Sunday, December 13, 2009

Kamus Bahasa Sunda untuk HP

Saya bukan urang sunda asli, sudah saya ceritakan di sini .  Itu sebabnya saya kadang tergagap-gagap kalau di ajak ngomong pake bahasa sunda secara langsung. Paling pede saya nulis dengan menggunakan bahasa sunda di chatingan atau di komen MP or komen FB. Itu aja kadang pake mikir.
Pernah pas di chatingan saya dengan teman saya yg urang sunda asli,  saya gak ngerti apa maksud pertanyaannya.. dan berhubung gengsi, saya jawab pake perkiraan, ternyata jawabannya jaka sembung alias gak nyambung.. mau lihat kamus bahasa sunda yang dikasih teman milis urang sunda versi excel gak mungkin, krn saya lagi chatingan di ebuddy pake Hp .

Untungnya saya dapat info dari Kang Panji sekarang ada aplikasi kamus bahasa sunda versi HP, jadi sekarang kapan dan di mana saja saya siap lah chating dalam bahasa sunda.

Aplikasi ini saya share di sini, siapa tahu juga berguna buat teman2 yang bukan urang sunda asli yang anaknya bersekolah di wilayah Bekasi dan Depok yang punya mata pelajaran Bahasa daerah.

Kamus Bahasa Sunda ini adalah jenis aplikasi java yang bisa diinstal pada kebanyakan ponsel. Cara mengistalnya pun mudah, tinggal mengklink download link yang di bawah  ini

DOWBLOAD KAMUS BAHASA SUNDA
pilih button download

Ada beberapa menu di aplikasi ini, ada menu untuk settingan font, spasi, background color dan sebagainya. Tapi menu yang paling sering saya pakai adalah menu find text , ketik aja kata yang akan di cari.
Bentuk screenshoot dari kamus Sunda – Indonesia. seperti ini.

Ayo, sok yang butuh aplikasi ini mangga silahkan di install...
Dengan menyebarkan aplikasi ini juga berarti kita sudah berusaha melestarikan budaya daerah khususnya Bahasa Sunda melalui teknologi paling populer saat ini ..
 




17 comments:

  1. saya juga bukan orang eropa asli :D [cenderung bogor malah xixixixi]

    ReplyDelete
  2. Pantesan namanya gabungan James dan Doel hahahaha

    ReplyDelete
  3. hahah isa aja de ah...
    *Teh theme nya keren bangeett imuuutt

    ReplyDelete
  4. Keren..seperti yg sudah dilakukan oleh SE..Siapa lagi yg melestarikan bhs sunda kalo bukan mereka?lah

    ReplyDelete
  5. ada di hape SE hehehehe el tau
    kalo aku bapak sunda asli kalo pulang ke bogor or bandung diajak ngomong saudara waaah bisa butuh penerjemah karena ngomongnya kayak kereta kelewat cepat hahahaha

    ReplyDelete
  6. se imut orangnya ya Doel.. thx :-p

    ReplyDelete
  7. SE Tipe berapa yang sudah ada Kang ? hihih malah sy pake SE gak tahu

    ReplyDelete
  8. Oh ya EL.. kau gak tahu euy.. hadooh.. kemana aja nih si akyu..
    Hahaha.. kirain Elok orang Jawa Tengah.. or Timur :-p

    ReplyDelete
  9. aseeekkk... hatur nuhun, cho...
    langsung install wae lah... :)

    ReplyDelete
  10. SE nya bujenk..tipe berapa yah bahasanya pake jawa dan sunda..

    ReplyDelete
  11. makasih yaa..bisa buat belajar nih..soale aku wong jowo tp suami urang sunda jd harus belajar nyunda nih heheh...

    ReplyDelete
  12. Kebalikan dr aku dong Mbak.. aku sunda (ngakunya), suamiku wong jowo, untung suamiku lahir dan gede di tanah pasundan.. jd malah lebih sunda dr aku dan bhs jawanya gak jago.. gak usah belajar boso jowo deh :-p

    ReplyDelete
  13. Walah... Geuningan aya kamusna? hehehe... Lumayan ngabantos lah kanggo ngalestarikeun basa sunda. :D

    ReplyDelete
  14. kang Bohay mah teu kedah nganggo kamus deui, tos luar kepala hihi

    ReplyDelete