Tuesday, July 7, 2009

Arti sebuah komentar

Dulu sebelum punya Mp saya masih agak bingung dan merasa kurang kerjaan pake punya blog2 segala, kemudian atas informasi  seorang teman dan setelah melihat2 teman saya itu begitu semangatnya buka2 MP, bales2 komen, kunjung mengunjuni MP teman2nya, kemudian meninggalkan jejak komentar di tulisannya,lama2 saya tertarik dan keliatannya seru juga.

Singkat cerita akhirnya saya pun menyukainya, suka posting, suka di komentari dan suka memberikan komentar di MP atau blog orang lain.

Ada perasaan senang dan tambah semangat jika tulisan atau postingan kita di komentari oleh pengunjung blog kita, tapi saya pun tidak kecil hati jika pengunjung blog saya tidak meninggalkan komentar, sekedar numpang lewat saja saya sudah senang. Tapi itu kan perasaaan saya, betul atau tidaknya atau bagaimana perasaan  teman2 , pasti beda dengan perasaan saya.

 

Sebetulnya tujuan memberi komentar pada blog yang dikunjungi untuk menjalin ke akraban atau saling interaktif di dunia maya juga bisa menambah teman., apalagi jika postingannya berbentuk opini dan saling bersahut-sahutan antar sesama komentator akan semakin seru karena secara gak sadar kita terlibat di dalamnya dan ikut mencermati percakapan mereka.

Jadi dengan berkomentar di satu postingan, lambat laun antar komentator tersebut akan merasa sudah saling mengenal , istilah di MP yang saya dapat ‘sering ketemu di persimpangan jalan’ dan kemudian saling add. Saya kemudian menyadari oo.. kontak saya banyak yang mutual juga di kontak teman saya si x ( sayangnya di MP gak bisa lihat mutual friend ya )

Kalau di Wordpress atau di blogspot orang berkomentar tujuannya untuk saling tukar menukar link atau untuk meningkatkan ranking blognya dan sebagainya. Saya mah engga kepengen lah yang begitu, jumlah pengunjung diblog saya gak perlu di hitung, berapa kontak saya juga gak penting, percuma aja punya kontak banyak tapi kalau jarang nyapa.

Sebagai pemilik MP yang di kunjungi dan di komentari , saya merasa punya kewajiban moral sebagai tanda terima kasih saya dengan cara menjawab komentar2 yang masuk. Namun bukan berarti saya menganggap orang yang hanya mau menulis saja tanpa membalas komentar yang masuk di blognya adalah orang yang sombong, bisa jadi karena dia tidak punya waktu untuk mebalas komen atau  tujuan nge-blognya beda dengan saya.
Setiap kali saya melihat ada komentar di postingan saya saya akan berusaha segera untuk menjawabnya itu semua untuk menghargai teman2 yang semua.

Jadi.. jangan lupa komen di sini yah .. setetes darah eh sebuah komentar anda sudah memberi semangat hidup bagi saya..

(saya balas komennya after meeting sampe sore hehehe)

 

 

68 comments:

  1. hehehe....begitulaah ya mbak segala situasi yang ada di MP yang ga kita sadari...

    ReplyDelete
  2. ealah teh...lagi kangen ma akyu yaaaa **wink-wink**

    ReplyDelete
  3. eh kalo kita mah jd kontak setelah ketemu ya teh :D

    nah apa arti komentar saya di atas ....?

    ReplyDelete
  4. Selama ini sih selalu menikmati tulisannya Mba Icho ;)
    Semakin dibaca semakin kenal kepribadiannya, dan semakin sayang wakakakk...
    Gw gak gitu pinter nulis, jadi MP cuman buat rekam jejak anak-anak gw.

    ReplyDelete
  5. iya nih ceu, sibuk ku riporting riporting :((

    ReplyDelete
  6. numpang ngaso yaa... *sambil baca2*

    ReplyDelete
  7. hehe.. gw setuju sama tulisannya :D

    ReplyDelete
  8. Teteh ..sibuk nya?
    numpang lewat aza ahhh...tak bermaksud meninggalkan jejak
    apalagi meninggalkan MP tercinta :)

    Pucuk di cinta MP pun di buat
    begitulah cerita nya hehe

    ReplyDelete
  9. sip lah...sama dgn dirikuh teh, selalu pengen komen sama postingan temen2 n selalu secepat mungkin ngebales komen postingan yg saya bikin hehehe

    tp skrg2 maafin ya, la rajin mesbuk jd jarang ngempi n jarang komen di postingan teteh ato temen2 yg lain...hihiihi fesbuk bisa bikin dirikuh kaya gini yaaa...:-p

    ReplyDelete
  10. hehehehe... maap kalau jarang kasih komentar.

    ReplyDelete
  11. woooiiii.. numpang mulu, bayar !!!

    ReplyDelete
  12. betul sinyoooo.... iseng nih gak ada bahan nulis

    ReplyDelete
  13. kangen banget May hihihi.. gak pernah di imelin lagi sih :-p

    ReplyDelete
  14. Iya..Nan, kita mah ketemunya aja di rel kereta api hihihi .. baru deh jadi kontak di MP
    arti komentar Nani ?? mesti ketemuan lagi hihihi

    ReplyDelete
  15. Asiiik... di sayang sama Melisa, beati di sayang si kokoh juga dong hehehe.. tetep ngarep !

    ReplyDelete
  16. yeeeeee... koq pada berasa di singgung sama tulisan ini sih hihi maksudnya kan gak nyindir lho... piss ya, yg penting kudu bawain brownies :-p

    ReplyDelete
  17. nu ieu mah pang rajin na komen hehehehehe

    ReplyDelete
  18. manggaa.... masuk aja, sendalnya pake aja. hehehe

    ReplyDelete
  19. makasih ya Ris.. asik dapet satu suara buat pilpres besok :-p

    ReplyDelete
  20. baru selesai ngantuk eh tiduran di ruang meeting hehehhe.
    jangan tinggalkan MP huhuhuhu...

    ReplyDelete
  21. Iya nih, sejak ada pesbuk ide2 juga kurang mengalir lancar dan gak fokus tea, jadi we jarang posting juga hehehe

    ReplyDelete
  22. Ah malah saya yg jarang komen di Mbak Agnes yaa... maaf ya Mbak kalo kelewat

    ReplyDelete
  23. komentar itu bagi profesi saya, malah sebagai tolok ukur. seberapa menarik tulisan saya..heheheh

    ReplyDelete
  24. <-- sungguh ini bukan komentar :D

    ReplyDelete
  25. Teh punten, numpang lewat yaaa :D
    Maaf juga kalo aku seringnya ngintip doang gak komen, bukan sombong bukan congkak, kadang ada yg harus dilakuin euy, mau komen eh keburu lupa hihihi

    ReplyDelete
  26. iya, aku sebisanya komen teh Icho, tp kadang kelewat juga, semisal liatnya pas mau pergi, udah baca, eh lupa komen :-)

    ReplyDelete
  27. @engel, oh ya gt ya,sy belum berani ngasih indikator makin bnyk yg komen artinya tulisan sy menarik,msh belom pede.:-)

    ReplyDelete
  28. @Doel, gak komen tp rajin kirim lagu gak apa2 deh hehe..

    ReplyDelete
  29. @nandar, ih meni sombong ngadonor darah teh..:-)

    ReplyDelete
  30. saya ga boleh danar doroh bu..
    nu kantos2 ge, didonor ku abdi mah maot duanana..:(

    ReplyDelete
  31. @Nana..tenang aja,tulisan ini bukan gaya si ibu yg suka nyindir,kan aku maklum bgt kalo yg lg semangat bisnis itu mah pasti lg sibuk,bukan begitu crossline hehe,yg penting ttp jd kontak.

    ReplyDelete
  32. @Mia geulis gak apa2 kok..gak disetrap meskipun gak komen hehe.

    ReplyDelete
  33. @Mbak Erva,mampir lamaan jg boleh kok :-)

    ReplyDelete
  34. @nandar,naha maot sadayana nu di donor? Darah ma darah naon kitu ? Darah muda bang Rhoma jigana heuheu..

    ReplyDelete
  35. nu hiji, murangkalih yuswa 6 taun..nuju lucu2na budak teh, kasep, soleh...teu lami 3 dinten tos dipasihan darah, kalah ngantunkeun

    nu kadua, bapak-bpak yuswa 60 taun..maot oge..

    Tak lagi donor sejak itu

    ReplyDelete
  36. @Nandar, oh leres eta teh,uhun atuh pami kitu mah pantes we rada parno mah,meskipun (duh lupa bhs sundana) yuswa teh ditangan Gusti Alloh..
    Enya lah tong ngadonor deui palaur hehe.

    ReplyDelete
  37. yak betul, yg komen jg seneng kl dibalas. Numpang selonjoran ya.. capek nih bis masak...

    ReplyDelete
  38. klo bs jgn cuman numpang lewat ya teh tapi tinggalkanlah jejak..heheh...maap jarang mampir maklum lah sibuk ma baby baru neh

    ReplyDelete
  39. hehehe...saya setuju...komen di tulisan kita memberi semangat buat kita...

    ReplyDelete
  40. Oh ya hihii.. maka nya nih lagi bales yang komen.
    masakannya mana ? kirim2 dong ki

    ReplyDelete
  41. Yoi Di.. kalo ada jejak kan bisa di lacak hehehe

    ReplyDelete
  42. bener Ika, kadang kalo sering komen di satu blog, trus yg punya blog jarang nulis lagi, kita juga jadi hafal lho hihi

    ReplyDelete
  43. nih nita komen.. perlu brp komen Teh Icho? (biar tambah seneng Teh Ichonya)...

    ReplyDelete
  44. makasih Nita Geulisss.. satu komen kan ibarat setetes darah hehehe

    ReplyDelete
  45. iya memang bener..dan masalah komen di blog itu prnh jd gosip hangat diantara tmn2 gua di MP. Satu sisi ada yg berpendapat komen itu ga perlu..tp disisi lain ada yg beranggapan komen itu perlu, kan si empunya blog juga mau tau bagaimana seh tanggapan orang atas blognya...komen emang bukan sebuah kewajiban, tapi gua rasa itu "tata krama" warga MP ya jeng.....dulu gua jugak asal ngeblog dan ternyata ditanggepin wah itu sangat membahagiakan. Btw, thx ya jeng, ente kan salah satu komentator tetap di site ane...heuheuheue....

    ReplyDelete
  46. wah, kalo komen yang kemudian berkembang jadi gossip, ane belom ngalamin hihi.. yah kalo di sitenya elo mah bisa jadi lah tu komen malah rame jadi gosip, bisa jadi juga komen2 jadi ajang perebutan cewek, mengingat dan menimbang banyak 'duhai-duhai' dirimu hehehehe.
    Iya Fel, bukan kewajiban, mo komen mo engga terserah aja, tapi menyenangkan orang laen kan pahala juga hehe..
    Hahahaha.. gw serasa Paula Abdul deh jadi komentator tetap felicia Idol :-p

    ReplyDelete
  47. haiyaaaaaaaaaaaaa.........kagak di fb kagak di mp ada aja seh gua nemuin duhai kekasih-kekasih ...doh untung pada akur...jgn sampe gua bikin paguyuban duhai kekasih2 neh...hahahah gian ketuanya hahahahahah....

    ReplyDelete
  48. Gian jadi ketua krn paling tua ya hihihi.. piss ah Gi. :-p

    ReplyDelete
  49. numpang baca, ya...
    salam kenal, bu...

    ReplyDelete
  50. di MP komen2nya lebih personal karena basisnya pertemanan jejaring sosial n_n

    ReplyDelete
  51. Monggo Mas.. salam kenal juga ya, trima kasih sudah mampir

    ReplyDelete
  52. Setuju... semakin sering komentar, semakin terasa dekat (*kalo saya rasa nih *)

    Salam kenal Mas/mbak, trima kasih sudah mampir

    ReplyDelete
  53. Trima kasih Mas ORI hehehe...
    saya add ya..

    ReplyDelete
  54. Oh.. ok Rio ya bukan ORI, kalo ORI lawanya KW hehe, makasih juga sudah di approve

    ReplyDelete
  55. Setuju dengan yang ini mbak Icho, karena Mala juga begitu.
    Terimakasih sudah mampir ke site Mala : )

    ReplyDelete
  56. Wah, Mala berkunjung balik, trima kasih kunjungannya ya Mala..
    smoga dengan saling berbalas komentar kita semakin kenal :-)

    ReplyDelete