Saturday, August 18, 2012

Ketupat Lebaran Minimalis

Dua tahun berturut-turut kemarin itu tiap lebaran saya selalu pesen ketupat dan teman-temannya ke Mbah Slamet, tetangga yang kontrak di depan rumah itu, banyak yang pesen ke beliau selain saya, lumayanlah saya gak perlu bersusah-susah masak, tinggal nunggu sore di hari terakhir puasa, ketupat, sayur dan lauknya sudah diantar Mbah Slamet ke rumah, meskipun pernah terjadi tragedi ketupat lebaran yang tempat sayurnya pecah itu, tidak membuat saya kapok terus pesen setiap labarannya, iya lah..dr pada saya cape dan gak bisa bikinnya.

Tapi lebaran kali ini Mbah slamet sudah pindah kontrakan,bingung saya mau pesen ketupat ke mana, apalagi Della keukeuh minta bikin ketupat, tanya tetangga yg lain pesen di mana, di tunjukin juga rumah Mbak Yuli yang terima pesanan ketupat dan lauknya, ternyata H-1 Lebaran pemesanan ketupat sudah di tutup. Akhirnya pagi tadi saya ke pasar, beli kulit ketupat cuma 10 biji, sekedar memenuhi keinginan Della aja deh.

Sudah kepikiran sih, bikin yang simple aja, semua serba minimalis, bikin ketupat cuma 10 biji, masaknya pakai rice cooker .


Jadi selama masak ketupat  bisa ditinggal  ngepel, nyetrika dan sebagainya, tinggal suruh Della aja lihat-lihat airnya, kalau sudah berkurang di tambahin lagi. Lumayan juga jam 2 siang ketupatnya sudah matang.


Sekarang tinggal sayurnya, yang gampang ajalah, bikin opor ayam, bumbunya apa ? entahlan, saya bilang ke tukang sayur beli bumbu opor untuk 1 ekor ayam, lalu dibungkuskan deh sama si  masnya, isinya apa ? ada kunyit dan bawangnya lah. Santannya pakai kara aja sebungkus.

Jadilah akhirnya semua serba minimalis,  yang pentiing malam takbiran bisa makan ketupat made in sendiri,


Kalau mau makan ketupat lengkap dengan sayur ketupat, sambal goreng ati,rendang dan lainnya, besok ajalah di rumah wak oma di Tigaraksa. tahan dulu air liurnya.


17 comments:

  1. beda ya, kalo di Malang bikin ketupatnya seminggu setelah lebaran.

    ReplyDelete
  2. Hehehe, sama deeeh, beli ayam 2 ekor, pakai bumbu instant indofood, tinggal cemplung aer, jadi deh. Kagak pake ketupat, nasi stgh mateng masukin pastik trus direbus, jadi deh lontong :))) yang penting semangatna!!! Semangat makannnn

    ReplyDelete
  3. wah udah pinter nih ngajarin della bikin ketupat pake ricecooker dan opor kara..

    ReplyDelete
  4. semalam daku diantarin psien, ketupat lengkap dengan ayam goreng kunyit telor rendang plus daging dan kuah kentang plus petai, tadi pagi sudah ludes semua buat makan pagi..hi.hi.hi..

    ReplyDelete
  5. Kirim donkkkk Da
    Aku ga dapat kiriman sama sekali hikhikkhik...
    Habis, semua tetanggaku pulang, blas 1 pun ga ada

    ReplyDelete
  6. Eh lupa, selamat idul fitri ya edaku
    #hug#

    ReplyDelete
  7. Bikin ketupat pake rice cooker gitu brp jam Teh?Maaf lahir batin ya :)

    ReplyDelete
  8. Oh iya ya Wan, pernah denger crita Ihwan yg gini deh, apa deh nama tradisinya wan ?

    ReplyDelete
  9. Hayyyaa.. lebih parah dari gw ini, pake lonting plastik. pdhal gw paling gak doyan lho mel lontong plastik
    tp gpp kalo anak2 smangat makannya :-)

    ReplyDelete
  10. Iya Mbak Tintin.. tahun depan sepertinya akan bikin sprt ini lagi aja biar simple, Della ikut masuk2in beras ke kulit ketupatnya juga lho

    ReplyDelete
  11. Maaf lahir bathin juga Mbak Tintin

    ReplyDelete
  12. waah.. mantap Ed, ini baru dari satu pasien, coba dari 10 pasien mayan tuh hahaha..

    ReplyDelete
  13. cuma 10 biji bikinnya Eda.. dan skrng sudah habis.. :(

    ReplyDelete
  14. antara 4-5 jam gitu dyah..
    maaf lahir batin juga ya..

    ReplyDelete