Wednesday, September 3, 2008

Aki-aki Pedagang & Kue Semprong

Sejak masih remaja cilik, gue paling gak tahan kalau lihat aki-aki pedagang, entah jualan apa aja suka terbit kasihan. Ditambah lagi si aki kipas2 pake topi bambunya di bawah pohon..duh dagang apapun dia pasti gue beli ( kalo pas masih ada uang tersisa di kantong)
Yang masih ke inget sampai sekarang adalah aki-aki pedagang tape ketan item dan uli tipis2 yang di bungkus daun pisang. Mulanya gue gak doyan tape ketan item ini, (sama halnya dengan peuyeum yang gue gak suka), tapi jadi doyan gara2 pernah lihat aki2 bawa pikulan trus sepertinya capeeee pisan, numpang duduk di bawah pohon jambu dekat rumah gue. iseng gue tanya 
icalan naon ieu teh ki
tape uli neng, raos, sok di cobian
 hideung kieu..alim ah
muhun tapi amis neng..
gue  tau sih sebenernya itu tape uli, basa basi aja dan gak mau nyoba di depan si aki, tapi gue beli juga untuk siapa aja nanti orang rumah yang mau. tapi saat itu  berhubung penghuni rumah sepi si tapi gak ada yang makan, iseng gue makan, eh ternyata enak lho.. itulah pertama kalinya gue makan tape uli

trus ada lagi si aki2 penjual sekoteng, ini mah bukan karena si aki kepanasan di bawah pohon, tapi kasian malem2 mestinya si aki istirahat ini mah kukurilingan, yang bikin gue tiap malam beli sekoteng si aki, karena si aki mirip sekali mukanya dengan Aki MZ ( bokapnya bokap), jadilah se rumah akhirnya jadi pelanggan si aki.
( di pikir2 itu Della skrng juga gak boleh denger suara teng teng pedagang sekoteng.. ternyata turunan juga )

Dan tadi sore, menjelang magrib di parkiran kantor sambil nunggu Bapa Seno jemput, gue lihat ada aki2 pedagang kue semprong mikul dagangannya, keliahatannya capeee pisan, mungkin si aki lagi puasa.. langsung deh gue stop si aki dan terjadilah transaksi 2 bungkus kue semprong, kalo kue semprong mah gue juga doyan hehe.. bukan cuma karena si akinya.

Ternyata sampe rumah, Bapa Seno, Seno dan Della juga doyan kue semprong.. wah kurang deh nih cuma beli 2 bungkus. Semoga besok si Aki pedagang kue semprong lewat lagi deh
atau ada yang tahu gimana caranya buat kue semprong nan tipis dan garing gitu ??




54 comments:

  1. Bu... sama banget! haha....g dan ade2 g juga paling gak tahan liat aki2 jualan...
    yang paling sering kita beli tuh aki2 tuaaa kurus kering gitu yang jualan susu kedele di seberang siloam karawaci. Duh rasanya sih gak enak pisan. Tapi saking kesiannya kalo pas sempet, lewat pasti beli..meskipun saking ga enaknya terpaksa suka gak keminum huhuhu....

    ReplyDelete
  2. bu Seno... ceritanya bagus nih... mudah2an si aki jualan semprong besok lewat di depan kantor lagi.. ajak aja org2 sekantor pada beli tuh bu Seno... biar tambah laku dagangan si aki....

    ReplyDelete
  3. nice story niy...
    aku kadang2 suka juga beli dr aki2 ato ibu2 yg dah tua...
    tapi jarang ^_^ tergantung jualannya apaan dulu

    ReplyDelete
  4. di jerman juga banyak yang merana lho, mbak. gak hanya di indonesia. aku sering juga lihat orang jerman asli (pensiunan kayaknya) yang harus ubek2 tong sampah untuk cari botol yang bisa diuangkan.
    ya, aku kasian juga. mau nolong aku sendiri ya gak kaya. aku sih cuma pikir tuk nabung agar waktu tua nanti gak semerana itu,
    tapi, kenapa ya umumnya yg masih punya rasa iba tuh umumnya orang biasa macam kita dan bukan yang milliarder?

    ReplyDelete
  5. hehehe, jadi inget emakku(almarhumah) kalau ada aki2 jualan apapun pasti dibeli. Pernah ada yang jualan kurung ayam, diborong dah 4 biji tuh ama emak. Tapi ketika ditanya buat apa beli banyak2? Jawabnya: Jang naon we lah karunya :P
    Sekali waktu ada yang jualan tangga bambu, dibeli juga. Padahal di rumah udah ada 2 hehehehe...
    Dan sifat itu menurun sama aku dan anak2ku. satu minggu sekali, ada nenek2 tukang "sosoroh" yang membawa waluh bin lejet, meski gak ada yang suka. Dena puteri bungsuku pasti paling duluan ngambil beras dan duit jajannya untuk dipake "bayar" waluh itu heheheh
    Ibu Seno...salam buat ?Dela ya!

    ReplyDelete
  6. Masih banyak saudara kita yang butuh sapaan dan perhatian, dan kita diberi kesempatan untuk berbagi.. Selamat pagi bu Seno..

    ReplyDelete
  7. Kue semprongnya emang enak ya... dulu gue sempet ragu... giliran lihat yang jual kasihan, udah tua ya aki - aki gitu...... akhirnya beli juga 2 bungkus.. sampai rumah di coba kok enak.... tapi kok tiap ke tempat yang sama lom ketemua blio lagi..:(:(

    ReplyDelete
  8. Kue semprong itu cara bikinnya kayak bikin panekuk tipis, dengan wajan khusus yg biasanya sudah ada motifnya (semacam wajan waffle tapi beda motifnya), ketika panekuk berwarna kuning matang, cepat2 dilipat / digulung sesuai bentuk yg diinginkan. Ada yg bentuk segitiga, silinder, lekuk2, dll. Melipatnya harus cepat jangan sampai si panekuk mengeras. Setelah dilipat dan dingin, jadilah semprong kriuk2. Aku ngga bisa bikinnya mbak, cuman pernah lihat ke pabrik semprong gitu caranya. :D:D

    ReplyDelete
  9. tape uli emang uennaakkk...
    kue semprong jugaaaa...
    Ceu Icho memang bageur :)

    ReplyDelete
  10. Hmm... kalo saya sebal sama seorang aki2 yg dagang pisang, berat sih dagangannya, sering numpang duduk dekat pagar rumah. Tapi dagangannya mahal (padahal pisangnya udah item2), ditawar ngga boleh2 beneran, dan yang menyebalkan adalah, aki2 itu sering pipis di got / pohon kelapa depan rumahku. Kalo orangnya baek2 dan keliatan kecapekan sih memang kadang kasihan lalu dibeli dagangannya. Tapi kalo ngga sopan kayak gitu, hmm saya sih pikir2 dulu.

    ReplyDelete
  11. iya teh.. kadang aku juga suka ga tega.. biasanya aku sering liat tukang semprong kaya gini di pom bensin patal senayan atau di pom bensin daerah menteng..

    ReplyDelete
  12. haha.. itu susu kedelai kasih si cesper aja atuh yes

    ReplyDelete
  13. Betul.. saya juga berharap sore nanti si aki lewat lagi, krn kue semprongnya sudah habis bis..
    sekalian juga promo in ke temen2.. makasih ah

    ReplyDelete
  14. Siip mbak, mudah2an aki dan nini2 jualannya lebih enak lagi..
    jadi pasti di beli deh.
    btw di KL ada aki2 jualan gak ?

    ReplyDelete
  15. sama teh .. suamiku tuh begituh banget ...
    sering beli sesuatu karna kasian sama pedagangnya ..

    ReplyDelete
  16. Oh ya.. Bukannya Pemerintah German kasih subsidi pada lansia dan orang terlantar ?
    hmm.. tapi iya juga ya, di pilem2 juga kadang ngeliat aki2 atau nini2 tua pemulung.
    Siip.. plan yang bagus mas, emang kudu nabung buat hari tua duh.. apalagi sudah punya anak makin susah aja nabung, ikut asuransi deh hehehe..
    Orang yg ky kita mudah iba krn pernah merasakan susah, kalo para milyarder mungkin gak pernah merasakan susah mas.. meskipun banyak skrng para milyarder yang sudah peduli pada nasib orang miskin.. tapi koq ya pd saat ngasih bantuan mesti di liput media..

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah.. mugi2 emak kang Deny ditampi amal ibadahna..kurungan hayam gitu loh, bukan makanan, da saya mah masih take and give.. bukan sekedar give
    Btw tukang sosoroh teh nu kumaha kang ?
    Nice story lah.. mugi2 sifat nyaah ke sesama juga dimiliki oelh generasi penerus kita kang


    ReplyDelete
  18. Selamat pagi pak Martin..
    Ayo kita berbagi, selagi ada kesempatan..

    ReplyDelete
  19. Enak koq yes kue semprongnya..
    Moga2 nanti dikau juga ketemu bapak penjual kue semprong lagi deh.. jadi sarah dan abel bisa maem kue semprong lagi deh

    ReplyDelete
  20. xixixi.. panekuk aja aku gak tahu cara bikinnya An..
    kalo wafel aku bisa deh bikinnya
    coba nanti kalau Bude Seno datang mau ta suruh nyoba bikin kue semprong deh..

    ReplyDelete
  21. tape uli manis...
    kue semprong manis..
    Teh Icho manis eh.. kang adi ganteng deh !

    ReplyDelete
  22. Sama ndra.. aku juga pernah nawar pisang tanduk ke aki2 yg lewat udah mahal trus pake ngotot dan ngomong 'kalo gak mau beli ya udah '
    ah yg gitu mah aku tinggalin juga.. ( duh.. bener kan belum ikhlas untuk berbaginya )
    Aki2 pipis hihi.. Andra liat ya si aki pipis..
    duh.. kalo sampe pipis gitu mah.. engga juga deh An

    ReplyDelete
  23. Semoga bukan aki tukang kue semprong yang sama ya.. secara jauh bener dari patal atau menteng ke daan mogot cha..

    ReplyDelete
  24. Berbahagialah punya suami seperti itu cy..

    ReplyDelete
  25. sama mbak Icho ... gue juga nggak tegaan .. dibela-belain beli dech ...
    kalau sekarang seringnya tukang wedang sekoteng, biar belum tua banget pasti sekali dua kita beli

    ReplyDelete
  26. Klo yang lewat depan rumahku suka lewat nenek2 jualan rempeyek. Klo rempeyek mah gw doyan, jadinya dia klo lewat udah otomatis aja masuk ke rumah nawarin.

    ReplyDelete
  27. iya gw tahu banget elu gak tegaan mbak kalo gw kelaperan cari cemilan jam 3.. rela kan berondong lu gw ambil hihi..
    btw tukang sekoteng kebanyakan aki2 ya.. satu2nya anak muda penjual sekoteng waktu aku SMA.. ada temenku kalau pagi sekolah , malemnya jual sekoteng.. namanya RAKIDA.. hebat deh !

    ReplyDelete
  28. Duh.. semoga bukan eyang Seno hehe.. gak deh, dulu eyang Seno suka bikin peyek juga, tapi di titip ke warung...

    ReplyDelete
  29. yang manis...
    yang maniss...
    eehh..ceu Icho mah nyaaa...manis atuh, pantes Bapa Seno kuat ka murilit nunutur Ceuceu... :D

    ReplyDelete
  30. sama, aku juga suka g tahan. jadi kadang meski g pengen juga dibeli aja da karunya. terakhir beli di aki2 yang jualan kicimpring.

    ReplyDelete
  31. Ampun dah gw ngetik acakadul gitu bahasanya hihihihi....

    ReplyDelete
  32. sanes bapa seno wae nu nunutur hihii..kenek ge sok nunutur da.. poho mayar ongkos

    ReplyDelete
  33. toss teh.. tapi kecimpring teh nu siga emping tapi manis tea sanes ??

    ReplyDelete
  34. Tenang Rin.. tanpa nulis apa apaun gw udah ngerti koq isi hati mu cieeeh

    ReplyDelete
  35. Saya juga suka kasian lihat penjual kue semprong...alhasil beli...beli....walau tidak terlalu suka

    ReplyDelete
  36. enak lho mbak kue semprong itu, cuma gak bikin kenyang aja sih..

    ReplyDelete
  37. suka sih tapi ngemilnya suka ribet sendiri deh mba..abisnya sekali kress langsung deh remahannya kemana mana :D

    ReplyDelete
  38. bukan ini mah asin berasa bummbu2. enak teh, sayang belinya waktu itu g banyak

    ReplyDelete
  39. kutaaaannn...sok lat poho kana mayar ongkossss :D
    limfeuran ceuceu...sigana teh sibuk pisan nya?
    *kenek-na milu murilit teu nya?*

    ReplyDelete
  40. betul mbak.. remahannya kemana2 kalo makan kue semprong, kudu di tatakin apa aja,..

    ReplyDelete
  41. next time beli yg banyak yah.. jangan lupa kirim ke ibu seno hehehe

    ReplyDelete
  42. Sibuk sareng lieur sami wae kang hihi.. nuju lierrrr

    ReplyDelete
  43. iya.. suka gak tega yaa.. kadang tukang kue semprong ngadem di bawah poon bringin deket rumah. Padal komplek rumah gue super sepi.. suka kasian ngeliatnya..

    ReplyDelete
  44. deket rumahmu ada phn bringin da ?? komplek golkar slipi ya ?
    iya da.. kasihan sama penjual yg masuk komplek sepi.. cape doang yaa

    ReplyDelete
  45. kadang nemu yg enak, catet ya, kadang2 ^_^
    dulu suka yakin, kl yg jualan aki2 ato nini2, pasti resepnya cespleng, g pake boonh
    tyt...suka g nemu yg gitu

    ada kok mba aki2 dan nini2 yg jualan di KL
    tinggal milih, mo beli ato ga :)

    ReplyDelete
  46. kasian juga sama nenek-nenek atau aki-aki jual sapu lidi bikinan sendiri...
    siapa yang mau beli sapu lidi yang notabene tahan banting alias awet dipakai..

    nyokap tuh sering banget beli sapu lidi. padahal di rumah udah banyak.
    sekarang 1 ranjang punya 2 sapulidi.. hehehe buat ngebutin kasur..

    kadang berguna juga buat ngejar2 cucunya yang badung.. suka loncat2 di sofa nyokap.. "cucuuuuuuuu edddaaaaaaaaaannn... gak bisa dibilangin. nanti jatuh aja, baru rasa!, hayo turuuunnnnnnnnnnnnn.."..
    --sambil nguber2 cucunya pake sapu lidi. cucu-cucunya lari ngibrit, ngumpet di lemari, ada yang kabur keluar rumah, ada yang naik ke loteng, ada juga yang tetep muter2 doang--

    ReplyDelete
  47. busenoooooo.. dia mah rumahnya diatas pohon beringin.. hihihihihi genderruwo kali ya?..
    maaf ya riffat.. cuma intermezzo.. :P
    bulan puasa loh.. harus saling memaafkan.. hehehe

    ReplyDelete
  48. iya tuh, aki penjual sapu lidi, kurungan ayam, wah lebih kasian ya dr pd aki2 tukang makanan.
    bagus deh kalau masih banyak yang empati sama mereka, gak apa 1 ranjang ada 2 sapu lidi kan bisa main pedang2an pake sapu lidi
    apalagi kalo punya cucu badung hihi.. tapi katanya kalo di sabet sapu lidi nanti anaknya bisa banyak tuh

    ReplyDelete
  49. hahahha.. kalo genderuwo secantik Ida mah banyak deh yang rela nunggu dibawah pohon beringin

    ReplyDelete
  50. salam kenal bu Seno. saya senang baca artikel yang ibu tulis. Saya juga penggemar kiu semprong. tdnya saya dr Jawa, di jawa kue semprong itu kan namanya LEDRE, eh pas pacaran Silvi ketemu sama pengusaha Kue Semprong Bangka di Jakarta..jdnya sekarang tiap hari makan kue semprong mulu. Tp kue semprong suami saya beda sama Ledre, ga krepyes, ga tipis...wangi banget n gurih..belum ada di Jakarta katanya. Alamat kami di KS Tubun 3 dalam no 2 Slipi, telp.081332486045, monggo kalo mau mampir sekalian cicipi kue semprong suami saya...salam kenal yah....

    ReplyDelete
  51. salam kenal dari Silvi mbak Seno..saya senang baca artikel mbak.Saya juga suka makan kue Semprong. Ceritanya gini, saya orang dari Jawa, Surabaya. Di Jawa Kue Semprong itu dikenal LEDRE. Nah waktu pacaran, eh ketemu sama pengusaha pembuat kue semprong...jd skrg makn kue semprong tiap hari mbak....malah sekarang ikutan jualan Kue Semprong GLORY...

    ReplyDelete
  52. Salam kenal juga Mbak Sylvi.. senangnya akhirnya berjodoh dengan pengusaha kue semprong.
    Kue Semprong tipis saya juga suka, tapi lebih suka yg bener2 mirip semprong.
    KS Tubun itu daerah petamburan yaaa..
    Kapan2 deh mampir.. buat ngerasin kue semprong glory..


    ReplyDelete
  53. wah senang rasanya bisa ngobrol sama mbak Seno...iya, didaerah KS Tubun petamburan tepatnya di belakang asrama brimob n gegana. Silvi tunggu lho mbak, gpp buat mbak seno testernya gratis wes...yah skalian silahturahmi gitu...serius lebaran idul fitri kemaren kuenya rame. oh ya ada sdikit crita nih mbak, ternyata anak kecil juga demen makan kue semprong. Tetangga sata ada anak kecil umur 2 tahun, dia suka ngintip kalo kita lagi bakar kue, yah namanya bocah yah kita kasih kue lah yah...eh besoknya dia suka ngintip2 terus.hahaha...oke deh salam sukses buat mbak Seno...

    ReplyDelete
  54. Siiippp.. nanti kalo pas ke sana mamipr, pasti tak cobain kue sepmprongnya nya
    hehehehe.. anak kecil itu ada2 aja yaa... doyan ngintip demi kue semprong

    ReplyDelete