Thursday, February 9, 2012

Pindah Jurusan

Suatu hari teman lama saya curhat,anaknya yang baru aja duduk di smt 2 jurusan Sistem Informasi di sebuah PTS mengeluh kepada mamanya/teman saya bahwa dia tak sanggup nerusin kuliah di sana karena mata kuliahnya kebanyakan hitungan,matematika dan susah lah. Anaknya minta berhenti dan pindah jurusan SosPol.

Sayangnya di kampus itu tak ada jurusan sospol. Jadi sianak minta pindah kampus saja. Tentu aja teman saya pusing,baru juga lega napasnya setelah bayar masuk PTS eh kok minta pindah,ya biaya lagi lah.

Teman saya serba salah,maksa anak nerusin kuliah jg bisa jadi bumerang buat dia kalau anak gak enjoy dan hasil kuliah gak baik dan bukan gak mungkin juga kena DO. Rugi juga kan?

Lalu kalau pindah kampus,apa bisa dijamin dia suka kuliah di situ dan gak minta pindah lagi? Saya jd inget Oka ponakan saya yg kuliah aja sampe 4x pindah,hasilnya S1 aja gak dapet.

Berhubung anak saya belum ada yg kuliah.jadi ketika teman saya nanya ke saya gimana baiknya,tur utin kemauan anak atau tidak? Saya rada bingung,andai saya jd ibunya karena yg pernah saya alami dulu,justru saya yg jadi anaknya.

Iya,sayapun waktu masuk smt 2 sempat galau kalo kata anak jaman sekarang mah. Gimana gak galau,pelajarannya kok susah bener. Hasil ujian smster 1 ini yg bikin galau, bayangin ipk cuma 1 koma,masuklah saya ke club mahasiswa nasakom,nasib satu koma.
semester 2 naikan dikit, pas dapat angka 2 didepannya, cuma 2 koma sekian. masih untung. Tapi jadi minder ketika saya lihat IP teman2 saya bagus-bagus, koq saya jadi bego banget ya, pdahal di SMA saya rasanya gak bego-bego amat.

Ada keinginan brenti ajalah kuliahnya, susah bener sih kuliah di sekolah komputer ini,salah saya juga dulu kuliah di sini sekedar ikut-ikutan, eh temen yang diikuti malah gak jadi masuk ke sini.

Tapi seperti kata lagunya Meggy Z, terlanjur basah ya sudah mandi sekalian, saya mandi deh akhirnya. Saya cuma terngiang-ngiang keinginan ibu saya, ibu saya pengen salah satu anaknya jadi insinyur, bukan doktorandus atau dokteranda  ( masih pada inget gak gelar2 jadul ?) . Jadi ya saya mati-matian deh sampe beneran hampit botak kepala saya dan kaki cantengan karena kebiasaan saya belajar itu jelek sekali, kalau saya pusing dan serius belajar, saya akan cabut beberapa helai rambut atau kotek-kotek kuku kaki saya pakai tangan ( jorok ih ) bukan pakai gunting kuku.

Begitulah akhirnya, saya berhasil melewati masa-masa sulit belajar, dengan kemauan keras, dengan bantuan teman-teman, calon pacar, pacar, bekas pacar , pinjam buku perpus, foto copy diktat2, pinjem komputer teman sampe listriknya di matiin ibunya dari panel depan, pura-pura njegreg turun,ah banyak lah perjuangannya sampai akhirnya di wisuda dan saya penikmat gelar terakhir Insinyur..tahun depannya sudah berganti eskompor :-)

Jadi, saya kemudian berkata ke teman saya itu, mungkin beda anak sekarang dengan masa kita kuliah dulu. Anak sekarang lebih dipermudah dngn kondisi ortunya. Dan ortu sekarang juga sedikit lebih lembek dr ortu kita dulu.
Cuma kelebihan ortu sekarang, enaknya sebetulnya bisa mempersiapkan anak lebih awal untuk mengetahui minat dan bakatnya. Lihat aja  mulai dari bayi sudah ada metode2 dari jari, dari tulisan dan lain-lain untuk melihat bakat dan minat anak.

Kemudian, ketika di SMU, gampang untuk cari info mau ke mana kuliahnya, apa aja yang diajarkan di kampus itu untuk jurusan itu, supaya gak salah pilih. Bisa tanya2 di forum almuni atau websitenya secara langsung. Lalu kenapa masih ada yang merasa salah jurusan ? Berarti infonya kurang kan ?

Sekarang mah nasi sudah menjadi bubur, kabar terbaru, anaknya teman saya keukeuh sumeukeh mau tetap keluar dan pindah kampus. Ya sudah, kalau begitu tinggal komitmennya aja yang diminta, kasih peringatan, ini terkahir kali pindah kampus, lakukan kewajibanmu sampai tuntas tas tas... dan orang tuanya, cari duit lagiiii...









53 comments:

  1. emang milih jurusannya bukan keinginan sendiri ya..?
    tapi emang masih banyak orang yang suka ikut ikutan ga mikir kemampuan sendiri...

    ReplyDelete
  2. saluut sama perjuangan Teteh, moga Seno n Della bisa meneladaninya.
    Saya juga ga suka matematika makanya kuliah pilih jur admin publik :D

    ReplyDelete
  3. hoo sistem informasi isine itung2an matematis to bu, ketoke isine pemrograman ro database thok

    ReplyDelete
  4. Wah hebats dapat 2 gelar sekligus dong Cho..wakakakakakak

    ReplyDelete
  5. aku dulu jg pernah pindah dari SMU ke STM, jd ngulang lagi dr kelas 1. Cuman gara2 kok pas kelas 1 SMU itu waktu setahun berasa lama banget, rasanya bosen.Minta pindah deh ke STM tp bukan STM umum.Awalnya gak boleh, ya iyalah masalah biaya gitu.Tp akhirnya dibolehin deh, untung aja bs masuk di STM nya.Kan seleksinya 2x.Dan untung aja, abis STM bisa masuk ke lulusan yg berhak seleksi kary bumn & lolos jd karyawan walo akhirnya stlh 6th kerja kudu resign krn kena aturan pasutri :)
    Yg penting gak rugi gak udah ngotot minta pindah hehehe

    ReplyDelete
  6. Teh Icho...saya tuh kan baru ya jadi orangtua, gak ada aturan saklek bagaimana menjadi ortu yg baik dan benar karena tiap anak yg dihadapi beda-beda. untuk anak saya niy, karena masih masa didampingi ortu, yg cocok tuh model tegas gitu, dari awal kita bikin perjanjian, dia maunya gimana, konsekwensi *bener gak tulisannya* gimana kalau gak konsisten.

    kadang anak tuh masih labil, belum tahu maunya apa, itulah tugas ortu mengarahkan.
    beda ketika anak udah mulai lulus SMA, seharusnya sudah masuk tahap dewasa. jika awalnya anak sudah menentukan untuk menekuni bidang tertentu dan difasilitasi ortu, tapi kemudian di tengah jalan melenceng dari rencana semula, seharusnya si anak sudah bisa mencari jalan keluar sendiri. ortu hanya mendukung, gak bijak rasanya mengarahkan dengan tegas seperti ketika anak masih kecil.

    kalau saya dulu, yg kepikir tuh ya seperti Teh Icho, saya sendiri yg milih sekolah, ya diterusin sampai selesai, inget bapak-ibu jungkir balik nyari biayanya :) dengan doa restu ortu, insyaAllah masa depannya juga bagus kok....

    ReplyDelete
  7. either kurang info, atau emang anaknya yg masih labil
    mungkin niat awalnya pilih jurusan tidak benar2 datang dari hati dan pertimbangan matang. ortu terlalu percaya pada anak, menyerahkan sepenuhnya pada anak tanpa memberi masukan, jadi ya begitulah. ketika anak goyah, ortunya tak bisa menguatkan, dan terpaksa ngikut maunya anak. gak masalah siy seandainya ortunya tajir, biaya gak masalah. mau pindah2 yg penting ada duitnya ...hehehehe

    ReplyDelete
  8. baru tahu Teh Icho gelarnya insinyur ....hihihi...berasa jadul, emang diwisuda tahun berapa ? :)

    ReplyDelete
  9. jadi inget kakakku pindah2 kampus sampe tiga kali akhirnya ga lulus juga..

    ReplyDelete
  10. ada kakak kelas smu yg pindah kampus sampai 3 kali...

    emang jaman sekarang ortu gak boleh memaksakan kehendak ya Bu..kasian anaknya

    #untung dulu dibebasin milih jurusan :) dan alhamdulillah lulus SPMB

    ReplyDelete
  11. Makanya dulu anak-anak saya nggak saya larang kuliah di tempat mana pun, fakultas apapun, jurusan apapun yang mereka mau. Tapi sebelumnya bikin janji, mesti diselesaikan, karena tempat yang dipilihnya bukan kemauan orang tua yang dipaksakan melainkan sukanya sendiri. Alhamdulillah mereka tekuni aja pelajaran mereka walau si bungsu yang suka ngeluh juga karena jurusan dia mahasiswanya cuma 7, terus kebanyakan kuliahnya malah digabung dengan kuliah jurusan lain wkwkwkwk.........

    Rasain sendiri, saya bilang sih gitu! Nah karena memang sudah kepalang basah dia milih itu saya turutin jadi akhirnya ditekuni juga. Alhamdulillah sih.

    ReplyDelete
  12. saya akui memang beda banget Mbak Icho, anak jaman dulu dan sekarang

    ReplyDelete
  13. hiks... jadi inget kalkulus 1-3 + deferensial... yg sekarang ga digunakan sama sekali dalam coding #tapi bener... memang harus ada kemauan dan pengorbanan (tidur jam 4 pagi, jam 7 dah harus kuliah, misalnya,... anak sekarang ada yg gitu ga ya?

    ReplyDelete
  14. teh Icho, saya rasa kalau anak kuliah sudah dewasa ya, mereka menentukan sendiri, kalau mau pindah jurusan, konsekwensinya mereka membiayai sendiri. Kecualiiiii kalau paksaan orangtua.
    Sekarang A baru mau penjurusan ipa/ips, saya sarankan berpikir serius mau kemana nantinya
    ipa/ips sama aja, yang penting serius nantinya

    ReplyDelete
  15. ada mba Agnes *salam kenal* adik saya di kedokteran, jaga malam jam 8-jam 3 dinihari, gantian tidur cuma 3,5 jam sama temennya, jam setengah 6 bangun, siap2 mandi dll
    jam 7 kuliah lagi deh, mesti duduk manis :D

    ReplyDelete
  16. Katanya sih keinginan sendiri, informasi cuma di dpt dr TU, dan kebetulan juga ortunya gak banyak info ttng jurusan ini, cuma ikuti kemauan anak

    ReplyDelete
  17. Moga2 bisa ditiru anak2 saya, tp rasanya susah ya..beda kondisinya dulu dan skrng
    Saya sih biasa2nya..suka gak suka, yg paling di suka sbtulnya sejarah..tp koq milih jurusan IPA waktu itu

    ReplyDelete
  18. Gak tahu ya SI yg sekarang isinya apa aja..lha itu sprt yg diceritakan anaknya temenku, kebanyakan hitungan math.
    waktu jamanku dulu jurusan TI ya gak melulu matematika, ada statistiknya, statistik probabilinar, aljabar linier, kalkulus 1-3, matematika 1-6 yg integral sampai cacing 3 itu.. pemrograman dan database juga ada

    ReplyDelete
  19. STM apa Dyah.. wah keren tuh, dulu aku malah pengen bukan ke SMA tapi SMT Pertanian, cuma berhubung teman2 kebanyakan pilih SMA itu.. ya ikutan yg terbanyak aja deh hehee.. maklum masih ngikut2 jaman ababil mah :-)
    jadi ketemu jodoh di kantor yaa :-)

    ReplyDelete
  20. Jiaaah..Shanti sama deh aku juga baru jadi ortu, samaan kali ya. Sepakat deh sama yg Shanti sdh lakukan, bikin kesepakatan di awal dan dengan dorongan serta info dari ortu buat anak, tp anak tetap diberi kebebasan memlih, tentu dengan alsan logis, jelas dan dpt dipertanggung jawabkan. Konsekuensinya juga harus ditanggung.

    Iya.. Shan, moga2 aja anak2 kita juga masih merasa kasihan sama ortu kalau terjadi hal sprt cerita ini, dan mereka bisa memutuskan dengan bijak, anak kuliahan sdh cukup dewasa kan mestinya

    ReplyDelete
  21. Hahaha.. iya jadul banget ya, aku wisuda mungkin shanti baru masuk kuliah ya, april 92 kalo gak salah wisudanya, belom liat ijazah hehe

    ReplyDelete
  22. Wiiih.. mantap.. ya kalo ada biaya buat pindah2 mungkin gak papa Jeng :-)

    ReplyDelete
  23. Wew, kenapa bisa sampe 3 kali, gak betah or salah jurusan juga ya zen ehhehe.
    Iyalah , anak cukup diarahkan aja, tentunya juga sesuai minat dan bakat anak.
    Wah.. aku gak lulus Sipenmaru dulu namanya, ikut lagi, lulus kemudian pas aku sdh kuliah, itu juga iseng milih jurusan perpustakaan, sempet bengong nanti jadi apa ya.. masa sih jaga perpus, pikirku gitu.. akhirnya ya tetep kuliah di tempat lama :-)

    ReplyDelete
  24. Mungkin begitulah ABG Shan, sama spt aku dulu, tanpa pengarahan ortu, krn Ortu juga gak terlalu banyak info, aku ikut temen aja, ortu juga percaya aja apa yg dipilih aku, ibuku ya itu cuma lihat hasil akhir.. nantinya jadi apa , gelarnya apa.
    Dan ini yg kita gak boleh lakukan lagi di jaman skrng, kita sbg ortu dengan pengalaman banyak, info mudah sudah saatnya tak seperti ortu kita dulu, dan jangan sampai ada kejadian sejenis

    ReplyDelete
  25. Padahal Bapaknya mampu2 aja ya Bun andai ditengah kuliah ananda minta pindah hehehe.cuma ya itu, janji dan konsekwensi sdh disepakati di depan jd mesti terus di pegang dan dilaksanakan.
    Btw jurusan apa Bun mahasiswa cuma 7 ?

    ReplyDelete
  26. Iya Dewi, jauuuuh.. anak sekarang mah serba enak lah

    ReplyDelete
  27. Hahaha iya Mbak agnes, mumet aku kalau sudah kalkulus, integral, differensial.. ampun deh, gak kebayang makanya kakakku ceu ami same S3 ambil jurusan matematika, koq gak botak ya hahaha..
    Iya.dulu jaman ujian begadang itu sampe pagi, anak sekarang begadang buat internetan :-)

    ReplyDelete
  28. Sepakat Mia, anak udah kuliah itu mestinya sudah dewasa, sudah pengalaman milih jurusan waktu di smu.
    Bagus Mia sdh mengarahkan Afra, dulu aku untuk penjurusan SMA pun tanpa arahan dari ortu, di kasih kebebasan aja mau milih jurusan apa, akhirnya konsultasi ya ke guru, teman, dan kakak, minatku sbetulnya bidang sejarah, tapi melihat nilai eksakta aku yg bagus2 mereka sarankan ke IPA, IPS mah buangan katanya hehehe dan aku ikutin aja hehehe...

    ReplyDelete
  29. hehehe la itu Bu..mungkin belum tahu yang dimaui apa..untungnya PTN semua, trakhir dia kuliah di UI

    jurusan perpustakaan di kampus mana Bu?

    ReplyDelete
  30. Wah keren ya kalo PTN semua, skrng udah lulus kan dr UI ?
    Aku dulu keterima di Perpustakaan UI

    ReplyDelete
  31. iya udah lulus dari d3 bahasa inggris UI
    kalo jurusan perpustakaan belajar apa saja Bu?

    ReplyDelete
  32. Justru krn aku gak tahu itu belajar apa aja, dan nantinya jadi apa, akhirnya gak aku ambil Zen, itu pilihan ke 2 yg aku ambil waktu ikut Sipenmaru / UMPTN.

    ReplyDelete
  33. oo gitu..jadinya sekarang Insinyur ya Bu?

    ReplyDelete
  34. haduuh semoga gak sampe kejadian kek gini deh :) waktu masuk SD aja Auliya udah macem2 maunya hihihi untung aja yg nerima cuma sukadamai 3 itu, dan untungnya dia malah enjoy juga lama2, walaupun kalo gak diawasin mulai berulah -.-

    ReplyDelete
  35. aku pernah pindah jurusan
    tapi gk menyesal alhamdulillah hehe :D

    ReplyDelete
  36. ponakan ku ada yg skrg SMK kelas 1, gara2 temennya pindah sekolah, dia pengen ikutan pindah , katanya aturan sekolah terlalu lebay...haduh anak sekarang yak.
    dan kalau pindah itu butuh uang 15jt an katanya, buat bayar SPP aja susah, masa harus nyiapin 15jt ck ck ck

    ReplyDelete
  37. mmhh kalu ortu yang punya cita2 ga kesampean, anaknya yang jadi korban.. :d

    ReplyDelete
  38. kalo maish SD mah kayaknya gak papa mi, walupun sd skrng juga mahal2, kalo bisa mah jangan pindah2.
    aku dulu di SD negri pindah bbrp kali ya krn masih murah

    ReplyDelete
  39. Kalau itu keputusan yg terbaik dan sudah dipilih ya lakoni ya Sari, alhamdulillah deh kalau gak nyesel diri sendiri maupun ortu.
    Btw pindah dari mana ke mana ?

    ReplyDelete
  40. wah wah.. smk aja udah 15 jutaan ya.. duuh
    kalo ortunya punya duit mah keun wae, tp jelek juga buat anak, jadi ngegampanging

    ReplyDelete
  41. Iya.. makanya jangan sampe deh begitu ya Mbak, biarkan anak kuliah/sekolah sesuai kemauannya, ortu mengarahkan dan mensupport aja

    ReplyDelete
  42. blom lama nonton taylor swift dan miley cyrus.. mereka sudah bakat dari kecil dan emak juga bapaknya dukung tuh kemanapun mereka demo dan audisi.. sampe pindah negara.. akhirnya sukses ya dimasa muda.. blom 20 pula..

    ReplyDelete
  43. wah.. ini ortunya udah hitung2an juga kali ya, berani dan rela berkorban demu anak

    ReplyDelete
  44. mereka malah ga sangka jadi ngetop anaknya loh.. hanya anaknya yang ngotot minta dianterin audisi ini dan itu.. malah ga suka sekolah.. sebab disekolah mereka dibully gitu..

    ReplyDelete
  45. ada tetangga dulu nih ...minatnya elektro & komputer tapi dapat jurusan Sos di SMA, waktu kuliah ga tau jurusan apa, kayaknya sesuai minatnya sih.

    ReplyDelete
  46. Oh gitu ceritanya Mbak hmm ini hoki di barengi dengan tead baja semuanya, hasilnya memuaskan ya

    ReplyDelete
  47. kyak ane... udah pindah jurusan... mau pindah jurusan lagi :(

    ReplyDelete