Pernah denger gak istilah timer buat angkutan ?
Itu lho orang yang suka nyatet2 entah apa yang di catat di kertas dia, kertasnya aja gak resmi gitu kadang kertas bekas bungkus pelapis rokok, potongan kardus atau rada serius dikit berupa buku 1/2 potong yang panjang ukuran folio., kemudian orang itu akan dapat uang dari pengemudi angkutan, atau kadang ngasih sesuatu entah itu air mineral, atau lembaran kertas gak resmi ( bukan dari dispenda) yang gak ada artinya ke sopir.
Nah gue itu kalo naik angkot dan ketemu orang-orang model gini suka bingung lho. pertanyaan gue belum terjawab sampai sekarang, padahal beberapa sopir angkot pernah gue tanyain dan gue tidak mendapatkan jawaban yang pasti, malah gue di suruh jangan mikirin timer deh bu.. kurang kerjaan juga ni si ibu.
Tetep penasaran dan iseng, temen2 ada gak yang bisa bantu jawab , ini list pertanyaannya :
- Para timer itu bekerja untuk siapa sih ? membantu sopir angkot atau membantu polisi atau pemda ?
- Apa yang di catat oleh para timer di kertas/potongan kardus/buku nya dia
- Apa keuntungan dan kerugian yang didapat dari sopir dengan adanya timer ?
- Catetan si timer itu nanti di kemanain ? apakah akan dibuatkan laporan ? jika iya, laporannya akan di berikan ke siapa ?
- Dari penglihatan teman2, kira2 lebih setuju orang bekerja jadi tukang parkir atau timer ?
Note : foto dari sini
pertanyaan yang sulit...
ReplyDeleteyaaah...
ReplyDeletehmmmmm...
ReplyDelete*sambil gugling*
ngke antosan tehh...
ReplyDeletemo ngintip dulu yg ditulis si timer... :D
mungkin juga laporan ke yang punya angkot
ReplyDeletedia kan nyatetin rit tuh, bu...
berapa kali balik, brepa kali bolek
sambil kadang minta duit setoran...
mungkin setoran bisa diangsur, jadi gak langsung bayar di hari akhir narik...
bsk ya teh jawabnya ..
ReplyDeletentar sore mau nyoba nanya ke supir angkot transhalim dulu .. :d
itu preman mba.. tukang palak.
ReplyDeleteKalo supir angkot gak nurut bisa habis dia, gak dikasih penumpang..
Soalna sering nggrundel tuh kalo sopir habis dipalakin dia..
Kali lohh hehehe
Hehe terwakilkan.. Mudah2an ada yg jawab, jadi pnasaran juga ma profesi ini.. Logikanya sih paling deket mereka mungkin bkerja atas nama organisasi prkumpulan angkot bu..klo ga salah namanya organda..
ReplyDeletejam angkot lewat depan timer & no polisinya ...udah bayar/blm
ReplyDeleteGa da untungnya juga, rugi iyaa dipalakin mulu sama timer
Lapor ? lapor ama sapah :P
Mending jadi tukang parkir, pan resmi ad yg ngatur & gaji, tapi...kalo kata timer enakan jadi timer, seenak2nya dia..
*sok tau yaa gw..serasa pernah jadi sopir angkot ajah :D*
mintain jatah dari supir - hitungannya per penumpang
ReplyDeleteHahaha...
ReplyDeletesi Teteh ni ada-ada saja...
Pertanyaannya sulit pula...
Coba tanya langsung ke timernya...
Pasti rasa penasarannya (tidak) terpuaskan... hehehe
aku udah gugling juga..
ReplyDeletelom dpt .. sok bantuin guling2 ya
hahahah seno pernah jd timer loh bund...:-)
ReplyDeletehehehe// teu sakola.. teu damel.. teu nyalo, sami we nyontek keneh wae
ReplyDeletesebagai mantan calo_hati saya terketuk menjawab rintihan,eh...pertanyaan ibu seno.
ReplyDelete1.para timer bekerja unt. jagoan terminal + bekingnya enggak bantu pemda juga enggak bantu fakir miskin . . .malah bantu fakir -fakir kaya
2.yang dicatet nopol kendaraan yang masuk terminal+terminal bayangan yg udah bayar atau yg belon.
3.keuntungannya si sopir jadi aman_kerugiannya si sopir jadi ngeluarin duit extra yang berimbas dg kenaikan ongkos tambahan pd penumpang.
4.catetan si timer setelah itu di buang,terus bikin catetan baru lagi..begitu seterusnya dunia pungli berjalan.
5.Menurut catatn saya..LEBIH SETUJU ENGGAK ADA PREMAN +BEKINGNYA.
kalau gue naik bis patas arah tangerang, pas mau masuk pintu Tol Kbn Jeruk itu pasti brenti trus ada yg naik, sambil tunjuk2 itung2 gitu plus pake buku kecil, kadang kertas. Kayaknya kalau gue perhatikan kalau supirnya gak mau brenti ya kasih salam tempel.... tapi buat apa coba?? dan org itu siapa ya??? heran juga awal2nya.... meski masih timbul pertanyaan jg.... ternyata di angkot gitu juga ya... Apa sih tujuannya?
ReplyDeleteOh gitu ya teh.. bisa jadi ya, ada yg ngangsur bayar setoran.
ReplyDeletebtw brp ya setoran angkot sekarang ?
PR ya..
ReplyDeleteeh btw naik trans halim ya ? wah.. kangen nih aku naik trnas halim, enaak sejuk kalo naik trans halim..dr pada naik angkot yg lewat asrama haji muaccceett
itu orang lagi nyari dan ngitung temen2nya..ada yang kenal enggak?
ReplyDeletesalam tempelnya itu berarti ucapan terima kasih,karena orang itu udah mau capek2 ngitung..dasar kurang kerjaan !!!!
*larriiiiiiiiii....pasti marah ni orangnya .
Aku berpendapat juga begitu da..
ReplyDeleteapa bedanya timer sama tukang palak ?
cuma koq ya supir angkot lebih lunak sama timer di banding sama preman
Terwakilkan apanya Kar ? aku bukan timer lho hehehe
ReplyDeleteHmm.. kerja sama dengan Organda ya.. bisa jadi sih ya, cuma tujuan organda apa ya menempatkan timer2 itu.
Kalo misalnya timer bis sprt primajasa yg ngitung jumlah penumpang, nah itu jelas mungkin hub nya dengan setoran..
-kayaknya sih bekerja buat dirinya sendiri deh ceu. membantu supir angkot dengan biaya tinggi hehehe
ReplyDelete-nomor polisi, ngambil barang apa aja, utang berapa, dan udah muter berapa rit biar kalo dia bilang "baru keluar bang" bisa dikontra... hehehe
-untungnya gak usah tereak sendiri, antrian ngetem ada yg ngatur gak diselak, ruginya biaya tinggi
-nanti dikewes, buang, ganti lagi sama yang baru, ngapain repot2 bikin laporan hehehe
-lebih setuju jadi orang yg berguna kekekekekekek
(lagi iseng super duper dot kom)
Ni diye... pengalaman banget dah keliatannya..
ReplyDeletejajahannya di mana neng hehehe..
Thanks infonya ya nan
waduh.. hitungan per penumpangnya brp mi ?
ReplyDeletekasian ya kalo ternyata penumpangnya turun jarak deket
iseng krn penasaran juga kang..
ReplyDeletesulit krn kang nur blm pernah jadi timer hehehe
iya lah kapan2 aku nanya langsung sama timernya deh
cuma agak sieun aja.. da timer kebanyakan mukanya keliatan garalak
Masa sih Sen ?
ReplyDeleteCrita dong... gimana timer itu
atau jawab tuh pertanyaan ku dengan detail ya
hahaha..enyaan kang mantan calo di mana ah sok api2
ReplyDeletetapi nuhun lah jawabanya sudah cukup menambah informasi saya
bener aja ternyata timer itu bekerja untuk jago2 juga ya
dan itu teh susah diberantas.. mungkin juga bekingnya kuat ya kang
karunya we para sopir yg skrng penumpang angkotnya sdh berkurang krn lebih banyak yg lari ke motor.. eh masih juga kena timer.
mending satu rit itu ada 1 timer, ini mah kadang lebih dr 1 timer
iya bis arah dari dan ke tangerang sering nih ada yg ngitung2
ReplyDeleteitu remis dari perusahaan keliatannya, krn yg ngitungnya kadang pake seragam
ini nih the real answer from mantan calo kp rambutan hahaha..
ReplyDeletecoba kalo pas dia lagi ngitung2.. teriak aja.. gw ada.. gw ada..
intinya semua biaya itu masuk ke koperasi angkot yg bersangkutan....(klo di bdg)
ReplyDeletesebenarnya itu mah ga jauh beda ma pungli kok...ada juga jatah buat oknum polisi loh.
yang dicata mah ...berapa kali lewat tuh angkot dlam sehari....jadi tiap kali lewat hrs ngasi "receh" tp ga PP hanya berangkatnya ajah
misal trayek ciwastra cicadas...ditariknya pas berangkat dr ciawastra aja...baliknya mah engga. ntar bgitu berangkat dr ciwastra ditarik lagi.
klo ada minuman ato kadang susu yg dibagi kan...itu sebetulnya maksa utk beli...alasan tuk kas anggota, ..tapi uang yg terkumpul suka ga karuan...habis ga adiaudit.
kasihan sopir sebenarnya
- iya sering denger juga sopir angkot blng 'baru keluar' ternyata si timer nyatet supaya gak di tipu
ReplyDeleteami from kota sejuta angkot emang top deh..
Nuhun Seno.. sebuah pengalaman yang berharga sekali, ada lowongan jadi auditor timer angkot gak ya..
ReplyDeletemungkin timer itu juga fungsinya sama kayak guru kita waktu kita2 SD, jadi kerjanya.. (mungkin ni yaa):
ReplyDelete1. Nyatetin supir2 mana yang belum potong kuku
2. Supir mana yang gak masuk hari ini, jadi diabsen gitu.. nah dia Sakit, Ijin atau Alpa
3. Periksain gigi2 supir, mana yang belum gosok gigi
4. Periksain supir2 mana yang gak pake Bet dan Tanda Lokasi
5. Supir mana yang belum ngerjain PR atau bawa prakarya
hihihihihi... gitu ya bu seno?..
gemes kalo ngeliat timer dan para pungliers.. gayanya nyatet2.. ndk kerja malah malakin orang. udah gitu kalo yg pungliers yg berlagak cariin penumpang, di jalan depan komplek saya tuh keliatan ngga penting banget. lha wong angkot yg lewat cuman 1 trayek kok pake jasa pungli segala. *esmosi* kasihan sopir angkotnya. Sehari narik brapa kali aja tuh kena pungli.
ReplyDeletehahaha aga adaaaaaa ntar preman2nya ga bisa malak lageee...
ReplyDeletewahh...ibu seno bikin sayah tersinggung berat !!!!
ReplyDeletesayah'kan bukan mantan calo kampung rambutan..tapi masih aktif.....selain itu wilayah kerja sayah mencakup daerah priok..
*lan kali kalo pas lagi di tunjuk2 gitu jgn bilang gw ada ..gw ada..cukup bilang aja HADIR PAKKKK !!!!. itu lebih manusiawi
huahahahahahahahahahahahahaha
trus.. sopir2nya kalo pas ketemu timernya bilang gini dong
ReplyDelete"slamat pagi pak... slamat pagi bu... slamat pagi merdeka...merdeka !!! '
Tulisan ini juga karena akumulasi efek gemes liat para pungliers dan timers itu An.
ReplyDeletehahaha.. gak jadi ngelamar kalo kalo gitu Sen !
ReplyDeletepamit dulu bund...mau ngojek dulu yah
ReplyDeleteOh.. belum regenerasi tho hahahaha
ReplyDeleteitu daerah kekuasaan luas juga ya.. sampe ke priok
pasti mangkal di pasar uler juga
hadirrrrrrrrrrr
yg aku sering nemu di persimpangan puri ituh, si tukang makanan nyatetin supir2 yg ambil aqua & cemilan tp bayarnya ntar2an
ReplyDeleteMangga Sen, ati2. sama timer ojek
ReplyDeleteitu nyatet utang para sopir bukan Lus ?
ReplyDeleteyo wis......kalo pada protes ada timer angkot, ya aku berenti aja jadi timer......pensiun...sekarang ganti propesi deh jadi preman..... :D
ReplyDeletebapa alm kan dulu usaha angkot ceu hihihihi
ReplyDeleteOjo... timer yang gini nih yg disenengi supir angkot, pasti belom sampe tujuan dah balik lagi biar di catet2 sama timer cantik kekekekeek
ReplyDeleteO alaaaa.. anaknya juragan angkot ternyata hihihi..
ReplyDeleteramayana - warung jambu gratis dong..
wah .... ada profesi baru ya sekarang ....
ReplyDeleteProfesi apa teh ? timer hehehe ?
ReplyDeleteOh yang begitu disebut timer yah...
ReplyDeletesalah, ramayana ciheuleut (payah ni lidah orang non sunda, kalo gak jadi cileheut, cihileud*yaiks*, ciheuheud, naon we lah, untung gak nyasab hihihi)
ReplyDeleteitu bahasa keren nya aja teh :-)
ReplyDeletesalah ya... stop kiri atuh , saya mau turun
ReplyDeleteperlu invasi ke daerah lain juga sih rencananya.perluasan wilayah lah bu..
ReplyDeletengomong2 pasar uler...aku disana biasa dipanggil udin kalo di psr uler.Alhamdulllah kira2 enam puluh % aku kenal mereka.tapi itu..dipanggilnya udin_enggak nyeni banget ya..
Oh.. ya Udin perlebar aja daerah jajahannya Din
ReplyDeletemumpung sUdin perhubungan belom nangkepin calo2 hehehe
Kalo bis2 gede kayak Mayasari / PPD, katanya sih para timer kerja untuk perusahaan Mayasari. Jadi mereka bisa tau tuh kerja bener apa gak (setorannya ditilep apa gak?). Soalnya supir kan digaji bulanan. Jadi diitung jumlah sewanya (penumpang maksudnya he he he bahasa kenek nih) ada berapa jumlahnya trus dicocokin dengan setorannya. Terus udah berapa kali muter/rit. Makanya banyak supir yang suka nipu, waktu di-timer dia sengaja ambil penumpang dikit, abis itu sengaja ngetem lama2 buat cari tambahan sewa. Kalo bis gede sih kadang2 kertasnya masih lebih manusiawi, kertas A4 yang dilipet2 atau buku tulis.
ReplyDeleteIni hasil pengamatan sendiri lho, secara sering naik bis gede, dan sering nunggu di deket petugas timer, eh tapi ada juga informasi dari temen, soalnya pernah penasaran juga.
Gak tau deh kalo angkot sistemnya gimana. Tanya aja lagi cho…ga usah malu2, bilang aja elo baru mau jadi pengusaha angkot
Thanks infonya ya Lan..
ReplyDeletehihi.. tau juga lu ya bahasa kenek hehe..
kalo elo sempet, kan elo sering naik bis luar kota tuh, pas elo di itung coba deh iseng2.. pak nanti kirim laporannya ke saya ya..
nah lu analisa deh tu data... halahhhhh !!!