Tuesday, February 17, 2009

Mesin Cuci Top Loading vs Front Loading

Pekerjaan mencuci sering dianggap salah satu pekerjaan berat dalam rumah tangga. Tetapi, dengan kehadiran mesin cuci, pekerjaan mencuci dapat dilakukan dengan mudah. Banyak orang yang merasa tertolong dengan hadirnya mesin ini. Bila saat ini anda berniat membeli mesin cuci, anda akan dihadapkan pada 3 jenis pilihan mesin cuci yang tersedia di pasaran. Agar dapat membuat pilihan yang tepat, anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jenis yang ada.


Pilihan tersebut adalah mesin cuci dengan bukaan atas (top loading) atau mesin cuci dengan bukaan depan (front loading). Untuk mesin cuci dengan bukaan atas terbagi lagi atas 2 tabung dan 1 tabung. Perbedaan ini bukan hanya pada letak bukaan (tempat anda memasukkan pakaian) tetapi berbeda pula dalam hal penggunaan air, listrik, teknologi dan hasil dari pakaian yang dicuci.


Pertama, kita lihat dulu apa perbedaan antara mesin cuci bukaan atas 2 tabung dan 1 tabung. Bila mesin cuci dengan 2 tabung, tempat untuk mencuci dan mengeringkan dalam tabung yang berbeda. Pada jenis ini selama proses pencucian, ada baling-baling di dasar tabung yang berputar dan melakukan proses pencucian. Sedangkan pada 1 tabung, tabung untuk mencuci dan mengeringkan dilakukan dalam tabung yang sama. Tabung ini juga ikut berputar saat proses pencucian.


Dalam hal penggunaan air, mesin cuci dengan bukaan atas menggunakan air lebih banyak daripada mesin cuci bukaan depan. Hal ini karena pada mesin cuci bukaan atas, air harus diisi sampai penuh baru mesin dijalankan. Sedangkan pada mesin bukaan depan, air akan dikeluarkan secara sedikit-sedikit selama proses pencucian. Untuk listrik yang dipakai pada mesin cuci bukaan atas atau bukaan depan, secara umum hampir sama yaitu sekitar 300 W bila menggunakan air biasa. Pada mesin cuci bukaan depan, ada tambahan fasilitas untuk mencuci dengan air panas tetapi listrik yang dibutuhkan sekitar 2000 W.


Perbedaan yang paling dasar dari kedua jenis mesin cuci ini adalah teknologi yang dipakai. Mesin cuci bukaan atas karena perputarannya secara horisontal menyebabkan air yang ada di dalamnya membentuk pusaran air yang menyebabkan pakaian saling melilit. Sebaliknya, mesin cuci bukaan depan berputar secara vertikal menyerupai perputaran roda menyebabkan pakaian selalu jatuh ke bawah sehingga pakaian tidak saling melilit. Hasil pencucian mesin cuci bukaan depan lebih baik dari mesin cuci bukaan atas, karena teknologi yang digunakan sama seperti pakaian dibanting-banting. Tingkat kekeringan yang dihasilkan pada mesin cuci jenis ini mencapai 95% sedangkan mesin cuci bukaan atas hanya menghasilkan 70% tingkat kekeringan.


Secara harga, mesin cuci bukaan depan lebih mahal daripada jenis lainnya. Mesin cuci dengan 2 tabung harganya kurang dari Rp 1 juta , mesin cuci bukaan atas dengan 1 tabung harganya berkisar Rp 1 juta sampai Rp 2 juta. Sedangkan mesin cuci bukaan depan dijual dengan harga lebih dari Rp 3 juta.

 

 

Hiks.. mesin cuciku front loader sudah hampir 10 bulan rusak, sayangnya service centernya sudah nyerah.. gak bisa perbaiki.

jadi back to basic deh.. giles deui...

42 comments:

  1. kosrok..kosrok..kosrok...nyuci make tangan...hehehe

    ReplyDelete
  2. waaaa... makasi ibuseno, pencerahan nih
    soalnya bingung mau cari ganti...
    soal merk, ibuseno bisa kasih masukan?

    *kang iip ini gimana seee... bukannya bantu'in..

    ReplyDelete
  3. Bantuin apanya nih beh, hehe, saya masih pake mesin cuci 2 tabung top loading, udah 8 tahun hehe...pingin sih ganti ke front loading...entar deh ...nungguin reviewnya buSeno...hehe

    ReplyDelete
  4. Udah lama jadi sales mesin cuci, kayaknya fasih banget.
    Gue punya juga masih 2 tabung top loading, udah 5 tahun. Mudah2an gak rusak deh. Nyokap gw juga punyanya sama tapi udah hampir 15 tahun. Bukannya yg front loading itu paling awet, atau malah ringkih, soale harganya kan maharani boook. Apalagi kalo yang merk "E"

    ReplyDelete
  5. itu mesin cucinya minta di pensiun, ganti baru. thks informasinya ya Icho, detail banget

    ReplyDelete
  6. hmmm jadi tau..
    tengkyu teh Icho..
    syekarang pakai mesin cuci merk NURI aka pembantu dulu lah hahahah

    ReplyDelete
  7. Tanya sama pegawai yang jual mesin cuci, justru yang awet itu yang top loading 2 tabung, karena dia mencuci dan mengeringkan dengan dua motor yang berbeda. Gitu katanya...jadi yach beli dech yang itu, secara budgetnya juga mepet....hehehehehe....

    ReplyDelete
  8. itu mah buat nyuci daleman aja kang hihihi

    ReplyDelete
  9. sama sih Mas..s aya juga pengen cari ganti.. cuma nunggu tagihan side job dulu neh anggarannya belom keluar hehe..
    untuk pilih2 merk mah tergantung kebutuhan dan anggaran kali yaaa
    Mas Anang bisa baca di sini salah satunya :
    http://www.rumah-ku.com/article.php?cat_id=1&art_id=156&PHPSESSID=0caf095b59e5e4c118bc2229ecb8b29c

    ReplyDelete
  10. mesin cuci saya sama Sen juga tuaan mesin cuci nya kang hehe.. dah hampir 10 tahun.. emang sudah mesti ganti kali yaaa.

    ReplyDelete
  11. faseh karen gw lagi cari2 mesin cuci.. hehehe.. jadi segala artikel yang berkaitan ma mesin cuci gw baca deh
    gw blom pernah beli yang 2 tabung ntu Lan..
    emang sih yang Merk E itu maharani boo.. untung gw beli pas cuci gudang.. tapi mayan umurnya seumur perkawinan gw hehe
    Front loading memang lebih aet koq.. asal yang maek juga tau aturan..
    yang punya gw itu keseringan rusak karena asisten di rumah gak mengukuti juklak yang sdh gw berikan.

    ReplyDelete
  12. Iya sama2 Mbak Ine.. jadi tu umur kerja mesin cuci cuma 9 tahun doang deh ky nya .

    ReplyDelete
  13. hihi.. gw kira emang bener ada merk mesin cuci NURI.. satu pabrik sama AKARI.. dasar lo Da..

    ReplyDelete
  14. ikutin aja deh hihi.. sesuai bujet juga. yg penting make dengan benar dan di rawat pasti awet mbak..

    ReplyDelete
  15. ...alamat Ceu Icho nabung deui jang meser mesin cuci anyar :P
    iya ya, aq baru paham mengapa hasil cucian dgn mesin yang top loader selalu melilit :)
    trims ya sharing-nya...yang awam jadi paham :)
    beli cuci sesuai bujet, service point availability dan perawatan perlu diperhatiken :)

    ReplyDelete
  16. mamah oin beli yang top loading... soalnya kalo yang front loading palaur ceuceu/de nara nerekel masuk mesin cuci, trus teu kahaja kagiling :D

    ReplyDelete
  17. Nice info teh, aku pake mesin cuci kalo dah cuci seprei, handuk, gorden jeans pokoke khusus yg berat2. Kalo baju biasa mah pake tangan aja, takut rusak kalo pake mesin :)

    ReplyDelete
  18. Sama2 kang.. semoga bermanfaat
    udah berkali2 nabung.. ada kesempatan tapi adaaa aja yg lebih urgent kang hehe

    ReplyDelete
  19. hehehe.. lebih bersih pake manual Lus sebetulnya..

    ReplyDelete
  20. aku udah coba make yg front loading dan top loading satu dan dua tabung, ternyata yg paling bandel adalah yg top loading dua tabung.

    ReplyDelete
  21. Teh Orin.. bener lho. yg front loader itu mseti hati2..
    da Seno ma Della juga suka nangkod duduk di di bolongan na..
    belom lagi seneng buka tutup pintunya.. palaur ah

    ReplyDelete
  22. Tadinya aku jug agitu Mbak Nela.. mesin cuci hanya untuk sprei handuk jeans dan yg berat2..
    baju anak2 terutama sama baju2 kerja mesti pake manual..

    ReplyDelete
  23. Pingin beli mesin cuci,...tapi bingung naroh dimana hue..he..he..

    ReplyDelete
  24. Pingin beli mesin cuci,...tapi bingung naroh dimana hue..he..he..

    ReplyDelete
  25. taro di rumah gw aja Mel.. gak pa2 koq

    ReplyDelete
  26. Sayah mah mesin cuci top lady.. Eh top loading buat ngegiling n ngeringin. Bilas mah teuteup pake tangan.. (kebanyakan digiling ntar pada belèl)

    ReplyDelete
  27. kalo jeans tambah belel tambah asik kan Teh..

    ReplyDelete
  28. cita2 nih mba sy beli mesin cuci bukaan depan merk E******LUX...soale yg punya mama di rumah dibeli dr adik sy bungsu lahir sampai skrg msh bagus...brarti dah 13 tahun tuh mesin cuci. service purna jualnya jg memuaskan.

    ReplyDelete
  29. betull setuju ma Mama Mbak Diah.. si E itu emang awet
    mungkin cara penggunaannya juga bener yaa.. jadi bisa awet gt
    sementara aku ya krn make nya gak bener jadi gak sampe 13 tahun deh

    ReplyDelete
  30. Satu tips lagi adalah,dengan putaran Vertikal,Front Loading tidak diperbolehkan memakai Deterjen dgn Banyak Busa.Disarankan menggunakan Deterjen Mtic/Cair yg tidak Berbusa.Pasti ini akan membuat Mesin cuci jauh lebih Awet.
    deterjen.blogspot.com

    ReplyDelete
  31. Trima kasih tambahan Tips nya Pak Agus..saya baru tahu kalao FL td bagus menggunakan detergen yg banyak busa..

    ReplyDelete
  32. Busa yg berputar Vertikal akan masuk ke dalam sela2 Mesin bag.atas.Ini yg tidak bisa kita control.Apalagi utk FL yg digital.

    ReplyDelete
  33. Oh.gitu ya Pak. bagaimana dng mesin cuci digital tp top loading ? sama jugakah lebih baik pake detergent yg tdk banyak busa ?

    ReplyDelete
  34. Pada dasarnya Deterjen Matic Non Busa adalah yg terbaik,Di Negara2 Maju sudah melarang penggunaan Deterjen dgn Busa yg merusak Lingkungan.Dan memang sgt sedikit sekali korelasi antara Busa dan Kebersihan kok. Tinggal bagaimana merubah sedikit pola pikir kita bahwa SAbun = Busa...itu saja...Simple dan sederhana kan...

    ReplyDelete
  35. share dong, bu. cara pakai front loading. gmn ? apa airnya harus selalu mengalir ato gmn ? apa tggl masukin cucian, nyalain air dan nyalain mesin ? dn dh bs ditinggal ? tlong bantu bu..

    ReplyDelete
  36. Airnya di panteng aja, nanti otomatis koq kalo mesinnya butuh air ya air akan ngalir kalo gak butuh air, meski air di selang di panteng dia gak akan ngalir ke mesin.
    prinsipnya, cucian di masukkan, kasih detergen + pewangi, kran air di buka, pencet2 tombol, 35-40 menit di tinggal sampai mesin mati sendiri, cucian sdh kering gak perlu bilas lagi, gak kering banget tetep butuh di jemur :-)

    ReplyDelete
  37. wah baru nemu blog ini, aku baru pakai front loading beberapa hari ini, tapi kok proses mencuci bisa lebih dari 1 jam ya, bahkan mencuci 10 baju dengan detergent 15 ml setelah 1 jam lebih gak selesai2, jadi saya matikan saja karena sudah spin / pengeringan dia siram air lagi, spin lagi, sampe pusing dengernya, tolong bantuan nya ya bu, thx

    ReplyDelete
  38. ada buku manualnya bu ? biasanya ada timernya kan, bisa di set, untuk 2x spin misalnya 40mnt, untuk 3x spin 60 menit gitu, coba deh cek lagi.

    ReplyDelete