Saturday, April 17, 2010

Donat Gagal

Hari ini gak kemana-mana. cuma Bapa Seno yang sedang reunian dengan teman SMA nya di UC Senci. Jadi untuk mengisi waktu di rumah, saya, Della dan Teteh mencoba membuat donat.
Bahan2 seperti biasa menggunakan bahan instan dari pondan.

Sebetulnya saya sudah beberapa kali membuat donat dengan bahan instan dan hasilnya cukup memuaskan.
Tapi entah kenapa hari ini, sejak awal ngaduk adonan saya merasa agak was-was. Sepertinya adonan ini gagal karena lama di aduk, koq masih nempel di tangan.
Biasanya gak sampai nunggu 1/2 jam adonan donat sudah bisa di banting banting, kali ini sudah 1/2 jam lebih adonan masih menempel di tangan.

Pusing, apa yang salah, mungkin kebanyakan air. padahal ukuran air sudah sesuai dengan yang tertera di kardus pembungkus.
Di ingat2..ternyata telurnya yang 3 butir itu tidak saya pisahkan kuning dan putihnya, tapi saya campurkan semua telur kedalam adonan.
Mungkin ini yang menyebabkan adonan terus menempel di tangan.

Saya coba akali dengan menambahkan terigu, masih tetep begitu.
Akhirnya sudah satu jam, saya pasrah.. dari pada adonan campur keringat. saya sudahi banting membanting adonan.
Dan adonanpun saya pisahkan cuil demi cuil ( bahasa indonesia bukan ya ini ? ) sebesar sebuah donat.
Sayangnya cuilan adonan tidak bisa berbentuk bulat dan tidak bisa dilobangi.
Biariiin... yg penting udahan lah..

Setelah 1/2 jam cuilan adonan di biarkan dan di tutup kain basah, akhirnya adonan mengembang.
Kesulitan lain muncul, adonan lengket di tempatnya dan susah untuk diangkat.
Adonan yang semua mengembang saya ambil menggunakan sendok dan tentu saja akhirnya menjadi kempes kembali.

Belum putus asa.. saya gabung cuilan 2 adonan menjadi satu, langsung saya masukkan ke dalam minyak dan di bolongi langsung di dalam wajan supaya berbentuk donat.

Alhamdulillah..akhirnya jadi juga kue dengan rasa donat dan sedikit berbentuk donat ( krn tetap bolong namun lonjong)
Yang penting, donatnya kata seno tetep enaaaakkk...





32 comments:

  1. aaah paling2 seno bilang enak dibawah tekanan tuh.. hihihhiihi

    ReplyDelete
  2. hahahaha...bokissss..
    gak di bawah tekanan, tapi habis itu langsung minta traktir bakso lapangan tembak

    ReplyDelete
  3. tuh kan
    bakso pasti untuk menetralisir rasa donat gagal... wakakkak
    pisss

    ReplyDelete
  4. Seno emang cocok buat iklan makanan xixixi foto lagi dong pake bitterballen. Fotonya yg representatif

    ReplyDelete
  5. sepertinya muka seno kurang ikhlas bilang enak nya.. hihii pis mba....

    ReplyDelete
  6. Wokeeehhh... nanti aku suruh foto lagi ya, untung bitterbalennya masih ada 3 nih butir nih hihi

    ReplyDelete
  7. wkakakakak.. masa sih kurang Iklhas ?...

    ReplyDelete
  8. hihih.. kalo aku yang makan, pasti ttp doyan, apapun bentuknya...

    ReplyDelete
  9. yang penting rasa donat bukan rasa gemblong kan Va :-p

    ReplyDelete
  10. Jelek banget sih! Bukan donat itu! Uwel2an wakakaka

    ReplyDelete
  11. bentuknya unik nih Cho..he.he.he.

    ReplyDelete
  12. bukan donat gagal..tp anggep aja itu bentuk trobosan baru dalam dunia perdonatan heuueue...

    ReplyDelete
  13. wah donat unik.. gapapa bu, nanti juga berhasil.. mungkin tepungnya kali ya? sekarang lagi heboh tepung palsu kan.. bogasari merasa dirugiin tuh..

    ReplyDelete
  14. ha ha ha ha, donat lonjong kreasi baru tuh

    ReplyDelete
  15. muka seno kok under pressure gitu ya ? heuheuheu

    ReplyDelete
  16. hahahaa...ganti nama jadi Donal Uwel deh Da

    ReplyDelete
  17. afirmasi hebattt.motivator ulung hahahaha...jadi semangat bikin donat lagi deh thx neng

    ReplyDelete
  18. Tepungnya sih masih normal pake segitiga biru beli di giant. kayaknya ya itu tadi telurnya di plosin semua, termasuk putih telurnya

    ReplyDelete
  19. jadiiii siapa bilang donat itu bundar hehehe

    ReplyDelete
  20. hahahaha..masaa sih hen,pd hal rela dan tulus lho dia..

    ReplyDelete
  21. so ga harus bundar dan bolong buat disebut donat kan, yang penting ada yang doyan aja he he he he.......

    ReplyDelete
  22. dipaksa ya seno..supaya ngomong enak :) wkwkwkw

    ReplyDelete
  23. bwtuuulll yg paling bener donat ya bolong hehehe..

    ReplyDelete
  24. gak di paksa.. tp pake rayuan gombal supaya ngomong enak hahaha

    ReplyDelete
  25. huahahaha.....masih mending Da, Seno masih mau makan (walo dibawah tekanan tentunya)
    daripada donat kentangku??
    gak berbentuk samsex plus rasanya juga gak enyak... (gak mungkin aku memaksa abang yg masih toddler gitu utk memakannya kan??)

    ReplyDelete
  26. huahahaha.....masih mending Da, Seno masih mau makan (walo dibawah tekanan tentunya)
    daripada donat kentangku??
    gak berbentuk samsex plus rasanya juga gak enyak... (gak mungkin aku memaksa abang yg masih toddler gitu utk memakannya kan??)

    ReplyDelete
  27. Donat kentangku udah lumayan bagus.. udah pernah berhasil Da..
    Tetep semangat bikin donta kentang ya Eda Ros..
    kata temen2 di bawah kan bentuk gak penting yg penting rasa .
    Kalo rasa udah gak enak juga mah, Bang Ogie mending beliin yg udah jadi aja deh hhehehe

    ReplyDelete