Wednesday, February 15, 2012

Menggoda Mbak Guardian

Ini kali pertama lho sebetulnya saya mencoba iseng begini, kepengen tahu aja apa bener seperti yang pernah dialami teman saya, kita akan mendapat perlakuan berbeda maupun pandangan yang aneh kalau kita berbeda.

Kan Hero, Guardian, Giant sejak tahun 2010 itu mulai tidak menggunakanlagi permen sebagai uang kembalian, gantinya mereka mendonasiakn uang kembalian dibawah Rp.500 untuk di sumbangkan. Biasanya kita pembeli akan ditawarkan apakah uang kembaliannya akan di donasikan ?
Saya juga biasanya ya sudah lah, 100-300 rupiah dibulatkan saja dan di hitung untuk sumbangan, maka nanti di struknya akan tertera sumbangan sebesar sekian , saya tak lagi menyimpan struk, jadi gak bisa upload contohnya di sini.

Lalu, pengalaman teman saya ketika berbelanja dan ditawarkan apakah sisa pembulatan akan disumbangkan dan teman saya menolak, dia mendapat tatapan aneh dari pengantri lainnya, dan si kasir juga langsung berubah ekspresi. Begitukah ??

kemarin malam  saya iseng, waktu beli obat di Guardian, saya melakukan hal yang sama seperti teman saya, saya menolak ketika ditawarkan apakah rp. 2300 kembalian saya , rp.300 nya akan di sumbangkan ?
Dan bener lho, si Mbak Guardian langsung pergi meninggalkan mesin kasir dan kasak-kusuk dengan temannya, kemudian dengan suara agak keras bertanya ke temannya "elo punya duit recehan 300 gak, sini pinjem dulu buat kembalian"
Dan temannya itu buka-buka dompet di depan mesin kasir, cari-cari uang receh yang tak ada, kemudian di kotak uang mesin kasirpun tak terlihat uang receh satupun.
Saya tetap menunggu..
Si Mbak kasir masih terus mencari sampai kemudian akhirnya dapat juga uang receh rp.300. Dan saya mendapat kembalian Rp.2300 pas, tapi si Mbak Guardian memberikannya tanpa senyum.
Jadi nilai senyumnya sebesar uang sumbangan hehehe.

Lagian ini saya iseng bener ya, pake coba-coba, saya nyoba karena gak ada antrian di belakang saya, kalau ada antrian di belakang saya dan terlihat si Mbak Guardian sibuk mencari uang kembali,saya juga pasti gak jadi ngetest si Mbak, kasian pengantri lainnya.

Dari kejadian itu saya cuma mikir jadinya, apa sejak ada program ini Hero, Giant atau supermarket lain yg ikut mengadakan program sumbangan uang kembalian kemudian jadi sama sekali tak lagi menyediakan uang receh, lalu konsumen dipaksa menyumbang ?
Semoga aja memang kejadian tadi karena persediaan uang recehnya kehabisan.
Dan ngomong-ngomong, eh nulis-nulis, saya search di google memang ada ya pemberian bantuan pelangan ke PMI atau ke tempat lain dari Hero, Giant dan groupnya. Pertanyaannya, adakah audit untuk penerimaan ini ?
Bagaimana pertanggung jawabannya ke pelanggan ? di umumin di koran gak ya hasil pendapatan dan pengeluaran dari sumbangan uang kembalian ini ?
Ada yang tahu ?


ah bawel nih Ibu Seno, nyumbang cuma cepek doang aja jadi ribet gini...:-)

51 comments:

  1. waw agak kaget bacanya.selama ini ga pernah mikir sejauh itu..
    tp bener jg.klo di XXI ada sumbangan ke PMI,kita dapat semacam struk/kuitansi dr PMI sebesar sumbangan tsb.koq di mereka ga ada ya? jd brtanya2.. hehe

    makasi dah ngingetin.coba jg ah..

    ReplyDelete
  2. dulu pernah nyumbang receh di hype****t, eh pas malamnya dikasih takjil, kebetulan pas bulan puasa

    ReplyDelete
  3. aku juga sering menolak kog teh, karna berpikir sama denga teh icho, akuntable gak tuh hehe...
    tapi kadang kalo lagi baik dan dibawah seratus perak, yowessss haha

    ReplyDelete
  4. oiya, menghindari kembalian receh, aku biasanya belanjanya pake debit jadi gak dimintain pembulatan...

    ReplyDelete
  5. Ada yg serius buat sumbangan dan ada juga yg bohong kepada pelanggan,Bayangkan ibunya seno kalau setiap belanja 300 perak buat sumbangan yg tak pasti di kali dengan 40 tahun, Lalu belanjanya 4x dalam seminggu sudah berapa duit kita ngasih percuma ke orang-orang itu? hahaha......Bisa ngongkos Seno buat kuliah...hihihihi......Peace....!!.

    ReplyDelete
  6. Lah ... sejuta kurang satu rupiah juga bukan sejuta

    ReplyDelete
  7. tapi kok ya sumbangan yg dipaksakan ya jatuhnya.100 200 perak kan itu tetap hak konsumen dong.Seharusnya retail ttp menyediakan uang pecahan recehan logam.
    Apalagi kan ditanya dulu, duitnya mau disumbangin apa enggak.Jd kan terserah konsumennya mau nyumbangin apa enggak :)
    Mending bayar debet kayak Mbak Ari gitu deh, aman...gak mikir uang kembalian.Susahnya klo pas mesinnya ggn, pdhl gak bawa duit cash hihihi.

    ReplyDelete
  8. hihihi....tapi emang di indonesia ini semua harus dipertanyakan ya, saking apa aja dikorupsi :)
    wong yg meng-audit aja juga gak dijamin bersih

    ReplyDelete
  9. ku sering nolak kog.. bukan cuma guardian tuh.. hypermart juga..

    ReplyDelete
  10. nah itu jalannya kaya m.arie, pake debit saja..

    ReplyDelete
  11. Hi3, aku lbh sering mengiyakan kalo byr cash :D

    ReplyDelete
  12. ntar coba juga ah... pingin liat expresi mba2nya..
    *penasaran judulnya...

    ReplyDelete
  13. hehh pengin nyoba juga ahhh ..
    kebetulan deket kantor ada guardian :)

    ReplyDelete
  14. kalau ada struk PMInya agak lebih meyakinkan ya, kan jaman sd dulu juga suka tuh jual2 kupon PMI

    ReplyDelete
  15. yakin2 sih yakin..kalo dr berita liputan sumbangan itu, cuma besarannya apa bener 100% yg dr konsumen di sumbangin segitu juga ?

    ReplyDelete
  16. apa hubungannya begitu ?? jd sumbangan kita buat beli takjil gitu hihi

    ReplyDelete
  17. aku juga kalo lagi baik dan lagi gak iseng gak mikir2 gini Mbak Arie hihi

    ReplyDelete
  18. kadang kalo di atas 50rb aku suka pake debit juga Mbak... ini cuma beli obat2 1 macem aja, pake 50rb-an hihi

    ReplyDelete
  19. Betul sekali Om Rudi, anggaplah engga semuanya tak di salurkan itu uang sumbangannya, kan masih banyak juga keuntungannya, dr beberapa gerai selama sekian tahun wiiih...
    ah jadi berburuk sangka hehehe

    ReplyDelete
  20. Hehehe.. mirip omongane ibuku nih :-)

    ReplyDelete
  21. Sebetulnya gak di paksakan ya Dyah, cuma kalo kemudian kita gak ngasih dan dpt pandangan gak ngenakin atau beneran gak ada uang recehan untuk kembalian kan kesannya jadi ya udahlah terpaksa nyumbang

    ReplyDelete
  22. Nah ituuu... semua2 yg berbau duit mencurigakan ya Shan

    ReplyDelete
  23. aku jarang ke hypermart Mbak, lalu saat penolakan gimana si mbak2nya ?

    ReplyDelete
  24. iya Mbak Tintin, aku terkadang juga pk debit untuk ngindarin itu kalo blanjaannya agak banyak, kalo dikit pake cash hehehe

    ReplyDelete
  25. hihi.. nanti critain hasil nyobanya ya Diz

    ReplyDelete
  26. yoo.. coba beli tensoplas aja pake uang 10ribuan Cy

    ReplyDelete
  27. aku aku lihat sikon aj mba, kalo habis gajian bolehlah.. itung2 nabung..kalo lg cekak..biar 300jg ditagih. hehe

    ReplyDelete
  28. hypermart kan punya recehan.. masa mereka mo kasakkusuk kalu antri?

    ReplyDelete
  29. kalu beli dikit mending di warung.. dijamin ada kembaliannya..

    ReplyDelete
  30. ini gak setiap kali koq Mbak, selain sekalian lewat, kadang ada obat2 yg tak ada di warung di kampung saya.
    Guardian & Giant Pd Betung ada di ujung jalan rumah saya :-)

    ReplyDelete
  31. baguslah kalau gak perlu kasak kusuk cari recehan :-)

    ReplyDelete
  32. sipp... nanti cari harga obat yang ga genap rupiahnya biar ada kembaliannya...
    btw di century gitu juga ga teh?

    ReplyDelete
  33. Gak tahu kalo Century.. century terdekat ada di Mall, kalo Guardian ada di ujung jalan rumahku

    ReplyDelete
  34. hihihi....reaksi manusia emang selalu "mengagumkan"
    enggak dipaksa, tapi kalau ada yg enggak bersedia langsung jadi berita
    "masa siy, uang 300rp aja diminta, enggak ikhlas banget nyumbangin"
    pdhl kan bukan masalah ikhlasnya, tapi masalah kepercayaan yg susah didapat di negeri ini
    bayangin aja 300rp kali seribu pelanggan kali 30 hari, udah berapa duit tuh yg didapat dalam sebulan
    beneran disumbangin gak ? kan itu yg jadi pertanyaan ....
    kita lebih ikhlas tiap hari nabung 300rp dan dalam sebulan langsung masuk ke kotak amal yg terpercaya :)

    ReplyDelete
  35. sebenarnya bukan krn kita pelit yaa... tp benar gak itu disumbangkan utk aman. Gak pnah dilaporkan ke publik kan ya? ;)

    ReplyDelete
  36. itu yg aku cari2 juga Mbak, laporan ke publiknya Mana ?

    ReplyDelete
  37. Aneh ya, kalo memang nggak niat dan nggak siap nyediain kembalian recehan, knapa harga barang jualannya gak dibuat pas aja, biar nggak usah ada kembalian. Harga barangnya semua dalam ribuan gitu deh.

    Lain banget sama di jepang, uang recehan masih berharga, bahkan uang kertaspun maksimal cuma senilai 10.000 yen. Harga barang biasanya nggak genap, ada 198 yen, 76 yen, 1998 yen, 10.088 yen, jd pasti butuh recehan dan penjualpun nyediain recehan :)

    ReplyDelete
  38. hubungannya gini: habis nyumbang receh, eh langsung dibalas ama Allah, dikasih takjil yang harganya 3ribuan per gelas

    ReplyDelete
  39. Yup.. setuju, kenapa gak di bulatkan harganya.. misal nominal terkecil 500 gitu ya. Tapi itulah strategi marketing, biar terkesan murah harga di kurang2i.
    Coba kita mencontoh ke Jepang ya...
    Makasih ya Mbak sudah berkomentar dan sharing kondisi di Jepang

    ReplyDelete
  40. Oh ya ya.. kalo kata Ustz Yusf Mansyur, kekuatan sedekah :-)

    ReplyDelete
  41. :) iya, bahkan senyum pun sedekah
    mbak guardiannya senyum gak?

    ReplyDelete
  42. ha..ha.ha..mantap Cho percobaan sukses.

    ReplyDelete
  43. hehehe.. dikau pernah nyoba juga kah Ed ?

    ReplyDelete
  44. oh baru tahu nih saya, gak pernah belanja di situ Mbak

    ReplyDelete
  45. Kapan2 kalo belanja ke situ pake cash kembalian recehan pasti di tawarin untuk nyumbang koq Mbak :-)

    ReplyDelete