Monday, January 26, 2009

Salah Strategi Jualan

Sebetulnya saya bukan pemain baru untuk urusan dagang men dagang lewat internet atau e-mail.  
Saya sudah memulainya ketika jualan springbed, dan jualan barang2 produk salah satu MLM
Untuk jualan springbed berhubung nominal pricenya juga relatif mahal, jadi saya selalu minta nomor pelanggan untuk membayar uang mukanya minimal 20% dari harga jual untuk penjualan produk lain selama sama aja, saya juga minta mereka mnegirimkan uang pembayarannya terlebih dahulu jika saya belum kenal dekat ( meskipun hanya kenal di dunia maya ) . Selain itu pasti saya juga minta nomor kontak dan alamat pengiriman barang ( tentu saja )
Tapi kemarin ini saya lalai, saya terlalu menaruh kepercayaan yang besar terhadap pembeli kali ini. Saya hanya tahu alamat e-mailnya saja, dan kitapun berkomunikasi hanya via e-mail.

Si Pembeli minta dikirimkan buah kaos 'pitnah'  dengan alamat pengiriman di kantornya.
Meskipun uang pembayaran belum dikirim, berhubung saya percaya ke si pembeli ( sama -sama urang sunda dan ikut milis yang sama ) maka saya langsung kirimkan barang tersebut.
Saya kirim tanggal 6 Januari melalui pos kilat yang 1 hari sampai, saya informasikan pengiriman telah dilakukan dan minta pembeli segera melakukan pembayaran. si Pembeli janji pembayaran akan dilakukan besok pagi. 
Sampai 2 hari kemudian pembayaran belum di lakukan. 
Ketika saya hubungi untuk konfirmasi pembayaran, si Pembeli mengatakan barang belum diterima. 
Selama ini pengiriman barang via pos tidak pernah bermasalah, keterlambatan biasanya disebabkan karena hari libur. Tapi kali ini setelah 1 minggu barang di kirim, si pembeli mengatakan barang belum di terima.

Hasil penelusuran di kantor pos, barang sudah di terima oleh security bernama AS.
Saya informasikan hal ini kepada pembeli, saya minta nomor kontak dibeliau tapi tidak diberikan.
Sampai di sini mulai timbul penyesalan saya yang terlanjur mempercayai beliau yang sebetulnya saya juga belum tahu, meskipun satu milis tapi gak pernah ngobrol.. dan nyeselnya pembeli ini beli dalam jumlah yang lebih dari satu.

Saya kembali kirimkan email untuk meminta Pembeli menelusuri keberadaan barang ke security tersebut.
3 hari kemudian baru saya dapat balasan bahwa barang betul sudah di terima security AS, dan di simpan di pos tapi saat ini barang tidak ada di pos.. entah di mana.
Saya bales lagi.. artinya kewajiban saya selaku penjual sudah selesai, barang sudah diterima meskipun tidak langsung di tangan pembeli, artinya pembeli sudah punya kewajiban untuk membayar.

2 hari kemudian, e-mail saya baru dibalas, dan saya diberi janji lagi dengan catatan 'meskipun saya rugi, saya tetap akan bayar besok pagi '
Lagi lagi janji tinggal janji... sampai e-mail saya yang ke 13 dan sudah hari ke 20 sejak pengiriman barang di lakukan, saya masih belum menerima pembayaran dari beliau
Bukan nominalnya yang saya masalahkan, tapi itikad baiknya yang tidak saya lihat.
Ada rasa sesal saya yang terdalam.. mengapa harus dia yang melakukan ini. 

Tapi ini benar2 jadi pelajaran buat saya.. bisnis is bisnis.. jangan kan sama teman, sama saudara aja bisnis ya tetep bisnis.. apalagi sama teman yang belum dikenal.. hati2 deh !!
Ke depannya.. saya akan saklek.. pengiriman barang hanya akan saya lakukan kalau uang pembayaran sudah saya terima , gak pandang bulu.. itu rule nya.

Sama seperti yang dilakukan pedagang2 lain ketika saya menjadi pembeli online.

 

 

 

 

 

 

 

 

70 comments:

  1. Aya wae nu kitu teh geuning nya Kang :-)

    ReplyDelete
  2. saha atuh eta teh...?? ngerakeun pisannn..!!
    sebutkeun namina teh, sugan apal... urang ontrog sakaliannn..!!
    teh... ku abi urang postingkeun ka milis urangsunda nya..!
    TUMAN...!!!

    ReplyDelete
  3. waduuuuuuuuuuuuuhhhh..bonus buat seno ilang deh bund..:-)

    ReplyDelete
  4. ntong ah.. pami di sebatkeun di milis mah ngeraken sadunya kang hehe
    Teuing apal teu nya.. siga na mah teu aktip da di milis oge.
    mung kedah hade2 ka nu sanes na..

    ReplyDelete
  5. ahhhhh ada aja ya yg keik gini teh

    ReplyDelete
  6. hahahhaaaa.. ada angpao kosong mau Sen ?

    ReplyDelete
  7. itu buktinya ada hehe... buat pelajaran Hen..
    jadi beli kasur ga ??
    kalo ke elo gw percaya banget dah !

    ReplyDelete
  8. wios ahhh... ku abi tetep de dipostingkeun... :P
    nyaan... keuheul ngadanguna oge...!!

    ReplyDelete
  9. Nu ngadangu we keuheul nya.. hehe.

    ReplyDelete
  10. Yah,..untuk menghindari kejadian yg tidak mengenakan seperti ini, memang sebetulnya harus terima cash dulu baru dikirim ;-)

    ReplyDelete
  11. Milist Urangsunda kitu??? ngerakeun pisan teh...
    Wawarkeun weh teh, ngarah teu aya nu katipu deui...

    ReplyDelete
  12. geus tuh diposting di KUSNET,
    piraku we teu ngarasa mahh...!!

    ReplyDelete
  13. Betul Mel... ini pelajaran yang sangat berharga..

    ReplyDelete
  14. jgn tuh member jadi2an teh? kan emg byk member di milis yg ga aktif alias cuma baca2 doang....

    ReplyDelete
  15. Siga na mah muhun milis eta Kang.. tapi kirang terang oge aktip keneh atau henteu na
    ke we.. antosan heula, hihi eta kukang panzi tos di wawarkeun na milis..

    ReplyDelete
  16. mba icho aku jg pernah bermasalah loh sm pengiriman barang hasil belanja online tp bedanya barang tsb udh aku bayar lunas. kesalahan ternyata ada di pihak pos yg dg sok teu memasukkan kiriman ke pos cengkareng pdhl harusnya masuk tangerang. jadilah tuh barang nyampeknya molor 10 hari sejak pengiriman. smoga masalah nya cepet selese ya mba

    ReplyDelete
  17. bukan saya 'kan ???
    makanya_seblum lunas jangan kasih barang dulu bu... i'tikad orang'kan beda2..

    ReplyDelete
  18. ya ampun.... pelajaran berharga ya teh . Smg rizkinya dapat pengganti nya teh,,

    ReplyDelete
  19. hihi.. galak euy postingan na , malah sieun abdi na

    ReplyDelete
  20. Iya yah.. member jajadian siga na hehe..
    da saya oge dapet alamat imel dan nama nya hasil referensi dari salah satu member GL
    mung hilap sahaaa eta teh.. wanoja we..

    ReplyDelete
  21. Pembeli yang gini gw demen deh .. kalo udah bayar lunas, selaku penjual aku akan habis2an kejar dan cari tu barang nyemplak di mana hehehe..

    ReplyDelete
  22. Emang urang Sunda Mas hehehe.. tadi ngakunya orang Menado.. gimana seeeh :-)
    Iya ya.. saya akan perhatikan itu skrng mah.. thx

    ReplyDelete
  23. Amiiiin.. Alhamdulillah.. rejekinya udah di ganti
    kemaren ada yg beli springbed lancar bener jual belinya
    gak minta tambahan diskon.. gak minta bonus tambahan hehehe..
    mungkin itu penggantinya Teh..

    ReplyDelete
  24. hmmm aku padahal sering gitu lho... terima pesena tapi gak ada DP untung semuanya masih bisa ke-handle mungkin nanti kalo lama2 dg org2 gak dikenal harus saklek juga

    ReplyDelete
  25. duh... ikut prihatin ya teh... kedepannya hati-hati aza.. jangan main asal kirim sebelun terima bukti transfer pembayaran..

    ReplyDelete
  26. kalo elo kan barang dianter sendiri Lit.. masih bisa di tagih pas nyampe barang.
    tapi untuk amannya ya tetep kudu DP lah..

    ReplyDelete
  27. Iya Teh.. kedepan mah moal dedeuieun yg seperti ini hehe

    ReplyDelete
  28. Iya Teh. kedepan mah moal dedeuien yang ky gini ..

    ReplyDelete
  29. eh kela2....boa2 nu dipasihan alamat na ku abi teh? anu ku abi di pm ka teh icho? ari eta mah ember aktif atuh....sok posting oge da....

    ReplyDelete
  30. Oh.. eta nu masihan neng Rini nya hehehe...
    punten ah.. hilap, Oh.. eta member aktip ?
    hiihihi.. ketebak oge..

    ReplyDelete
  31. kalo masalah uang kudu hati2 teh, apalagi hari gini, tapi sebagai penjual kadang suka gak dipercaya juga, misal aku minta dia transfer dulu baru barang di kirim, si pembeli nanya "mba, bisa dipercaya gak?", duh..serba slah jadinya he..he..

    ReplyDelete
  32. aktif atuh teh.....matakna ku abi pangbantuin ngajapri ka teh icho teh...sugan teh teu aneh2 jalmi na hiks....

    ReplyDelete
  33. Hmm.. Iya Mbak Nela, mesti hati2
    aku juga pernah di gituin sama pembeli.
    aku kasih info aja , ini nomor HP ku, ini alamat e-mail ku, ini alamat facebook ku, ini alamat rumahku, ini alamat kantorku..
    diem deh dia...
    Lha kalo pembeli dimintain nomor hape aja gak mau ngasih gimana dong..

    ReplyDelete
  34. Iya neng.. wios ah.. mugia aya gentos na we kanggo abdi :-)

    ReplyDelete
  35. uluuhh kitu nyah?? aya keneh nu jiga kitu nya?
    mugia kenging gentosna nu langkung ageung

    ReplyDelete
  36. iyeu pada nyarios sunda kitu?.. asa multily itu head office na di bandung ya bu icho?.. hehehehe. Iya bu, bisnis is bisnis. Jangan dicampur aduk, kadang ada temen yang memanfaatkan situasi.

    ReplyDelete
  37. he..he..he..sama daku juga nggak boleh kirim barang bayar belakangan ya Cho :))

    ReplyDelete
  38. duh jd merasa bersalah....tp saur a panji cenah emang org na kituw..gubrakkks.....teu nyangka abi mah :(

    ReplyDelete
  39. Mugi2 mah ngan hiji wae nu kitu teh Kang Dik2..
    Nuhun... ah pidua na. Insya Allo kenging nu langkung sae rejeki na nya kang..

    ReplyDelete
  40. Hahaha.. ini teh Multiply cabang Garut kang... itu Kepala cabangnya Kang Deny :-)
    siip.. saya coba lah Mas Abi, meskipun kalo ke temen mah kadang saya suka gak itungan..
    ambil dulu bayar nanti boleh... skrng mah mesti bener2 di pilih2... hihi

    ReplyDelete
  41. ah sama dirimu mah ambil barang ke rumah aja Om..
    bayar di litle quentien.. atau bayar traktiran di MTA ajah...

    ReplyDelete
  42. Ah.. jadi teu enak yeuh.. tadi mah moal diwawarkeun di MP da..
    kapungkur na status FB ge abu-abu pisan..
    tong gaduh asa kitu nya Neng... biasa weee.. da sami2 teu terang oge ka jalmi na kitu.
    kanggo pengalaman wae ka nu sanes na.. ulah kitu deui.. hehe..
    ( pantesan weee.. si kang nzi.. mani ambek kitu na milis hihi.. )

    ReplyDelete
  43. mudah2an we dia nya sing enggal sadar teh, isin panginten mun tos diposting di milis mah.....:p

    muhun, da apaleun siga kituw..jd we nafsu hehe

    ReplyDelete
  44. waduuuuh.... blackliiisstt... blackliiissstttt... mestinya sih diceritakan kembali ke milis laaaah.. biar tdk ada yg kena tepu lagi.
    *eh atauuu.. telpon ka kantorna menta ngobrol jeung si AS tea' pengen tau aja beneran blon dikasih ke oknum apa belom*

    ReplyDelete
  45. Muhun neg.. mudah2an eraeun.. hihi.. isin ka kumis jeceng na hehe !

    ReplyDelete
  46. nu kumisan di milis aya duaan teh....hahaha

    ReplyDelete
  47. Udah tuh.. udah dibantu Kang Panzi ngirim ke milis meskipun gak nyebut nama
    yah moga2 aja hatinya tergugah.. kita tunggu aja..
    kalo pun gak tergugah.. aku udah ikhlasin koq q...
    ikhlas tapi kok mosting ya... ini poting bukan krn gak ikhlas, cuma buat sharing pengalaman aja, supaya temen2 yang laen gak mengalami hal sprt ini .

    ReplyDelete
  48. Oh kitu hehehe.. hiji deui saha . maklum tara kopdar hahaha

    ReplyDelete
  49. owhh...nu kumisan Teh ? untung abi mah teu kumisan hehe...
    Sing saha nu kumisan ngacuung !
    Lain kali harus cash dulu sebelum dikirim teh.

    ReplyDelete
  50. susah juga bisnis online. susahnya kalau dapet customer ngga bener gitu ...

    ReplyDelete
  51. iya Teh, hari gini susah lah percaya orang.. mudah2an masalahnya cepat beres ya Teh..

    ReplyDelete
  52. Hihi.. kirain teh ikutan kumisan juga.
    Ya lah lain kali mah harus cash dulu ya Neng Iva.. :)

    ReplyDelete
  53. Jangan kapok Teh.. gak banyak koq customer yang gitu, ini mah pas apesnya aja.. selama rulenya di jalanain dengan benar Insya Allah gak terjadi hal2 yang mengkawatirkan

    ReplyDelete
  54. Amiin , iya nuhun teh , keun wae lah.. skrng mah yg penting udah bagi2 pengalaman .. semoga gak terulang lagi

    ReplyDelete
  55. Aduh sabar ya mba, emang yg namanya bisnis ya bisnis...laen kali jangan percaya ama orang gitu aja, meskipun udah kenal gitu. uang dulu baru kirim barang....
    Mungkin dipikirnya si pembeli, dia merasa ga terima barang...masa suruh bayar...sebenarnya kesalahan ada dipihak si penerima, masa terima barang tapi barangnya ga di kasih ke orangnya...sebaiknya pihak pembeli melaporkan hal tersebut keatasan/boss, karena sudah merugikan orang laen. TFS mba...

    ReplyDelete
  56. Ya, jaman susah, orang makin aneh-aneh. Apa perlu disamperin ke alamatnya si pembeli bu?

    ReplyDelete
  57. Makanya saya agak males jual beli di internet

    ReplyDelete
  58. Iya Bet.. thanks ya
    Ini memang beneran kesalahan saya.. gara2 ngerasa temen milis itu sdh seperti saudara.
    Maunya saya juga gitu.. si pembeli merasa barangnya gak di terima krn kesalahan si security yg lalai ada paket koq gak dikasih ke orangnya, malah di simpan di pos..
    kalao saya jadi pembeli itu..s aya juga akan mengadukan ke atasannya..

    Andai kantornya di Jakarta, saya samperin tu security. kawatir aja dia cuma jadi kambing hitam

    ReplyDelete
  59. Liat profile kantornya sih sprtnya bliau bukan orang susah2 amat hehehe
    Mo di samperin mahalan ongkos tiketnya ndra.. :-)

    ReplyDelete
  60. Thanks Banget Tips nya Lus..
    kalo pengiriman yang laen aku selalu sertakan..
    aneh deh untuk yg kali ini beneran ceroboh..
    udah gak nyantumin no telp. trus bukti pengiriman hilang
    untung aja masih bisa di lacak di kantor pos sebelah kantor..
    krn sdh sering ke situ , dan pegawai posnya ( Kang Ade ) jadi udah kenal
    jadi dibantu lacak juga... krn lacak via internet mesti tau no resinya.

    hmm aku coba join IOS deh.... thanks ya Lus..

    ReplyDelete
  61. iya niy... dah ngalamin dua kali... kecenderungan orang klo kita kirim barang duluan , giliran suruh bayar jadi malas. tapi palingan 1 di antara 10 siy yg begitu. anggap aja buang sial, laen kali dapat rejeki yg lebih gede. rugi di dia... duit segitu aja mau ditilep..

    ReplyDelete
  62. Wah masih ada yg yg lebihdr saya ya , untung juga dong saya cuma ngalamin pertama kali, semoga gak dua kali :-)
    TFS ya Mbak..

    ReplyDelete
  63. iya ya ?? hihi.. begitulah mama celyn ada aja orang yg berwatak begitu ya

    ReplyDelete