Saturday, August 8, 2009

Mata Uang Baru

Sudah jadi hal biasa di mini market dekat rumah saya selalu menggunakan permen sebagai uang pengganti uang kembali senilai ratusan.
Sebagai orang yang sangat perhitungan, kadang kala suka nyesek jika di kasih permen sebagai uang kembalian, kalaupun kita ngotot ke kasir untuk minta uang kembalian pasti jawabannya tidak ada recehan dan kita terpaksa nrimo dengan nyesek.
Itu sebabnya karena kasir di situ seringkali berbuat hal demikian, saya selalu siap dengan permen di dompet atau di tas kecil saya.
Seperti sore tadi, saya ke mini market tersebut mestinya saya dapat uang kembalian Rp. 26.400, saya lihat kasir sudah siap memberi uang RP. 26.000 dan menyodorkan 4 permen berwarna coklat.
Sambil mengangkat belanjaan saya, saya tanya ada uang Rp. 500 ? di jawab ada, sambil memberikan ke saya.
Setelah uang di terima, saya berikan satu permen mentos rasa jeruk stok saya dari tas, dan langsung saya pergi di iringi pandangan sebel sang kasir. Dalam hati saya, biar dia tau rasa gak enaknya uang di tukar permen.

Dalam perjalanan pulang saya coba hitung2 lagi, andai 1 permen yg akan di berikan saya itu 1 buah berharga Rp. 100, pengunjung yang datang ke AM tiap hari minimal 50 orang, masing2 di beri permen 2 buah saja, berapa jumlah keuntungan AM dari kembalian ?
Lagi pula kalau diperhatikan permen tersebut bukan permen yang berharga mahal. Tidak pernah saya diberikan pengembalian permen misalnya permen foxs, mentos atau merk lain yang berharga mahal.
Permen yang diberikan biasanya permen merk nggak terkenal dengan rasa aneka buah
Harga permen tersebut paling juga R.3000 per ons dengan isi 40 biji
Hitung sendiri deh berapa untungnya hasil penukaran lembalian dengan permen - modal membeli permen.

Ada solusi lain supaya pemjual dan pembeli tidak rugi ? atau jangan2 supermarket atau mini market kerjasama dengan produsen permen ?


  

20 comments:

  1. pernah dibahas ga ya hal2 kek gini di YLKI ?

    ReplyDelete
  2. mestinya sih pernah Nan.. ini sudah berlangsung lama kan ?

    ReplyDelete
  3. inilah bentuk2 "kekerasan" terhadap konsumen...sepertinya blm tersentuh dalam UU Perlindungan Konsumen, tapi gua rasa suatu hari pasti bisa tersentuh juga..

    ReplyDelete
  4. Bagaimana kalau punya recehan di rumah, dikumpulkan dan ditukarkan kesana?
    Solusi yang menguntungkan buat semua bukan/

    ReplyDelete
  5. ku punya stok permen juga kog di tas.. kalu ke minimarket yang rada2 gitu pasti deh ku bayar pake permen saja.. malah ga punya 400 kukasih permen saja.. diterima kog.. soalnya minimarket deket rumah sudah bikin perjanjian tuh, ku bilang dulu lain hari boleh bayar pake permen.. lama2 permen jadi mata uang kita ya? bayar tiket pesawat pake permen segerobak..

    ReplyDelete
  6. hahahahaha bagus Bu idenya, aku juga sebel banget kalo kembalian pake permen, kita balas aja kalo gitu ya hahahaha....mini marketnya ada faslitas debet ATM atau kartu kredit nggak?, paling enggak debet ATM, jd mending bayar pake ATM aja deh kalo transaksi cukup sesuai syarat ketentuan pedagang2 ttt biasanya minimal transaksi 50 rb bisa bayar pake kartu ATM...kalo enggak bisa ya terpaksa mesti ngikutin tips bu Icho nih kemana2 siap permen hihihihi

    ReplyDelete
  7. krn itulah aku selama ini mending bayar pake debit aja... klo gak ada 50rb belanjaannya, ditambah2i biar nyampe 50rb.. emang bukan solusi terbaik sih.. tp yg dibeli biasanya memang barang yg kepake.. *sigh*

    ReplyDelete
  8. iay nih ini kekerasa thd konsumen, tolong di masukkan ke rumusan UU perlindungan Konsumennya ya nanti kalo pas sidang.. (anggota dpr style)
    sidah apaan hahaha..

    ReplyDelete
  9. Boleh koq .. ada SM yang seneng banget terima recehan.

    ReplyDelete
  10. wah bagus tuh kalo mini market gitu, adil jadinya mau di bayar pake permen dan mau ngasih permen sbg kembalian, kadang kan ada yg bertindak semaunya . ngebaliin pake permen, dibayar pake permen cemberut
    Bayar tiket pesawat pake permen ?? hihi.. gak kebayang, bawa gerobak nya Mbak Tintitn. :-p

    ReplyDelete
  11. kalo bisa pake ATM kadang saya juga pake ATM .. minimal 20 ribu kalo di AM
    cuma kemaren itu nanggung bener gitu loh pake ATM hehehe. jadi iseng aja

    ReplyDelete
  12. emang sering gini juga di Bogor mi ?

    ReplyDelete
  13. nah ini sebelnya Q.. kalo di pasin 20rb or 50 rb kadang malah lebih.
    jadi mending beli seperlunya..

    ReplyDelete
  14. jyaaah di mana-mana kali ;)) tu minimarket deket rumah aja kadang2 ngembaliin pake permen, tapi baru dapet 3 biji sih paling banyak :D eh di Giant kemaren kembaliannya 4000 pake uang Rp 500, kekekekekek mending daripada permen 40 biji kan ? =))

    ReplyDelete
  15. hehehe.. iya skrng uang kecil 100 dan 200 udah susah bener, bentar lagi 100-an juga udah susah mau di ganti 2000an ya.
    masih mending lah Giant ngasih gope-an 4000.
    dari pada kembalian 20 ribu pake gopean kaan

    ReplyDelete
  16. aku sih sedia-in uang receh ... jd aku selalu bayar pas ..
    biarin ajah kasirnya nunggu lama aku ngoprek tas nyari receh .. :d

    ReplyDelete
  17. Idem dng bunda eccy, selalu bawa recehan kemana2
    so mrk gak ada alasan hehehehe

    ReplyDelete
  18. nah mestinya gini ya Cy, tapi aku suka males nyimpen receh di tas, ya itu susah nyarinya hehehe.. ini juga salah satu solusi padahal

    ReplyDelete
  19. tulll Eda mending ribet dikit ya, ikutan juga deh kalo gt

    ReplyDelete