Tuesday, August 31, 2010

Belanja Online

Beberapa kali saya bertransaksi online ( belanja dan bayar ). Jarang sekali saya merasa kecewa, biasanya saya belanja online dari MP atau dari teman milis yang benar2 sudah saya kenal.

Gak tahu kenapa kali ini saya mencoba belanja online di FB. Herannya orang ini bahkan belum jadi friend saya, saya hanya melihat teman saya di tag gambar jualannya dan saya tertarik untuk membelinya karena bentuknya saya pikir lucu.
Sebuah kaleng kerupuk jadul dengan aneka warna yang menarik.

                                                Gambar di FB penjual

Untuk memastikan besarnya kaleng kerupuk ini berkali2 saya saling berkirim msg via inbox Facebook dengan penjual, menanyakan panjang dan lebar kaleng kerupuknya, menanyakan bersat bersih kaleng dan berat makanannya.
Saya agak bingung dengan ukuran yang di berikan, 14x14x9 cm.
Jadi saya tanyakan kira2 berapa % besarnya di banding kaleng kerupuk biasa ?
sekitar 1/4 nya katanya.
Harga kaleng ketika saya order masih Rp. 40.000  ( sekarang turun jadi Rp30.000)
Harga sudah ok, isi makanan katanya Rp. 12.500 per 250 gram.

Nyatanya, saya terkejut ketika paket dengan kardus mie instan bekas tanpa sampul tiba di tangan saya. Asumsi saya ukuran 2 toples ini sebesar kardus mie instan. Jadi cukup lumayan besar.

Ternyata oh ternyata.... ini kaleng kerupuk lebih cocok untuk mainan Della, sebagai pelengkap peralatan masak2annya Della. Tingginya lebih tinggi sedikit dr HP Flexi saya.


jadi yang membuat agak berat adalah wadah dari kaleng mini ini beserta koran2 di dalamnya.
Untuk isi makanan ? berani bertaruh, isinya gak lebih dari 1 ons cemilan.

Next time sebelum belanja online saya harus buka2 lagi tips belanja online buat meyakinkan apa yang harus di lakukan.
Dan yang utama.. jangan mudah  tergiur untuk belanja online, walau bagaimana pun kepuasan akan lebih di dapatkan dengan belanja secara offline.


 
 

62 comments:

  1. masih belom bisa ngebayangin kecilnya
    hihihi, ribet juga ya kalo belanja bukan dg org yg kita kenal ya teh

    ReplyDelete
  2. bayangin aja tingginya HP kira2 May..
    Iya.. mesti yg sdh kita kenal deh, minimal sering interaksi meskipun di dunia maya

    ReplyDelete
  3. hmm... teh, belanja online di saya memuaskan koq :P

    ReplyDelete
  4. ...tapi kue saya kemaren gimana mbak?? ...ada saran atau kritik? silahkan...

    ReplyDelete
  5. oi..oi...di pasar ikan, dkt pelabuhan musium fatahillah ada tuh abang2 di pasar yang jual kalengnya kalo minat....

    ReplyDelete
  6. kaleng krupuk gini mah kl di cawang harganya paling 10-15 ribuan teh..
    iya emang imuut, ko yg jual ga kasih perbandingan besar dengan benda lain yaa...

    ReplyDelete
  7. setinggi hp teh?
    ya ampun, kecil buanget ddonk
    iya teh, jd lebih bisa percaya

    ReplyDelete
  8. Jadi ukurannya salah ato gmn Teh? Gw sih kalo so far ya kalo jualan ada yg minta detail gw kasih plus gambaran segeda apa. Prinsip gw gak mau boong asal barang laku. Kalo dia puas kan bakal beli atau rekommen toko gw ke org lain hhehe..
    Kalo kaleng ini mah buat wadah peniti, paper clip, hehehe

    ReplyDelete
  9. mengecewakan ya ...
    saya sering belanja online, sering kecewa juga ... kadang gambar tak sama dg keterangan atau barang kiriman, biasanya saya balikin (kalau tidak pas wegah bungkus2 dan ke kantor pos)
    cuma kalau pas dapat yg bagus ... senanglah, seperti kemarin dapat sepatu lumayan 50% discount.

    ReplyDelete
  10. gak pernah belanja online sih. nggak seru aja. enakan belanja beneran sekalian jalan2 ke kota. hehehe

    ReplyDelete
  11. jadi inget waktu daku tertipu belanja online....hehe, udah transfer uang, barang ga sampe2 mendadak HP ga di jawab, sms ga dibales, email ga di reply.....gubrakssss
    koq mau nulis itu lupa teruuus yaaa

    ReplyDelete
  12. udah ngintip2 koq..tp belum ada yg nyantel hihihi.. yg ukuran gede dong di tag

    ReplyDelete
  13. Enak..enak.. recommended deh kue semprongnya. Jadi inget pengen beli yg di toples.
    gara2 gagal beli toples kaleng kerupuk, tuh isinya juga kue semprong gak enak

    ReplyDelete
  14. Iya.. di situ kan banyak barang2 jadul. cuma ke pasar ikannya itu kalo gak pas jalan2 sama batmus maleeeess

    ReplyDelete
  15. waaaakkkk... hiks jauh bener ya sm yg aku beli harganya.
    Secara jarang ngayap2 nih ..
    tau deh tuh, koq gak bandingin sm benda lain gt, dan aku juga koq ya gak nanya. malah cuma nanya ukuran dan bandingin dng kaleng kerupuk asli

    ReplyDelete
  16. kok menyebalkan sekali ada seller kayak gitu... ngejatuhin nama online shopping aja nih... dikomplain aja bu... berarti kan dia boong dong tentang ukurannya..

    ReplyDelete
  17. yaitu yg di foto May.. gak keliatan ya

    ReplyDelete
  18. Gak sesuai dng yg gw bayangkan berdasarkan cerita si penjual Da..
    Yup.. betul kalo pembeli puas kan bakalan balik lagi or rekomen.
    keik gw beli ke elo laaah puas deh, barangnya aja udah berapa taun masih kepake tuh hihi.

    Iya paling buat tempat pinsil di atas meja aja deh, mana kalengnya udah bikin luka jari gw pas buka keraaas banget, masih basah cat, kepaksa di bongkar pake tang

    ReplyDelete
  19. Begitulah Mbak Agnes..kecewa kemahalan dan gak sesuai bayangan aja. Saya mo balikin juga males.
    Sama Mbak.. kalo pas dpt brng yg bagus aku juga seneng koq pake nya.
    aku pernah koq beli barang kegedean ukurannya di MP (*ngelirik nana*) dan di balikin.
    gak kecewa deh. kali ini aja pas kecewanya

    ReplyDelete
  20. Emang skdng di kampung yaaa ?? foto2 kampungnya dong di upload, jangan novel melulu hihi

    ReplyDelete
  21. wah yg ini nyesek nih...
    si babe pernah juga belanja buku sama cd apa gitu, ini mah yg jual bule orang LN
    600rb-an pake card, apes barang gak datang duit melayang..

    ReplyDelete
  22. mo komplen takutnya di balikin sm dia, krn dia sudah sebut ukuran,. tp aku menduga2 kira2 sekian cm itu seberapa besar. cuma dia memang gak pasti nyebutin perbandingan benda aja. itu yg agak mencurigakan dan bikin aku ragu2 pesen jg.

    tp aku sudah posting foto perbandingan kaleng dengan HP di wallnya si penjual.
    Supaya jelas ukuran sebenarnya itu segitu

    ReplyDelete
  23. Bnr2 kaleng kerupuk bwt mainan itu mah..trus ga protes teh? :-D

    *Saya mah mulai doyan blanja ol pas lg hamil aja, n dah bbrp kali order n transaksi dgn bbrp shop ol smuanya memuaskan (sesuai yg d pic). Tp abis lahiran mah males ah, mending jg blanja off sambil cumat *:-D

    ReplyDelete
  24. Engga..biar aja lah.. jadi pelajaran dan perenungan aja buat aku. Kenapa akhir2 ini banyak kecewa krn kebodohan dan ketidak telitianku..
    mulai dari KTP, belanja onlen..naon deui sok.

    Hihi.. iya enakan cumat kalo tempatnya asik dan ada waktu buat cumat mah neng

    ReplyDelete
  25. kecil pisann.. daripada makanan dimasukin ke situ, mendingan di masukin ke kantong kresek aza. lebih praktis. heuheu...
    penjualnya not recomended seller itumah

    **belum pernah beli online... kalo jual online mah sering :D

    ReplyDelete
  26. hihi ...
    Udahlah ditipu tapi tetep legowo.
    Bener-bener tipe pembeli idaman para bakul asongan (di FB), euy! :D

    btw, kok tumben memilih enggak protes siy, Teh?
    Pan biasanya galak ... :p

    ReplyDelete
  27. wah aku pikir sih yang jualan mustinya menjelaskan: tinggi: 14cm, lebar: 9,panjang 9 cm ya segitu...hehheheee

    ReplyDelete
  28. sayah mah belanja onlen cuma beli clodi murah ajah yang ga ada di toko biasa. lainnya mending belanja ke pasar...maklum Ibu erte euweuh gawe :-D

    ReplyDelete
  29. buyer yang baik hati bener... padahal yang salah sellernya, eh pake ga mau protes ^_^... semoga semua buyerku baik kayak ibu ya... amiiin..

    ReplyDelete
  30. hadeuuh, saya mah alhamdulillah belanja peralatan baking online jarang kecewa :D setjara males banget macet2 hari gini :P *emang dasarnya pemalas :D*

    ReplyDelete
  31. Wkwkwkwkkw,...suka dukanya belanja online emang ada aja. Tapi itu resiko,..dinikmati aja :))

    ReplyDelete
  32. duh, rasanya pasti kecewa gituh ya Teh. Kok penjualnya gak kasih ukuran n berat makanan yg bener sih.

    ReplyDelete
  33. gw dulu, maniak banget online
    setiap 2-3 kali kuciwa, akhirnya diputusin, STOP samsek heuheueuhe
    kadang gw masih suka ngiler seh liat poto2nya, cuman mmmm mending gw jalan ke mall deh, drpada entar ngomel hehehhe

    Sorry buat OS yang baik n bener, karena sedikit yg ngaco, jadi kena imbas :)

    ReplyDelete
  34. kan udah dibilang ukurannya 14x14,9cm.. itu mini2 banget, emang cocok buat mainan della.. difoto emang keren.. begitu nyata lain ya, tapi tetep imut2 kan bu..
    tapi ya itu kog bisa diisi koran juga sih? curaaaaaaaaaaaaanngggg.. ga jadi pesen ah..

    ReplyDelete
  35. walaaah...sampe segitu kecilnya? itu bukan toples kali teh..itu maenan della ...duuh nyesek banget deh kalo belanja tp ga sesuai dengan hasilnya...

    ReplyDelete
  36. weqs..emang miniatur kaleng kerupuk yg sesungguh nya (bersihin kaleng kerupuk)

    ReplyDelete
  37. gak lah, di kota besar mbak. frankfurt kan kota paling sibuk di jerman. anehnya, gak ruwet kayak jakarta. anti macet lagi. huahahahaha

    ReplyDelete
  38. iya teh.. aku jg kena nih dikadalin di FB, beli baju gak dtg2. Minta refund gak respond2.. nyebelin bgt.

    ReplyDelete
  39. betuull.. mana ini ngambil makanan dr kalengnya aja susah pisan, cuma bisa masuk 2 telunjuk aja.
    .. not recommended pisan --

    ReplyDelete
  40. Berbekal pengalaman gara2 KTP kemaren itu Vin, jadi ngerasa kasus gini mah kecil lah, gak perlu nguras emosi, masih kalah sm kasus KTP kemaren hehehe..

    * galak mah teteeeepp nanti juga timbul lagi abis lebaran *

    ReplyDelete
  41. Gak pake gitu, cuma 14x14x9 cm . mana yg tinggi mana yg lebar gak jelas. dan ketika di tanya aku juga gak mudeng hehehe..salah deh aku

    ReplyDelete
  42. Iya laaah.. saya oge jarang koq belanja onlen kalo gak barang2 langka pisan.
    eh ternyata si kaleng ada di cawang oge hihi

    ReplyDelete
  43. Amiiin.. moga2 jualannya Mbak gak banyak di protes orang hehehe

    ReplyDelete
  44. Bagus lah Mi.. kalo gitu berarti seller nyabisa di percaya.
    Aku juga beberapa kali beli sprei onlen juga.. gak kecewa, sampe udah 4x beli

    ReplyDelete
  45. hihih Bener Mel.... tp gw tetep percaya sm elo tuh, buktinya gw berkali2 order kan ??
    *hhmm..jadi pengen order lagi nih *

    ReplyDelete
  46. Entah lah Dyah... mungkin menurut dia udah bener :(

    ReplyDelete
  47. Hmm.. gw mesti nunggu 2x lagi kali ya hen ..baru stop hehehe

    ReplyDelete
  48. Tetep imut2 dan pastinya buat mainan Della aja..

    ReplyDelete
  49. Yoi Fit.. itu lbh cocok untuk mainan Della, pas koq ukurannya sama panci/langseng maenan Della hihi

    ReplyDelete
  50. Gara2 gw liat foto elo ini Doel jadi kepengen beli aslinya haahha....
    yg kaleng kerupuk elo segede apa Doel ?

    ReplyDelete
  51. Nah .. Jakarta mesti niru frankfurt tuh. Pantesan dirimu betah di sanan ya :-p

    ReplyDelete
  52. waaahh.. lebih parah dr gw, Sabar ya La.
    Kalo baju, gw juga pernah La.. kekecilan hiks. sejak itu gw gak pernah lagi beli baju onlen.

    ReplyDelete
  53. hihihi kaleng krupuk mainan tuh namanya :p tetep aja belanja onlen itu meng-asikan loh Mbak, mgkin lebih baik dengan seller yang kita kenal ato di rekomen oleh teman2. kalo yang belum kenal sama sekali aku juga rada ngeri sih belanja-nya

    ReplyDelete
  54. siiippp.. alhamdulillah sudah bisa tahan

    ReplyDelete
  55. Yup.. bener, next time tetep belkanja online, tp sellernya sudah terpercaya, minimal mutual riendnya sama aku 10 orang kalo di FB.
    Kalo di MP.. minimal dia sudah pernah mampir di postingku lebih dari 15x

    ReplyDelete
  56. Suka duka belanja OS tapi kalo dr awal udh meragukan mendingan nga usah...kadang pake feeling juga looh..

    ReplyDelete
  57. Btw kaleng krupuknya standard bener...mendingan protes aja teh..

    ReplyDelete
  58. jiaaahhh ketjil amadddd..itu mah kalo taro cemilan disitu cuma cemilan buat boongin cacing di perut doang...yo wes laen kali ati2 yak, wak...

    ReplyDelete
  59. Mo ngambil cemilannya juga susaaah..cuma masuk 2 jari gw doang.
    Wokeeeh neng, nanti mah ati2 lah

    ReplyDelete
  60. Iya..ikutin kata hati ya Rit mestinya :(

    ReplyDelete
  61. hmm emang Rit standar banget tp gw suka, cuma gak nyangka aja sekecil gitu. biar ajalah, sprtnya yg jualannya juga gak laku skrng, isi FB nya cuma game2 aja

    ReplyDelete