Tuesday, December 29, 2009

10 tips untuk membuat resolusi Tahun Baru:

Menjelang akhir tahun ini sudah mulai banyak timpuk-timpukan bahkan gak ditimpuk juga ada kan yang bikin resolusi 2010.
Nana, Rita, Dizna.. semua sudah pada bikin resolusi 2010. Saya belum.. padahal tahun2 sebelumnya saya buat resolusi dan optimis kalau resolusinya saya buat akan tercapai, senang rasanya ada 2 resolusi saya tercapai di bulan-bulan pertama tahun barunya. jadi semakin semangat untuk mencapai resolusi berikutnya.
Sayangnya.. begitulah manusia ( saya khususnya ), ketika hingga menjelang akhir tahun masih banyak resolusi yang tidak tercapat, jadi akibatnya males untuk membuat resolusi tahun berikutnya... saya pikir, biarlah hidup mengalir saja, tanpa resolusi.. (padahal mualess..)

Bagaimana dengan tahun ini ? sama aja... saya juga belum buat resolusi, melihat postinagn tumpukan dan baru aja baca mengenai tips membuat resolusi tahun baru, terbersit kembali keinginan untuk membuat resolusi , meski mungkin tidak di sampaikan di MP, krn saya pemalu.
Ternyata pikiran saya salah, menurut tips yang di tulis di kompas.com, sebaiknya justru resolusi itu disampaikan ke teman-teman dan keluarga karena itu akan meningkatkan rasa takut akan gagal dan menarik dukungan .. ( ada di butir no. 6 )

Dan menurut butir no. 2. segeralah membuat resolusi, jangan tunggu sampai malam tahun baru, baru membuat resolusi.
Lihat kalender ah... ternyata tahun baru tinggal 2 hari lagi.. yuuuk bikin resolusi.. semoga masih sempat.

Ini dia 10 tips membuat resolusi tahun baru yang saya kutip dari kompas.

1) Buatlah hanya satu resolusi; peluang sukses Anda lebih besar ketika Anda menyalurkan energi untuk mengubah hanya salah satu aspek dari perilaku Anda.

2) Jangan menunggu hingga malam Tahun Baru untuk memikirkan resolusi Anda. Luangkan waktu beberapa hari sebelumnya untuk merefleksikan apa yang sesungguhnya ingin Anda raih.

3) Singkirkan resolusi sebelumnya; memutuskan untuk menengok ke belakang dan melihat resolusi terdahulu hanya akan membuat Anda frustrasi dan kecewa.

4) Jangan ikut arus dan membuat resolusi yang biasa-biasa saja. Pikirkan tentang apa yang sesungguhnya Anda inginkan dalam hidup.

5) Pecahkan tujuan utama Anda dalam serangkaian langkah pencapaian, fokus pada penciptaan langkah-langkah tujuan yang konkret, terukur, dan terjadwal.

6) Sampaikan ke teman-teman dan keluarga tentang tujuan Anda, itu akan meningkatkan rasa takut akan gagal dan menarik dukungan.

7) Secara reguler ingatkan diri akan keuntungan yang dapat diraih dari pencapaian tujuan-tujuan Anda dengan membuat daftar tentang bagaimana kehidupan akan lebih baik begitu tujuan besar Anda tercapai.

8) Berikan diri Anda hadiah kecil kapan pun Anda meraih tujuan-tujuan turunan Anda. Itu akan motivasi dan membuat Anda terus berupaya untuk maju.

9) Buatlah rencana dan kemajuan Anda menjadi konkret dengan menyimpan jurnal yang ditulis tangan, dan melengkapi kertas kerja di komputer, atau menutup papan pengingat dengan grafik maupun gambar.

10) Terimalah bahwa sewaktu-waktu kebiasaan lama akan muncul. Sikapi setiap kegagalan sebagai kemunduran sementara ketimbang menjadi alasan untuk menyerah dan pasrah.

sumber tips dari sini 


18 comments:

  1. Jadi resolusiku udah bener gak teh? Hehehe

    ReplyDelete
  2. bener aja lah Na.. bagus pisan malah, yg penting ada point2 yang akan di tuju di tahun depan.
    dan kegagalan di tahun kemarin sebagai cambukan buat lebih baik lagi

    ReplyDelete
  3. sudah bertahun tahun tidak membuat resolusi :D
    met tahun baru dan selamat membuat resolusi.

    ReplyDelete
  4. besok aku libur, mo buat resolusi dulu neh akh..
    btw, koq namanya resolusi ya Da??

    ReplyDelete
  5. Tahun ini buat dong Mbak Agnes :-p

    Met Tahun baru juga ya Mbak..

    ReplyDelete
  6. ayo bikin Eda.. hihi aku juga gak tahu kenapa di sebut Resolusi, yang aku tahu Resolusi itu tingkat kerapatan pixel pada suatu obyek gambar :-p

    ReplyDelete
  7. sama2 Bun.. copas dari kompas koq.. bukan dr saya sendiri hehee

    ReplyDelete
  8. euleeeuhh.. jadi pengen ice cream yaaa

    ReplyDelete
  9. ah resolusi.. dah lama ku ga bikin resolusi.. tfs tips-nya bu.. met taon baru ya.. semoga taon2 yang akan datang resolusinya tercapai semua harapan..

    ReplyDelete
  10. toss lagi Mbak Tintin, aku juga dah 2 tahun gak bikin resolusi..
    Met Tahun baru juga ya Mbak..smoga tahun depan lebih baik dr sekarang

    ReplyDelete
  11. Surantap kang Adi...Met Tahun baru kang..

    ReplyDelete
  12. bu, resolusi ku terbesar pingin nambah momongan , namun itu kan masalah rejeki ya?? so how??

    ReplyDelete
  13. bikin resolusi gak harus tahun baru kan teh? hehehe...

    ReplyDelete
  14. Kan menurut kata pepatah banyak anak banyak rejeki.. so gak usah takut hihi.. selamat ya Mbak.. smoga segera dapat tambahan momongan :-p

    ReplyDelete
  15. baiknya gitu ya yul.. cuma kebiasaan aja di awal2 tahun Yul ..

    ReplyDelete