerja di kantor lama/di Pusat sering liat acara gini, iya suka salut sama katalog jalan itu.
    Dan kebetulan di IT saya yg pegang aplikasi bengkel, jd sy juga hapal beberapa part number, yg pasti di bengkel itu gak ada busi deh.. tanya aja sama orng bengkel Mbak Heni hehehe

    ReplyDelete
  18. wakakakak.. iya udah ada dlm prosentase gaji yaaaa itungan buat di omelinnya

    ReplyDelete
  19. Jadi intinya minta dikomentarin nih teh? "baguusss" *pak Tino sidin mode on*

    ReplyDelete
  20. Semoga bisa dipertahankan prestasinya.
    Kalo aku pernah dapat apresiasi tentang buku saya dari mantan Boss, tapi tahunya dari temen. Meski ga tahu secara langsung tetep ada kebanggaan tsendiri.

    ReplyDelete
  21. Hahaha, engga juga sih May, cuma komentar itu salah satu bentuk apresiasi juga
    makasih Bu Tino hihihi

    ReplyDelete
  22. Iya kaaan. seneng kan dpt apresiasi meski gak langsung, eh bener lho, aku pikir suamiku juga pelit apresiasi ttng diriku, eh ternyata di belakangku dia bangga2in aku juga lho, aku dpt crita dr temennya.. *terharu wan beneran*

    ReplyDelete