Thursday, March 4, 2010

Di tolak jabat tangan

Jabat tangan, menurut Wikipedia adalah ritual pendek di mana dua orang saling menggenggam tangan kanan (dan/atau kiri) mereka, dan seringkali diikuti oleh sentakan kecil. Umumnya jabat tangan dilakukan saat pertemuan, perpisahan, memberi selamat maupun membuat persetujuan. Tujuannya menunjukkan niat baik terhadap orang lain, yang bisa jadi awalnya menunjukkan kalau tangan yang saling berjabat tidak memegang senjata.

Saya tidak membicarakan tata cara jabat tangan ya, takutnya nanti malah berpolemik. karena adat, budaya, agama masing2 ada yang berbeda dalam pelaksanaan jabat tangan.
Tapi mayoritas jabat tangan di lakukan untuk tujuan yang baik ( seperti kata wikipedia di atas. )

Lalu bagaimana cara membalas jabatan tangan orang lain ?
Sopannya adalah membalas jabat tangannya dengan genggaman erat, ( kecuali yang punya pendapat pria dan wanita di larang jabat tangan  monggo..atau di acara kawinan .) dan kemudian di sertai dengan senyum hangat sedikit.
bahkan ada yang di lanjutkan dengan tepuk2 bahu, menggenggam tangan, tepuk tangan dan goyang2.. ( ini gaya jabat tangan ala ABG hehe.)

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana perasaan kita  kalau tangan yang kita sodorkan kepada orang lain untuk berjabat tangan tidak di terima ? Sakit hati ? malu ? kecewa ? marah ??
Kalau alasan pak SBY menolak jabat tangan karena sedang Flu mungkin bisa di maklumi, tapi kalau yg di ajak jabat tangan malah cuek, pergi begitu ( ini biasa terjadi di pertandingan2 olah raga, yang kalah sering menolak jabat tangan dari yang menang )
Saya pernah..


Saya pernah menyodorkan tangan saya untuk berjabat tangan dan di tolak, si penolak jabat tangan tidak langsung pergi meninggalkan saya ( seperti Teddy Sheringham yang menolak berjabat tangan dengan mantan penyerang tim nasional (timnas) Inggris, Andy Cole,  saat ia masuk menggantikannya, di sebuah laga internasional melawan Uruguay, 1995 silam). Si penolak jabat tangan saya tidak pergi langsung  tapi melihat ke arah saya dari atas ke bawah dan kemudian berkata, ngapain salaman sama saya ?
saya mau pamit bu, ini hari terkahir saya bekerja di perusahaan ibu
dan dia menjawab "tidak perlu salaman, saya juga tidak butuh kamu ada di sini lagi"

Penolakan jabat tangan saja buat Andi Cole sudah sangat membuatnya malu, begini katanya
 "Saya malu. Saya bingung. Dan, itulah saatnya. Sejak saat itu, saya tahu Sheringham bukan untuk saya,"

Sama seperti Andi Cole waktu itu saya juga malu , karena ketika mengajak berjabat tangan dan di tolak berada di ruang public juga di tengah2 pengunjung supermarket milik si ibu tersebut.
Di saksikan kasir2.. saya berlalu dari situ, namun saya sama sekali tidak marah atau kecewa, saya hanya malu tapi tetap dalam hati saya andai nanti saya bertemu dengan beliau saya tetap akan bersalaman kembali dengan beliau.

Dan itu terbukti ketika saya bertemu kembali dengan beliau di sebuah kantor  perumahan di Bogor sana. Ketika itu beliau baru mengantarkan anaknya mengambil kunci rumah barunya, sedangkan saya sudah menjadi pemilik rumah di perumahan tersebut lebih dahulu.
Beliau mau menerima jabat tangan saya dengan hangat dan kita ngobrol seperti biasa, lupa kalau dahulu saya pernah di tolak jabat tangannya.

Akhir bulan lalu. kejadian lagi, teman satu ruangan saya pamit dan mengajak salaman salah satu teman di ruangan saya juga dan di tolak .
Melihat kejadian itu saya teringat kembali dengan kejadian yang pernah menimpa saya, trenyuh dan kasihan saya melihat dia beberapa kali menyodorkan tangannya, ditolak bahkan di tambah kata2.. ngapain lo pake salaman2 ?
Saya tahu orang yang pamit ini memang sangat menyebalkan,saya sendiri sebel sama orang ini. tapi penolakan jabat tangan untuk orang ini membuat saya lebih sebel...
Sejahat2nya itu orang, dia sudah menunjukkan niat baik untuk bersalaman lho..



mau baca tentang arti cara jabat tangan, silahkan baca di sini
kalau mau tau keutamaan jabat tangan, baca nya di sini







39 comments:

  1. ada kebiasaan salaman di antara warga keturunan arab
    setiap ketemu selaluuuu aja salaman

    mau pergi juga salaman, tapi ini ga selalu sih

    ReplyDelete
  2. salaman itu ngurangin dosa, kayaknya pernah baca itu deh, jadi aja kebiasaan ketemu temen2 salaman, buat saya kebiasaan yang gak ada jeleknya.,

    ReplyDelete
  3. teh, kita waktu itu ga pake jabat tangan yak:D

    ReplyDelete
  4. Gw pernah tuh,...ngajak orang salaman, dianya diem aja. Refleks banget langsung gw ambil tangan kananya pake tangan kiri gw dah gw jabat aja,...trus langsung pergi hihihi,...kadang refleks gw emang bagus ;)

    ReplyDelete
  5. toss.. berhubung sodara gw juga banyak arab nih vic..eh keluarga gw juag gitu tuh
    datang salaman, pulang salaman, ketemu juga salaman

    ReplyDelete
  6. saya pernah udah nyodorin tangan tp di dicuekin dia malah salaman sm org disebelah saya...grogi deh..

    ReplyDelete
  7. yup.. setuju, ngurangin dosa yaa.. tiap hari salaman sama orang2 itu aja, ya ngurangin dosa sama orang itu kaaann..
    salaman aaaaahhh sama si babeh hehehe

    ReplyDelete
  8. nanti lagi klo nyodorin tangan ga diterima langsung aja sosor cipika cipiki.. wahahahahaha

    ReplyDelete
  9. kaga nan .. dosa lu belom berkurang hahahahah

    ReplyDelete
  10. wakakakak.. nekat bener Mel pake ngambil tangan tu orang, kalo dia narik kuat lagi jadi tarik2an dong..

    ReplyDelete
  11. wakakaka.. ini mah maunya elo Vic

    ReplyDelete
  12. yah kan sapa tau dia pengen cipika cipiki tapi jaim gtu loh... huakakakakak

    ReplyDelete
  13. idiiiihh.. ngarep banget sih loe Viv hihi

    ReplyDelete
  14. Hhhm klo aku siy sering ngalamin mba, krn sering wara wiri ke ktr pemerintahan. Seringnya ktm bpk2 atau mas2 yg mgkn meyakini bhw "ga boleh bersentuhan dgn bkn muhrim", jdnya ya gituuuu, kt udh nyodorin tangan smbl pasang senyum manis, eeeeh dianya menyambut dgn telapak tangan dipertemukan di dpn dada. It's okeeee.. cm kn jd salting aja, tuh tangan kanan yg udh disodorin mau digimanain hihiii

    ReplyDelete
  15. aku dan teamku di kantor, kalau pagi juga salam2an.. saling menyapa dan menyemangati.

    ReplyDelete
  16. hihi.. kalo itu mah di sambut juga lah jabat tangannya mesti beda versi tangan ya..
    dr pada mlengos..lumayan lah Mbak..

    ReplyDelete
  17. Oh indahnya pertemanan yang begitu ya Cik Ine.. sayangnya di sktr ku ini boro2 saling salaman.. saling sapa selamat pagi aja gak semua deeeh

    ReplyDelete
  18. klo jabat tangannya sambil bawa amplop, pasti nggak ditolak.. hihihihi...

    ReplyDelete
  19. ini juga ndak semua kog, cuma teman satu team saja, yang memang hubungannya sudah dekat. justru dengan begini, jalinan kerjasama tuh enak terus, meski kerjaan lagi bermasalah.
    Ini dulu awalnya, aku nyamperin teman2 satu persatu (tanpa salaman) sambil bilang, selamat pagi, gimana jalanan lacar/macet? sarapan apa pagi ini?
    trus pas aku kusut di suatu pagi, mereka ndak dapat sapaan, eh.. pada nyamperin diriku dan kasi salam. Jadilah ini sekarang suatu kebiasaan.

    ReplyDelete
  20. sayah mah maunya salam tempel... abis salaman bisa jajan permen di warung depan rumah

    ReplyDelete
  21. paling sebel kalu sudah jabat tangan tapi matanya melihat yang lain, sambil lalu doang jabat tangannya.. ato jabat tangannya asal nempel doang..
    pernah juga kog ditolak jabat tangan, malah melengos gitu saja sama seorang tetangga.. hanya gara2 sampah..
    sedih ya bu, kalu ditolak kaya andy cole.. ga sportif banget deh.. jadi inget johnterry juga ditolak tuh salaman sama waynebridge gara2 JT selingkuh sama mantan pacarnya WB..

    ReplyDelete
  22. kapan diriku jabat tangan dengan teh icho yaaa?

    ReplyDelete
  23. msh mending ya ditolak krn orangnya emang yg gak mau salaman krn bukan mahromnya.. naah ini? ck ck ck...

    ReplyDelete
  24. senyam senyam aja Da kl ditolak, soalnya tebal muka
    ntar dia nyesel koq gak mau terima salam sang seleb wekekee

    ReplyDelete
  25. pernah ga jabat tangan tapi menggenggamnya terlalu kenceng dan menhentaknya juga rada kenceng.....!!! biasanya org seperti ini saya tak tandain...untuk yg akan datang siap2 cengram juga...!! hehehe

    ReplyDelete
  26. hihihi.. teu nolak pisan ini mah

    ReplyDelete
  27. Ya ampuun ci Ine kebalikan banget sama aku, aku se team itu boro2 kalo pas nyampe selamat pagi atau apa.. cuek aja., pulang juga gitu ngeloyor..aku pertama kerja di sini bingung. malah kalo sama team lain baru deh nyapa basa basi selamat pagi or selamat siang

    aku tiap pulang pamit sih, datang gak selalu ngucapin selamat pagi..
    hmm.. mesti ada perubahan nih biar jadi kebiasaan yang baik

    ReplyDelete
  28. ini mah salamannya Seno dan Della tung... jangan di saingin dong ah hehehe

    ReplyDelete
  29. nah yang asal nempel doang juga sebel tuh Mbak.. tapi lumayan lah masih di waro
    dari pada di terima tapi matanya gak liatin kita

    hihi.. kalo kasus John Terry, andai daku jadi waynebridge juga akan menolak salamannya John Terry

    ReplyDelete
  30. kapan yaaaa... Ohhh bankongreang, nantikan aku di sana

    ReplyDelete
  31. Kalo ditolak karena bukan mahrom aku ngertiiiii banget dan malah suka malu hehehe

    ReplyDelete
  32. hihihi.. iya biarkan dia nyesel menolak jabat tangan ku yaa...
    gak tau dia nanti orang berebut jabat tangan sama aku

    ReplyDelete
  33. pernah mas.. ada lho yg gini, temen ku cowok biasanya genggamannya kenceng bener
    untung aku gak kalah kuat, coba kalo sama cewek yg kemayu lemah lembut gitu, pasti teriak deh..
    aku juga nandain kalo ketemu dia gak perlu salaman, cukup dadah jarak jauh hehehe

    ReplyDelete
  34. eh gua pernah jugak loh ditolak jabat tangan..waktu itu thn 2003 kalo ga salah, gua magang di sebuah kantor hukum..trus gua sebagai new comer bersama dengan tiga teman gua yah pengen kenalan dong ma senior2 partner disitu wong kita dah diijinkan magang mosok ga memperkenalkan diri...ada beberapa senior partner waktu itu lage duduk (mrk lagi ngumpul di ruang tamu), satu2 tuh gua kaseh tangan buat kenalan, sampek ada 1 senior partner yang ga gubris jabat tangan gua..najesss sakit atiii banget pun gua...(3 tmn gua jugak ditolak jabat tangannya), trus tuh senior amit2 sombongnya..doh pokoknya seumur2 gua ga bakal lupa tuh penolakan itu...dan mau tau ga orang yang nolak jabat tangan gua itu siapaaaaa.....???????? MR. ZALFRITZ SIREGAR!!!!! ameeeettt....ameeeettt!!!!

    ReplyDelete
  35. yaoloooo.... tuh senior kantor hukum belagu banget yaaaaa...
    sampe tiga2 nya di tolak jabat tangan gitu..
    kena batunya juga kan akhirnya tuh Mr. ZALFRITZ SIREGAR hahahahaha...
    ampooooonn ternyata si Om Zalf tuh yaa.. nolak tangan tapi hatinya mau huahahahahaa
    gw ledekin aaaaahhh.. gw bikin status di FB

    ReplyDelete
  36. beuuh bukan maen dah si ndit...hadoh!!! gua sampek skrg maseh sukak ngecengin dia tuh gara2 masalah itu hahhahahaha..ledekin aja, pasti dia kaget tuh koq pada bisa tau hahahahhaa

    ReplyDelete