Wednesday, June 11, 2008

Be Positive.. Can I ?

Minggu – minggu ini gue  sering sekali lebih berpikir negative dan ketakutan.  ketakutan kehilangan pekerjaan, takut kehilangan suami, takut saudara yang sakit meninggal, takut anak gak naik kelas atau nilainya jelek, takut gagal menjadi ibu, takut gagal menjadi istri dan beberapa ketakutan lain tiba-tiba muncul dalam diri gue  takut kematian menjelang sementara amal belum banyak,susah tidur dan sering terbangun tengah malam karena mimpi buruk. Efeknya .. tindakan dan perkataan yang keluar dari mulut bahkan dari gaya tulisan di sms maupun di e-mail ( bahkan mungkin di MP ini ) juga menjadi jauh dari positif.


semua gak ada yang beres. Pekerjaan di kantor gak beres, 5 outstanding job masih nongkrong di review bulan ini. Hasil ulangan Seno tidak begitu menggembirakan, Bapa Seno merasa gue terlalu protect, Ibunda ngeluh.. koq Icho jarang nelpon ibu..., si Teteh di rumah jadi gak berani ngobrol karena si ibu jadi jarang senyum.


 


Cape.. cape rasanya dengan kondisi seperti itu...ini harus segera di akhiri, gue harus dan harus belajar kembali menjadi orang yang selalu berpikir positif, gue gak mau terlalu sering berandai-andai.



Sebenernya sindiran kenegatif-an gue bukan datang dari keluarga aja, setiap hari gue dapat e-mail renungan harian dari satu milis, hampir semua topiknya serasa nyindir gue. Masih untung gue ke sindir artinya hati gue bukan terbuat dari batu. Sehingga menyadarkan gue untuk berserah dan berpasrah pada Nya.



 


Malam tadi.. semua saya pasrahkan kepadaMu ya Allah.. mohon ampun, betapa minggu2 terakhir ini saya lupa bahwa hidup kita ini sudah ada yang mengatur segalanya. Yang Maha Pencipta sesungguhnya telah mempunyai aturan dan rencana untuk hidup kita di dunia ini. Jadi mengapa kita selalu berfikiran negatif kepada sang pencipta. Saya tidak punya hak untuk memikirkan apa yang akan terjadi hari nanti atau esok, saya hanya boleh mempersiapkan segalanya ke arah nanti.. maafkan saya ya Tuhan.



 


Andre wongso bener sekali dalam tulisannya :


Kita tidak akan bisa maju dan sukses apabila setiap rintangan dan tantangan selalu ditanggapi dengan sikap dan berpikiran negatif. Berubahlah mulai dari sekarang untuk selalu bersikap dan berpikiran positif untuk setiap hal yang terjadi. Latih pikiran kita untuk tetap berpikir positif. Apabila pikiran negatif kita muncul, segera sadari dan pertama-tama katakan kepada diri kita sendiri untuk berpikir positif, selanjutnya arahkan pikiran kita ke arah yang lebih positif. Selalu untuk bersikap dan berpikir positif walau untuk hal-hal yang kecil. Dengan sikap dan berpikir positif, maka secara tidak langsung kita telah mengurangi stress dan beban pikiran kita sendiri.



 


Bantu aku untuk selalu berpikir dan bertindak positif teman !!


 


 


65 comments:

  1. Teh... beberapa dari contoh yang disebutkan teteh, sayapun mengalami.
    Setelah merenung dikit (*), saya sadar bahwa ketakutan itu tak pernah ada ketika saya belum punya apa-apa... hidup begitu berwarna ketika kita tidak punya sesuatu yang kita takutkan hilangnya. Dan hidup begitu nyaman, ketika kita pasrahkan semuanya kepada Yang Mengatur.

    ReplyDelete
  2. mba icho.. aku berasa kesindir juga nih.. hehehehehe
    kalo aku sih, seringkali mengalami kejadian yg negatif kalo di otakku ke-set pikiran negatif.. sepanjang hari apeeeees terus.. tapi begitu aku berusaha menarik napas, membuka lebar2 dan lapang2 ruang di dadaku, dan memasukkan sugesti positif, alhamdulillah satu per satu kebaikan datang mendekat loh...

    worth to try mbak..
    baik-buruk sebuah keadaan, sebenernya kan seringnya datang dari pikiran kita ajah...

    ReplyDelete
  3. So... jadi bkn saya aja yang gini ya Kang.. masih manusiawi kah ?
    thanks atas sharing pengalamannya kang

    ReplyDelete
  4. sipp.. iya mbak wanda.. ayo saling bantu

    ReplyDelete
  5. Yup Mbak..
    takut sprt Mbak A.. yg dulu rame di ributin itu ya

    ReplyDelete
  6. Thanks tipsnya Mbak.. I try it !

    ReplyDelete
  7. inget aku pernah nulis ttg berpikir positif gak mbak?
    kadang2 kita memang lebih mudah terprovokasi utk berpikir negatif..
    pdhal dg berpikir positif..hidup ini akan lebih indah..

    ReplyDelete
  8. Gw pernah jg begini...:(:( tapi sekarang gue sih yakin aja ama diri gw selama yang dilakukan itu dengan niat baik, jadi be positif aja karena apa yang kita pikirkan akan berimbas ke hidup kita beberapa th kedepan. :):) TFS

    ReplyDelete
  9. mau, ibuseno..
    i juga mo belajar untuk membiasakan diri berpikir positif terhadap semua hal..
    karena, kadang tanpa disengaja, seperti suggesti aja, apa yang kita pikirkan, ternyata kejadian, kita berpikir negatif, kejadian seperti yang kita pikirkan, kita berpikiran positif, terjadi seperti yang kita pikirkan...
    Satu hal yang pasti, seperti kita semua tahu, DIA tidak pernah meninggalkan kita sampai akhir jaman ditiap masalah / kegembiraan yang kita alami.. DIA - Yang Punya Hidup , tau .. sampai dimana batas dari keterbatasan kita...dan DIA juga, akan siap selalu setiap saat untuk membantu kita, saat kita minta, walaupun tidak kita minta..
    Yukk.. sama-sama belajar ya Bu..

    ReplyDelete
  10. Iya may.. tulisan2 berpikir positif sampe di kumpulin nih..
    di satu folder..krn pengen hidup lebih indah..

    ReplyDelete
  11. itu dia yes.. kemaren tuh niat baik hampir hilang dari diri gue..
    tfs juga ya yes

    ReplyDelete
  12. Jadi inget tadi pagi ada ceramah di TVRI, kata kiai nya "apa yang mau dikerjakan, kerjakan saja, jgn dipikirkan jeleknya. Contohnya kita pengen tidur, tapi takut ga bisa tidur. Akhirnya malah beneran ga bisa tidur" kurang lebih begitu. Mungkin Teh Icho harus agak lebih santaii dalam hidup.. *halah sok menggurui* peace ah... :)

    ReplyDelete
  13. bener banget.. apa yg di pikirkan, apa yang akan di dapat
    sama aja siapa yang menabur dia akan menuai..
    TFS juga ya mas..

    ReplyDelete
  14. Iya teh Ipad.. brasa sekali akhir2 ini kurang santai hidupnya
    loba teuing so' serius na hahaha..
    siga na mah kedah cuti heula yeuh !!

    ReplyDelete
  15. Indonesiaaaaa.. bisaaa !!!
    ( kata pak SBY.. )
    Ichoooo... bisaaa..
    (kata uci.. )

    ReplyDelete
  16. Semangat Ibu Seno......
    Iya bu, lebih mendekatkan diri ke Tuhan, dan serahkan semuanya ke Tuhan... pasti lebih lega... :-)

    ReplyDelete
  17. ayoo mba Icho .... tetap semangat ... untuk selalu berpikiran positif
    (sambil terus juga menyemangati diri sendiri)

    ReplyDelete
  18. sama bu....saya sering banget begini

    bantuin saya juga yaa

    ReplyDelete
  19. thanks bu..
    maaf , rada-rada gaptek nih.. TFS tuh apa ya ?
    gedubrak saya ini.. he he he he.. *** muka jadi merah merona.. upss... kayak tomat ***

    ReplyDelete
  20. gimanapun pasti ada saat kita memiliki pikiran negatif dan serba takut. namanya manusia, ya wajarlah. asal jangan sampai berlarut2 dan mempengaruhi segala aktivitas. yuk ah.. kita semangat dan kembali berpikir positif *menguatkan diri sendiri juga nih hehe*

    ReplyDelete
  21. Oh kirone hamil... hahaha...yuk mbak bareng2 positive thinking.. sambil ngemil tentunya.. Krauk!!

    ReplyDelete
  22. Tawakal mbayuuu.... usaha keras... setelahnya... pasrahkan sajah toh...

    ReplyDelete
  23. Amiiin.. betul mbak, semoga tidak khilaf dan terus bersyukur dengan yang sudah di dapat

    ReplyDelete
  24. Nuhun teh.. ayo saling mengingatkan dan menguatkan

    ReplyDelete
  25. masa sih Rit.. ??
    saling bantu aja ya..

    ReplyDelete
  26. TFS = Thanks For Sharing Vee..
    hehe.. gak gedubrak lagi kan..

    ReplyDelete
  27. jadi.. tahap saya masih wajar ya Teh.. belom sampe parah kaan
    untung segera sadar teh..
    Yuuuukkk..

    ReplyDelete
  28. itu namanya manusia Mbak......kalau udah tidak punay rasa takut, itu yang bahaya....tapi yah berpikiran negative juga tidak baik...intinya sih berusaha, berdoa dan ikhlas.....

    ReplyDelete
  29. week.. ojo ndra.. 2 anak cukup, laki laki perempuan sama saja ( hihi. BKKBN banget deh !)
    yuuukk... gak ikutan ngemil ah.. mo makan berat aja.

    ReplyDelete
  30. inggih mbak... matur nuwun sanget saran ne..
    skrng lg di coba ikhlas.. tawakal..
    semoga ada berkahnya segera terasa

    ReplyDelete
  31. Dulu aku cuma takut sama Tuhan dan Ibuku mbak..
    skrng jadi takutnya banyaaaakk...
    tul !!.. jangan lupa doa ya ..

    ReplyDelete
  32. Kalau ama Bapak tidak takut yah Mbak?

    ReplyDelete
  33. Engga.. gak takut sama sekali..
    krn Bapaku dah meninggal sejak aku kecil hehe

    ReplyDelete
  34. Positip hamil lagi Cho ?hi..hi..hi.hidup memang harus bersemangat, dikau kena anxietas tuh :))

    ReplyDelete
  35. hwehwehwhe ibuk seno ini loh....masa pikirane negatif....hihihiihihih btw tetep maju ya buk...be positif thinking

    ReplyDelete
  36. waduh....
    ambil buku ... yang besar... nutupin nih muka...
    upss... jadi pemalu nih, awalnya emang orang nya pemalu , bu... malu-maluin tapinya, kadang juga malu-malu kucing, malunya hilang, tinggal kucingnya..
    hee hee hee...
    sami2....

    ReplyDelete
  37. antxietas apa tuh om ??
    obatnya apa dong...

    ReplyDelete
  38. iya nih mas.. mending baca buku n bikin resensinya ya mas..
    dr pada mikir negatip terus

    ReplyDelete
  39. oceeeh.. sama2 saling koreksi yaa

    ReplyDelete
  40. hihi.. yg penting bukan kucing garong

    ReplyDelete
  41. Apalagi kucing goreng, bu...
    ya nda lah...

    ReplyDelete
  42. Thanks Mbak Patty sayaaaaang...

    ReplyDelete
  43. duh...(sambil garuk2 kepala) aku juga lagi gitu juga nih mbak

    ReplyDelete
  44. nyungsep nolong nggak Cho ?..ha..ha..ha..kalo nggak kudu minta obat stress sama dukun langganan dikau :))

    ReplyDelete
  45. masa sih Yul..
    semangat n positif bareng yuukk...

    ReplyDelete
  46. hahaha.. dukun satu ini semburannya emang luar biasa..
    masa sih daku di suruh nyungsep mulu
    tapi emang sedikit nolong sih..

    ReplyDelete
  47. Kaya nya lagi demam kuatir ya.....
    Temen2 juga pada curhat ama daku.......ttg kuatir ama stres
    Selain positif kayanya harus dicari sebabnya deh Cho baru dideal......

    ReplyDelete
  48. sebabnya sudah ditemuin chien..
    tapi itulah, semoga dengan curhat,dengan crita2 di MP bisa saling menguatkan dan saling mengingatkan supaya gak stress...dan tetep positif

    ReplyDelete
  49. Syukur deh kalo sebabnya udah ditemuin sih .
    Tinggal dealnya ya...
    setuju kudu saling ingetin kadang kita udah tau cuma suka lupa lakuinnya he......he..

    ReplyDelete
  50. ke khawatiran seorang Ibu.. semoga smua teratasi ya bu.. saling menguatkan!! hehe keren ya tagline nya.. Indonesia Bisa!! (biar mirip SBY)

    ReplyDelete
  51. Ya itulah Kar.. maka dari itu jangan lupakan ibumu yang sempat mengkhawatirkanmu.
    iya nih taglinenya SBY banget yaaa

    ReplyDelete
  52. Oops! mba A sapa ya? ga mudeng nih.....Sorry

    ReplyDelete
  53. Mbak A itu lho yg kasusnya sempat heboh di koran indonesia krn ketakutan yg luar biasa atas masa depan anaknya.. duh.!!.. semoga peristiwa itu gak terjadi lagi.

    ReplyDelete